ukuran pin di coreldraw

Ukuran Desain Pin di CorelDraw

Diposting pada

Ukuran Desain Pin di CorelDraw – Assalamu’alaikum sahabat viankamaruddin.com. Kembali bersama saya disini untuk berbagi informasi menarik kepada anda semua. Disini saya akan memberikan informasi tentang ukuran desain pin di coreldraw.

Ukuran Pin Yang Sudah Jadi

Pin memang beragam ukurannya, di antaranya ukuran 32 mm, 44 mm, 58 mm dan paling besar 75 mm. Jenis Pin sendiri juga bermacam-macam, ada pin peniti dan pin gantungan kunci. Serta pin gantungan kunci sendiri juga ada beragam macamnya seperti gantungan kunci 1 sisi, gantungan kunci 2 sisi, gantungan kunci pembuka tutup botol, gantungan kunci boneka, dan gantungan kunci cermin.

Berbeda dengan ukuran gantungan kunci 2 sisi, ukurannya tidak seperti pada umumnya tetapi ukurannnya adalah 45 mm, selisih 1 mm dari ukuran umumnya. Tetapi jika kita produksi pin sendiri, pasti kita harus tau ukuran desain pin di coreldraw ataupun software desain lainnya.

Ukuran desain pin tidak sama dengan ukuran pin yang sudah jadi. Semestinya ukuran desain pin lebih besar dari ukuran pin yang sudah jadi.

Baca Juga : Cetak Pin Murah di Solo

Ukuran Desain Pin di CorelDraw

Berikut ukuran diameter desain pin yang diperlukan :

  • Pin 32 mm = Ukuran Desain Pin 44 mm
  • Pin 44 mm = Ukuran Desain Pin 54 mm
  • Pin 58 mm = Ukuran Desain Pin 70 mm
  • Pin 75 mm = Ukuran Desain Pin 86 mm

Kita bisa menggunakan ukuran diatas untuk desain pin di coreldraw. Jangan sampai terlalu kecil dan terlalu besar. Karena ukuran diatas sudah sesuai dengan ukuran diameter molding masing-masing pin.

Jika terlalu kecil, maka kertas tidak akan bisa terkunci di lempengan pin. Dan jika terlalu besar, maka kertas tidak akan muat dimasukan di dalam molding. Jenis kertas yang digunakan adalah kertas yang tebal seperti Art Carton atau Ivory minimal 230 gram – 260 gram yang sudah dilaminasi (doff, glossy atau kanvas) agar pin lebih awet jika terkena sinar matahari atau air. Kalau kita mencoba dengan kertas yang ketebalannya dibawah 230 gram, maka saat dipress, kertas akan mudah sobek.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kertas di Percetakan

Penutup

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan diatas bermanfaat bagi kita semua. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan jejak komentar anda dibawah ini. Sekian, wassalamu’alaikum..

Gambar Gravatar
Seorang Guru, Desainer Grafis, dan Pemilik Home Industry Digital Printing di Solo. Berusaha memberikan informasi yang berbobot, menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *