Wisata Air Terjun di Karanganyar

6 Wisata Air Terjun di Karanganyar Yang Wajib Anda Coba

Diposting pada

Wisata Air Terjun di Karanganyar – Assalamu’alaikum sahabat viankamaruddin.com. Bertemu dengan saya selaku admin disini, yang selalu memberikan informasi menarik terbaru kepada anda. Pada kesempatan kali ini saya ingin sharing informasi tempat wisata air terjun di Karanganyar yang tentunya wajib anda coba.

Karanganyar adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki panorama dan sejuta pesona alam yang menakjubkan sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan tempat ini. Di antaranya pemandangan alam dan tempat wisata seperti objek wisata keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto jaman now, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera anda eksplor.

Nah khusus pada thread berikut ini, saya akan mengulas secara singkat tempat wisata air terjun di karanganyar yang wajib anda eksplor.

6 Wisata Air Terjun di Karanganyar Yang Wajib Anda Coba

Baca Juga :

1. Wisata Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu, Karanganyar.

grojogan sewu karanganyar
sumber : blog.reservasi.com

Siapa disini yang belum pernah mendengar grojogan sewu? saya yakin bagi anda pecinta traveler yang pernah ke karanganyar tidak ketinggalan mengeksplor tempat ini. Grojogan sewu terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Untuk menuju lokasi Grojogan Sewu ini cukup mudah karena lokasinya berdekatan dengan terminal Tawangmangu.

Sesuai dengan namanya, air terjun Grojogan Sewu memiliki banyak sekali air terjun. Tetapi hanya 1 air terjun yang memiliki debit air yang deras. Air terjun ini memiliki ketinggian 82 meter. Dan pesona dari air terjun grojogan sewu ini adalah butiran air yang membentuk kabut jatuh dari atas air terjun. Meski di musim kemarau, debit air terjun ini tidak pernah habis, jadi cocok anda kunjungi kapanpun.

Untuk menuju air terjun grobogan sewu ini, ada 2 jalur yang dapat di lalui. Pertama jika ingin masuk ke parkiran, anda harus melewati anak tangga yang sangat banyak, dengan pemandangan hutan disekelilingnya. Anda tidak perlu risau jika kelelahan. Karena sepanjang jalan ada warung-warung untuk beristirahat sambil menikmati sate kelinci dan ayam khas tempat ini. Untuk jalur kedua ini lebih dekat, dan bisa ditempuh menggunakan sepeda motor, akan tetapi jalurnya sangat curam sehingga anda harus hati-hati menjaga keseimbangan sepeda motor anda.

Setelah anda berkunjung di air terjun grobogan sewu ini, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi Molen Pisang. Molen Pisang di Tawangmangu sangat nikmat dan berbeda dengan molen pisang pada umumnya, karena khas nikmatnya pisang tawangmangu. Molen pisang sangat cocok untuk anda jadikan oleh-oleh keluarga.

2. Wisata Air Terjun Parang Ijo, Ngargoyoso, Karanganyar.

parang ijo
sumber : persadasolo.net

Wisata air terjun yang tidak kalah terkenal lainnya yaitu wisata air terjun Parang Ijo. Lokasi parang ijo ini terletak di area wisata kebun teh kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Sehingga cukup mudah di akses menggunakan kendaraan beroda dua maupun empat. Istilah parang ijo di ambil dari kata parang yang berarti tebing, dan ijo yang berarti hijau. Sesuai dengan namanya Parang Ijo, air terjun ini berada di antara dua tebing yang cukup tinggi, dan tebing yang ditumbuhi lumut hijau.

Selain menyajikan wisata air terjun, di sekitar parang ijo juga terdapat tempat wisata lain yang tidak kalah menariknya. Yaitu situs yoni dan puri saraswati yang merupakan peninggalan agama hindu. Untuk menikmati pemandangan air terjun parang ijo, anda dapat memanfaatkan gardu pandang di tempat itu, yang tentunya sangat cocok bagi anda untuk mengambil potret foto air terjun.

