Tips Membuat Jus Agar Lebih Segar

0
27
Tips Membuat Jus Agar Lebih Segar

Tips Membuat Jus Agar Lebih Segar – Minuman jus merupakan salah satu pelepas dahaga yang disukai banyak orang. Tak heran, sudah banyak penjual yang menjajakannya. Namun, tahukah anda bagaimana caranya membuat jus supaya lebih segar?

Tips Membuat Jus Agar Lebih Segar

Jus dapat dibuat dengan blender ataupun juicer. Jus sayur dan buah sangat bermanfaat dalam memberi asupan mikronutrien terutama vitamin A dan C sebagai antioksidan, tinggi kalsium, kalium, magnesium, dan selenium, yang dapat mencegah munculnya penyakit dan kerusakan dini pada sel. Jus juga berfungsi menjaga level tekanan darah sebab tinggi kalsium dan kalium serta rendah natrium. Agar jus buah dan sayur yang anda buat lebih menggoda selera.

Baca Juga : 9 Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan

Berikut Tips Membuat Jus Agar Lebih Segar

Kualitas Bahan Jus

Pilih buah yang matang dan segar agar mendapatkan rasa prima. Biasanya buah terlalu muda akan menghasilkan warna jus pucat dengan rasa asam tajam. Sedangkan buah kelewat matang, teksturnya terlalu lunak dengan aroma menyengat. Untuk jus sayuran, pilih sayuran segar dan cuci yang bersih sebelum dihaluskan atau diperas. Lebih baik lagi bila direndam dengan air hangat selama 5 menit. Hal ini penting diperhatikan, untuk menghindari terjadinya kontaminasi makanan yang berasal dari mikroorganisme patogen, cemaran kimia (misalnya pestisida) maupun cemaran fisik (misalnya pasir, debu, dll)

Variasi Bahan Jus

Jus akan lebih menarik penampilannya jika dikombinasikan dengan buah-buahan yang berbeda warna. Misalnya semangka dipadu dengan nanas dan melon. Gradasi warna merah, kuning dan hijau membuat penampilan jus samkin menggoda selera. Jangan takut untuk mengombinasikan buah-buahan dengan rasa dan aroma kontras. Seperti durian dipadu dengan sirsak atau jeruk, rasa manis dan legit dari buah durian semakin terasa lezat dengan sentuhan asam segar dari buah jeruk atau sirsak. Sebaliknya jangan mencampur buah dengan aroma sama-sama tajam atau kuat, seperti nangka dengan durian.

Sebaiknya buah yang berkulit tipis dan lekat dengan daging buah selaiknya tidak dikupas kulitnya. Kulit buah mengandung serat, terutama serat yang tidak larut air (Insoluble Dietary Fibre atau IDF). IDF berperan dalam mempersingkat waktu transit makanan di kolon, mencegah kanker kolorektal, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Anda yang menggunakan juicer, anda akan mendapatkan sari buah dan ampas secara terpisah. Saya sarankan, agar anda tetap mengkonsumsi ampas buah yang kaya IDF.

Tambahkan Air Jeruk Lemon

Tambahkan beberapa sendok makan air jeruk lemon pada saat memblender semua jenis jus buah. Selain memberikan sensai rasa asam segar, air jeruk juga membantu menghilangkan aroma dan rasa kurang enak pada buah-buahan tertentu, seperti alpukat, pepaya, dan jambu biji. Untuk menambah cita rasa, tambahkan pemanis. Pilih gula aren, gula kelapa, atau gula batu daripada gula pasir dan madu, sebab kandungan kalsium pada ketiga gula tersebut lebih tinggi. Akan tetapi, penderita kencing manis disarankan untuk hanya mengkonsumsi gula rendah kalori.

Teknik Pembuatan Jus Agar Lebih Segar

Sebagian orang menyukai jus yang dibuat dengan cara memblender dengan es batu secara bersamaan. Padahal teknik memblender buah tanpa es batu kemudian didinginkan dalam kulkas akan menghasilkan jus dengan rasa dan aroma yang lebih segar dan enak.

Sajikan Segera Selagi Dingin

Jangan lupa sajikan dalam kondisi dingin, selain terasa lebih segar suhu rendah membantu vitamin C yang terkandung di dalam jus tetap berkualitas baik. Bila ingin menyimpan dalam kulkas, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup (misalnya botol) dan tidak boleh dari 5 jam. Hal ini dimaksudkan agar jus masih tetap dalam keadaan segar.

Sebaiknya Jus Dibuat Sendiri

Ini dimaksudkan agar lebih higienis, lebih terjamin, lebih ekonomis, dan dapat dikontrol komposisi bahannya. Lap untuk tangan, jangan dipakai untuk mengelap bagian dalam blender, karena bisa memungkinkan terjadinya kontaminasi silang.

Nah, semoga tips membuah jus agar lebih segar dan nikmat ini bermanfaat bagi kita semua. Tak ada salahnya untuk dicoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here