Situs Belajar Pemrograman (Coding) Terbaik Cocok Untuk Pemula

0
50
Situs Belajar Coding Cocok untuk Pemula

Pelajaran coding bisa kamu dapatkan di internet lho, sekarang banyak website-website yang menyediakan pembelajaran coding. Seperti yang saya janjikan kemarin dalam artikel Cara Belajar Coding untuk Pemula. Berikut ini adalah website-website yang menyediakan materi pembelajaran coding dan web development untuk anda semua.

Codecademy

Codecademy ialah website khusus belajar coding yang lumayan lengkap. Menyediakan berbagai kuis dan proyek yang membantu anda agar mendapatkan pengalaman langsung mengenai konsep yang baru diajarkan. Topik-topik yang ditawarkan juga bagus. Anda bisa memulai dengan mempelajari HTML dan CSS lalu dilanjutkan ke JavaScript, SQL dan lain-lain. Codecademy juga menyediakan forum untuk berdiskusi, glossaries bahasa programming, dan berbagai blog yang bisa membantu anda selama masih pembelajaran.

Free Code Camp

Anda akan belajar banyak keterampilan ngoding yang nantinya akan anda praktikkan dengan membuat proyek nyata untuk organisasi nirlaba. Free Code Camp ialah komunitas open source yang menyediakan berbagai koneksi antar coder, proyek dan sertifikat. Free Code Campp juga bukan bootcamp, anda bisa belajar mengikuti waktu belajar anda. Di Free Code Camp Anda bisa berkenalan dengan coder-coder lain yang ada disekitar anda dan website satu ini gratis.

Codewars

Anda akan dipandu untuk melalui beberapa tahap. Semakin tinggi tahap yang anda capai, maka akan mendapatkan tantangan coding yang lebih kompleks. Anda juga akan mendapatkan solusi dari coder lain di komunitas ini. Jika anda sudah berhasil mempelajarinya semua, maka anda bisa membuat tantangan anda sendiri agar coder lain menyelesaikannya.

The Odin Project

The Odin Project ialah website belajar coding dari tim Viking Code School. The Odin Project fokus untuk mengajarkan anda berbagai kemampuan yang anda butuhkan untuk memiliki karir sebagai web developer yang sukses. Setelah menyelesaikan proyek ini, anda dijamin mengerti tentang JavaScript, Ruby, dan bahasa pemrograman lainnya. Anda juga bisa membangun portofolio sambil belajar. Rekan-rekan disana juga bisa membantu menghubungkan anda dengan rekan coding lainnya sehingga anda bisa saling bekerjasama.

HackerRank

HackerRank menjadi tujuan para jutaan programmer untuk mengasah kemampuan development mereka. HackerRank memiliki format code challange, sehingga ada sedikit kompetisi disini. Anda akan mendapatkan poin setiap anda berhasil menyelesaikan satu tantangan. HackerRank memiliki filosofi belajar dengan mengerjakan atau ‘Learn by Doing’. Jadi anda akan mendapatkan panduan layaknya di kelas.

edX

edX adalah salah satu situs belajar online terkenal di dunia. Dengan kelas dari universitas-universitas ternama seperti Harvard dan MIT, edX menyediakan berbagai macam pembelajaran termasuk coding. Anda bisa belajar sesuai dengan kecepatan anda. Jika anda ingin sertifikat yang terverifikasi, anda perlu membayar, tetapi kalau kursus sendiri gratis.

Kalau ingin melanjutkan pembelajarannya, anda bisa naik tahapan ke yang lebih tinggi. edX memiliki program MicroMasters unik yang terdiri dari serangkaian program tingkat S2.

Coursera

Sama seperti edX, perpustakaan kursus berbasis online ini juga menampilkan berbagai kelas yang diajarkan seorang professor lewat video. Proyek dan kuis memungkinkan anda menerapkan apa yang anda pelajari. Anda dapat menonton lectured dan mempelajari materi secara gratis, tapi anda memiliki pilihan untuk membayar jika anda ingin pembelajaran yang lebih kompleks dan sertifikat terverifikasi. Jika anda tertarik untuk mengejar topik tertentu yang lebih kompleks, coursera menawarkan spesialisasi yang menjadikan anda ahli dalam bidang studi pilihan anda.

MIT Open Courseware

MIT Open Courseware memungkinkan anda untuk menghadiri MIT secara gratis. Perpustakaan online mereka mencakup setiap topik yang diajarkan; kursus ilmu komputer dapat ditemukan di School of Engineering, dikelompokkan bersama teknik elektro. Jika anda memilih belajar dari sini, anda akan membutuhkan kedisiplinan ekstra. Semua test dan pekerjaan rumah harus dikelola dan dinilai sendiri. Tapi kalau anda berhasil menyelesaikan programnya, tentu menjadi nilai plus untuk anda.

Upskill

Upskill memiliki bootcamp gratis yang bisa membantu anda menjadi sangat mahir dalam coding, sehingga anda tidak memerlukan pengalam sebelumnya untuk belajar coding dengan Upskill. Mereka menyediakan video-video dengan gaya percakapan yang santai untuk memandu anda. Fokus utamanya ialah pada pengembangan web full-stack, jadi anda akan belajar JavaScript, HTML, CSS, Git, Bootstrap, Ruby dan masih banyak lagi.

Sudahkah anda tertarik belajar coding? Pada awalnya belajar coding memang terlihat  mengintimidasi. Tetapi jika berhasil membuat sebuah website atau aplikasi dari nol, ini menjadi kepuasan sendiri untuk para programmer. Mungkin itu saja informasi beberapa Situs Belajar Coding Cocok untuk Pemula, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here