Wisata air terjun parang ijo juga menyediakan fasilitas yang menarik untuk tempat anda bermain. Salah satunya anda dapat mencoba wahana flying fox untuk memacu adrenalin anda. Juga terdapat wahana khusus untuk anak-anak yang cukup banyak, aman aman serta menyenangkan.

3. Wisata Air Terjun Jumog, Ngargoyoso, Karanganyar.

jumog
sumber : pegipegi.com

Air terjun jumog sekarang menjadi salah satu air terjun yang cukup familiar dan terkenal selain grojogan sewu dan parang ijo. Uniknya air terjun jumog adalah letak posisi air terjunnya paling bawah dari pada air terjun lainnya. Lokasi air terjun jumog berada di Ngargoyoso, Karanganyar. Akan tetapi lokasinya berdekatan dengan terminal Karangpandan, Karanganyar. Sehingga jalur untuk menuju air terjun jumog cukup mudah anda jangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Setelah anda sampai di lokasi jumog, untuk menuju air terjunnya anda harus menuruni 1000 anak tangga. Jumlah anak tangga ini mengalahkan anak tangga saat mau menuju air terjun grojogan sewu. Tetapi sekarang lebih mudah karena sudah dibukanya jalur kedua, yaitu saat anda di pintu masuk gapura Ngaryoso, anda ambil jalan kekanan. Sehingga bisa langsung ke lokasi air terjun jumog menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat tanpa harus berjalan seperti di pintu masuk utama (melewati 1000 tangga).

Area air terjun jumog tidak terlalu luas, akan tetapi interval aliran air yang di atur sedemikian rupa menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa memanfaatkan bebatuan yang ada di aliran sungai untuk media fotografi. Sepanjang jalan menuju air terjun jumog juga terdapat tempat istirahat dan warung makan dengan khas makanan sate kelinci dan ayam.

Di area tersebut juga tersedia kolam renang yang sangat cocok untuk bermain anak-anak. Serta terdapat juga gazebo yang terbuat dari bambu untuk anda menikmati pemandangan sekitar air terjun. Anda dapat menyeberang sungai menuju ke atas yaitu tempat spot yang sangat cocok untuk mengambil foto bersama dengan keluarga dihiasi background pemandangan air terjun jumog.

4. Wisata Air Terjun Pringgodani, Tawangmangu, Karanganyar.

air terjun pringgodani
sumber : karanganyarkab.go.id

Wisata air terjun pringgodani merukapan tempat wisata air terjun di karanganyar yang termasuk baru berkembang. Letak lokasi air terjun pringgodani ini tersembunyi dibalik hutan dan tebing tinggi di pedalaman karanganyar. Ibarat ngarai indah dan mempesona di pedalaman kalimantan.

Lokasi Air Terjun Pringgodani ini sendiri berada di Desa Blumbang, yaitu sekitar 4 kilometer dari terminal Tawangmangu. Salah satu Air Terjun di Indonesia ini tepat berada di kaki Gunung Lawu dengan ketinggian berada pada 1.531 meter di atas permukaan laut. Saat anda ingin menuju ke lokasi air terjun pringgodani, anda harus berjuang berjalan kaki melewati jalan sepanjang 1,5 km – 2 km dari jalan utama. Jalan yang anda lalui juga sempit dan sulit ditempuh. Akan tetapi hal itu tidak akan membuat anda menjadi lelah karena pesona pepohonan yang tinggi dan cukup rimbun seperti suasana alam pedesaan yang sangat cocok untuk anda melepaskan penat setelah lelah bekerja.

Air terjun pringgodani cukup tinggi seperti air terjun grojogan sewu. Tetapi debit air terjun pringgodani lebih kecil, sehingga air yang turun membentuk kabut dari air yang lembut. Jika terkena paparan sinar matahari akan terlihat pelangi. Hal ini menjadi daya eksotis tersendiri dari air terjun pringgodani. Jika anda hoby hiking, cobalah air terjun pringgodani ini.

