Perbedaan Barcode dan QR Code

0
88
perbedaan barcode dan qr code

Perbedaan Barcode dan QR Code – Pada dasarnya barcode dengan QR Code itu berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama. Fungsi barcode dan QR Code adalah untuk memudahkan pelacakan sehingga lebih cepat, hemat biaya, sistematis dan terintegrasi.

Baca Juga : Cara Membuat Barcode atau QR Code Lokasi Google Maps

Perbedaan Barcode dan QR Code

Sebelum kita membahas ke topik utama tentang perbedaan Barcode dan QR Code, kita akan bahas terlebih dahulu tentang pengertian, bentuk dan fungsi barcode dan QR code.

Pengertian Barcode dan QR Code

Barcode adalah sekumpulan data optik yang dibaca oleh mesin. Sebenarnya, kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1 dimensi. Tetapi juga memiliki bentuk persegi, titik, heksagon dan bentuk geometri lainnya di dalam gambar yang disebut kode matriks atau simbologi 2 dimensi. Selain tak ada garis, sistem 2D sering juga disebut sebagai kode batang.

Penggunaan awal kode batang adalah untuk mengotomatiskan sistem pemeriksaan di swalayan, tugas dimana mereka semua menjadi universal saat ini. Penggunaannya telah menyebar ke berbagai kegunaan lain juga, tugas yang secara umum disebut sebagai Auto ID Data Capture (AIDC). Sistem terbaru, seperti RFID, berusaha sejajar di pasaran AIDC, tetapi kesederhanaan, universalitas dan harga rendah kode batang telah membatasi peran sistem-sistem baru ini. Seharga US$0.005 untuk membuat kode barang bila dibandingkan dengan RFID yang masih seharga sekitar US$0.07 hingga US$0.30 per tag. (wikipedia)

Jika QR Code adalah barcode 2 dimensi yang dapat menyimpan data. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dasasan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang. (wikipedia)

Bentuk Fisik Barcode dan QR Code

Dilihat dari segi fisik, barcode berbentuk kode batang (garis-garis lurus vertikal), kalau QR Code berbentuk kumpulan kotak-kotak kecil dan besar yang tidak beraturan, ada bentuk persegi di tiga sudut.

qr code dan barcode

Apa Perbedaan Barcode dan QR Code

Dari segi fungsi, barcode dan QR code sama yaitu mengumpulkan dan menyimpan data. Akan tetapi ada perbedaan dari kedua kode ini, diantaranya.

Barcode

Berikut fungsi yang dimiliki barcode.

  • Memiliki kode 1 dimensi
  • Hanya dapat menyimpan dan membaca data alphanumeric (huruf dan angka)
  • Hanya memiliki kapasitas data terbatas
  • Hanya dapat menampung data secara horizontal

QR Code

Berikut fungsi yang dimiliki QR Code.

  • Memiliki kode 2 dimensi
  • Dapat menyimpan dan membaca banyak jenis data (angka, huruf, symbol, kanji, dan lainnya)
  • Memiliki kapasitas data lebih tinggi (ratusan kali dari barcode)
  • Dapat menampung data secara horizontal dan vertikal, sehingga ukuran dari tampilan gambar kode QR bisa hanya sepersepuluh dari ukuran sebuah kode batang

Setelah kita mengetahui perbedaan Barcode dengan QR Code, dapat saya simpulkan bahwa QR Code merupakan hasil penyempurnaan dari Barcode.

Baik itulah informasi yang dapat saya sampaikan tentang perbedaan barcode dan QR code, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here