Penyebab Google Play Terhenti dan Cara Mengatasinya

0
68
Penyebab Google Play Terhenti

Penyebab Google Play Terhenti dan Cara Mengatasinya – Google Play adalah salah satu aplikasi di android yang menyediakan berbagai aplikasi dan game. Google Play menjadi sangat penting karena memang menjadi salah satu aplikasi utama yang wajib ada disetiap android.

Google Play menjadi pusat pencarian aplikasi dan game yang dapat didapatkan secara gratis maupun berbayar secara aman. Tanpa adanya Google Play, maka kita sebagai pengguna android kebingungan mencari aplikasi dan game yang gratis tentunya aman dari virus.

Baca Juga :

Penyebab Google Play Store Terhenti (Force Close)

Yang menjadi salah satu kendala disini adalah terhentinya aplikasi google play store secara tiba-tiba. Dengan munculnya notifikasi pesan error seperti, “Unfortunately Google Play Store Has Stopped”, atau dalam bahasa indonesianya “Sayangnya, Google Play Store Telah Berhenti”, atau dengan tata cara bahasa lainnya yang intinya menyebabkan layanan google play store terhenti (force close).

Penyebab dari masalah tersebut ada berbagai macam. Pertama anda bisa cek cache google play store. Kemungkinan cache penuh sehingga anda perlu membersihkannya. Kedua bisa jadi data Google Play Store atau Google Play Service yang penuh, memori RAM yang tidak kuat, Google Play Store perlu update, Install ulang Googel Play Store, bahkan bisa jadi sistem android dan sampai harus reset HP. Maka dari itu saya akan memberikan solusinya, pertama-pertama mari kita simak cara mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Penyebab Google Play Store Terhenti (Force Close)

Mengenai permasalahan itu, ada beberapa cara yang dapat anda terapkan disini agar Google Play Store dapat berjalan normal kembali. Berikut beberapa cara mengatasinya.

1. Hapus Cache Google Play Store

Cara pertama anda bisa mencoba untuk menghapus cache google play store. Didalam pengaturan tiap smartphone berbeda-beda tetapi intinya sama. Untuk smartphone saya menggunakan Xiaomi Redmi 5A.

Jika saya menggunakan CCleaner atau Clean Master atau sejenisnya. Jika anda bukan pengguna smartphone xiaomi, anda bisa masuk ke setelan aplikasi – lalu cari dan pilih aplikasi google play store, pilih hapus cache.

Setelah itu, coba anda buka aplikasi google play store anda, jika masih force close, mari kita simak cara nomor 2.

2. Hentikan dan Hapus Data Google Play Store

Cara kedua yaitu hampir sama dengan cara pertama, akan tetapi cara kali ini yang dihapus adalah datanya. Anda tinggal memilih paksa berhenti dahulu, baru pilih hapus data

Silakan coba anda membuka aplikasi google play store kembali, jika masih belum bisa, mari kita simak nomor 3.

3. Hapus Data Google Play Service

Cara ketiga ini hampir sama dengan cara nomor 1 dan 2. Bedanya, kita tidak mencari dan memilih aplikasi google play store tetapi yang kita cari dan pilih adalah aplikasi Google Play Service.

Metodenya sama dengan masuk setelan aplikasi – lalu pilih Google Play Service – pilih Hapus Data. Jika anda pengguna xiaomi redmi 5A seperti saya, anda bisa masuk ke setelan aplikasi terinstal google play service for instant apps – pilih hapus semua data. Jika cara ketiga masih belum bisa mengatasi force close google play. Mari kita simak cara keempat berikut.

4. Update Google Play Store Ke Versi Terbaru

Dengan cara mengupdate aplikasi juga dapat mengatasi kerusakan atau bugs pada aplikasi tersebut. Anda bisa mengunduh aplikasi Google Play Store.apk secara manual dengan searching di google.com atau bisa anda unduh disini.

Setelah anda mengunduh aplikasi Google Play Store terbaru dalam bentuk apk, anda bisa menguninstal terlebih dahulu aplikasi google play store lama anda. Setelah itu baru anda instal Google Play Store.apk yang terbaru. Cara ini work di smartphone Evercoss Winner Ultra Y custom rom Hitachi. Dan Jika masih belum bisa mengatasi force close google play store, mari kita coba cara ke 5 berikut ini.

5. Update Sistem Android

Kemungkinan bukan dari Google Play Storenya yang bermasalah, akan tetapi sistem di android yang terlalu lama tidak diupdate menjadikan aplikasi lain menjadi force close.

Anda cukup mengupdate sistem di android anda, dengan cara masuk ke setelan pembaruan sistem, lalu cek versi anda apakah perlu update atau tidak. Jika perlu silakan segera update sistem android anda ke yang terbaru. Jika metode ini masih belum berhasil juga, silakan simak cara terakhir atau nomor 6 ini.

6. Factory Reset HP Android

Berikut adalah cara terakhir yang dapat saya sampaikan untuk mengatasi aplikasi Google Play Store force close. Yaitu dengan cara factory reset atau mereset ulang hp android anda menjadi setelan awal atau pabrik.

Anda bisa masuk ke setelan buat cadangan & setel ulang – jangan lupa ceklist cadangkan data dan pemulihan otomatis, agar data anda di backup dan tidak hilang saat melakukan factory reset, lalu pilih kembalikan ke setelan pabrik.

Jika anda menggunakan smartphone xiaomi redmi 5A, anda bisa masuk ke setelan setelan tambahancadangkan & setel ulang, kemudian aktifkan cadangkan data saya dan ceklist pemulihan otomatis, lalu pilih kembalikan ke setelan pabrik.

Dengan metode-metode diatas semoga dapat menjadi solusi bagi anda yang mengalami masalah Google Play Store Terhenti. Jika untuk saya pribadi, saya cukup mengupdate aplikasi Google Play Store yang terbaru atau pada poin nomor 4 sudah bisa teratasi.

Penutup

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan, tentang cara mengatasi Google Play Store Terhenti dan beberapa penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan berhasil di terapkan pada anda yang mengalami masalah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here