5. Wisata Air Terjun Sewawar, Jenawi, Karanganyar.

air terjun sewawar
sumber : daerah.sindonews.com

Wisata air terjun sewawar juga termasuk wisata air terjun di karanganyar yang baru berkembang. Lokasinya di Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi Karanganyar. Lokasinya memang cukup jauh dari perkotaan dan jalan besar. Namun jika anda pernah berwisata di Candi Cetho, pasti anda tidak asing dengan daerah ini. Karena Candi Cetho masuk di daerah kecamatan Jenawi, Karanganyar.

Wisata air terjun Sewawar baru dibuka September 2015, sehingga belum banyak fasilitas yang dibangun. Hanya ada beberapa warung makan yang sudah dibangun di area parkiran.

Air terjun Sewawar memang tidak setinggi air terjun di atas. Tinggi air terjun ini hanya 25 meter saja. Akan tetapi air tidak langsung jatuh ke tanah, melainkan melalui bongkahan-bongkahan batu besar. Di bagian dasar air terjun juga terdapat bongkahan batu besar yang tidak beraturan. Sehingga aliran air melalui celah-celah bebatuan. Hal ini menjadikan air terjun sewawar memiliki karakteristik yang berbeda.

Tiket masuknya hanya 3000 rupiah saja, murah sekali bukan? Tentu sangat murah untuk sebuah pemandangan alam yang sangat unik. Dan air terjun Sewawar ini sangat cocok bagi anda yang ingin eksplor tempat wisata baru di karanganyar.

6. Wisata Air Terjun Sedinding, Jenawi, Karanganyar.

air terjun sedinding
sumber : portalkaranganyar.blogspot.com

Masih dilokasi yang sama, tetapi berbeda nama air terjun yaitu Wisata air terjun Sedinding. Karena pintu masuk menuju wisata air terjun sedinding sama dengan lokasi air terjun sewawar. Sehingga anda tidak perlu membayar tiket masuk lagi. Namun jika anda ingin menuju lokasi Wisata air terjun sedinding, anda harus menempuh jarak kurang lebih 300 meter dari lokasi air terjun sewawar. Jalan yang ditempuh juga cukup terjal berupa tanah dan bebatuan alam.

Lokasi air terjun sedinding ini sangat sejuk. Karena disekitar tempat air terjun dihiasi tanaman pertanian warga setempat. Di antaranya tanaman kopi, karet, manggis dan lainnya yang tumbuh subur dibawah air terjun. Berbeda dengan air terjun lainnya yang di sekeliling dihiasi pepohonan dan tebing yang tinggi. Dan ini menjadi karakteristik tersendiri dari air terjun sedinding. Sekali lagi, setiap air terjun tentu saja memiliki karakteristik yang berbeda beda.

Tinggi air terjun sedinding hanya 7 meter saja. Di dasar air terjun juga terdapat genangan air yang jernih, karena kucuran air dari air terjun tidak menghasilkan banyak buih. Jika anda membawa baju ganti, anda bisa berenang dibawah air terjun. Kedalaman dari kolamnya juga tidak terlalu dalam, karena hanya setinggi pinggang orang dewasa. Airnya cukup bersih dan belum tercemar. Tetapi anda juga harus berhati-hati karena di dasar kolam terdapat bebatuan yang cukup besar dan cukup licin.

Penutup

Nah itulah 6 wisata air terjun di karanganyar yang wajib anda kunjungi. Dari yang sudah populer dan juga baru berkembang. Mungkin ada beberapa wisata air terjun di karanganyar yang belum tereksplor wisatawan seperti wisata air terjun Dong Aron, Jumog Jati, dan Ringin Jenggot. Karena ketiga tempat tersebut masih sangat baru untuk wisatawan. Lokasi ketiga wisata air terjun tersebut juga berada di Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Mungkin lain waktu jika admin sudah eksplor kesana, admin akan share pengalaman kepada anda semua. Sekian, Wassalamu’alaikum..

 

Gambar Gravatar
Seorang Guru, Desainer Grafis, dan Pemilik Home Industry Digital Printing di Solo. Berusaha memberikan informasi yang berbobot, menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *