Tips Sederhana Agar Mata Sehat

0
40
Tips Sederhana Agar Mata Sehat

Tips Sederhana Agar Mata Sehat – Mata merupakan bagian penting dari kesehatan Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan mata tetap sehat dan memastikan Anda melihat yang terbaik.

Kebanyakan orang mungkin berpikir kalau penglihatan Anda baik-baik saja dan sehat. Mengunjungi Dokter spesialis mata Anda untuk pemeriksaan mata melebar yang komprehensif adalah satu-satunya cara agar benar-benar yakin bahwa mata anda benar-benar sehat.

Ketika sampai pada masalah penglihatan umum, beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka dapat melihat lebih baik dengan kacamata atau lensa kontak. Selain itu, banyak penyakit mata yang umum seperti glaukoma, penyakit mata diabetes dan degenerasi makula terkait usia seringkali tidak memiliki tanda peringatan.

1. Pemeriksaan mata

Pemeriksaan mata yang melebar adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi penyakit ini pada tahap awal. Selama pemeriksaan mata melebar tempat perawatan mata tes di mata Anda untuk melebar memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke mata dengan cara yang sama dengan pintu terbuka untuk melihat lebih banyak cahaya ke ruangan yang gelap. Hal ini bertujuan untuk melihat mata Anda dengan baik bagian belakang mata dan memeriksanya untuk tanda-tanda kerusakan atau penyakit. melakukan perawatan mata Anda adalah satu-satunya yang dapat menentukan apakah mata Anda sehat dan dapat melihat dengan terbaik.

2. Cari tahu riwayat kesehatan mata keluarga Anda

Bicaralah dengan anggota keluarga Anda tentang riwayat kesehatan mata mereka. Penting untuk mengetahui apakah ada orang yang telah didiagnosis menderita penyakit atau kondisi karena banyak yang turun-temurun. Ini akan membantu untuk menentukan apakah Anda berisiko tinggi terkena penyakit mata atau tidak.

3. Makanlah dengan benar

Makanlah dengan benar untuk melindungi penglihatanmu. Mungkin Anda pernah mendengar wortel bagus untuk mata Anda. Tapi mengonsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran, terutama sayuran berdaun gelap seperti bayam, kangkung, atau sayuran collard penting untuk menjaga kesehatan mata. Penelitian juga menunjukkan bahwa ada manfaat kesehatan mata dari makan ikan tinggi omega- 3 asam lemak, seperti salmon, tuna, dan halibut.

4. Pertahankan berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko Anda terkena diabetes dan kondisi sistemik lainnya, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, seperti penyakit mata diabetes atau glaukoma. Jika Anda mengalami kesulitan menjaga berat badan yang sehat, bicarakan dengan dokter Anda.

5. Pakailah kacamata pelindung

Pakailah kacamata pelindung saat berolahraga atau melakukan aktivitas di sekitar rumah. Kacamata pelindung termasuk kacamata pengaman yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan yang benar untuk aktivitas tertentu. Sebagian besar lensa yang digunakan kacamata pelindung terbuat dari polikarbonat, yang 10 kali lebih kuat daripada plastik lainnya. Banyak penyedia perawatan mata menjual kacamata pelindung, seperti di toko barang olahraga.

6. Berhenti merokok atau tidak pernah memulai

Merokok sama buruknya dengan mata Anda seperti halnya bagian tubuh lainnya. Penelitian telah memberi tahu bahwa merokok dengan peningkatan risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia, katarak, dan kerusakan saraf optik, yang semuanya dapat menyebabkan kebutaan.

7. Beri matamu istirahat

Jika Anda menghabiskan waktu di depan computer yang cukup lama  atau memusatkan perhatian pada satu hal, terkadang Anda lupa mengedipkan mata sehingga mata menjadi lelah. Cobalah aturan 20-20-20: Setiap 20 menit, matikan sekitar 20 kaki di depan Anda selama 20 detik. Hal ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata.

8. Membersihkan tangan dan lensa kontak Anda dengan benar

Untuk menghindari risiko infeksi, cuci tangan dengan benar sebelum meletakkan atau mengeluarkan lensa kontak. Pastikan untuk membersihkan lensa kontak seperti yang diinstruksikan dan gantilah sesuai kebutuhan.

9. Keselamatan di tempat kerja

Pengusaha diwajibkan untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman. Bila kacamata pelindung diperlukan sebagai bagian dari pekerjaan Anda, biasakan memakai jenis yang sesuai setiap saat dan dorong rekan kerja Anda untuk melakukan hal yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here