Pengertian Tweak dan Fungsinya

0
169
pengertian tweak

Pengertian Tweak

Apa itu tweak? Tweak adalah sebuah fasilitas yang dapat membantu meningkatkan peforma sebuah hardware atau software. Fasilitas tweak memiliki berbagai macam kegunaan. Tweak dapat mengoptimalkan kinerja hardware maupun software. Sekarang, tweak banyak dikembangkan para developer.

Dalam pengerjaan tweak kita harus ekstra berhati-hati. Karena jika kita keliru dalam pengoperasian tweak, maka dapat menyebabkan kerusakan dalam pengoperasian hardware maupun software. Tweak dapat dipasang melalui sistem operasi, bisa juga melalui sebuah tools atau aplikasi. Jika pemasangan tweak berhasil, maka kita bisa merasakan perbedaan peforma hardware atau software sebelum dan sesudah dipasang tweak.

Baca Juga : Cara Merakit Komputer dengan Benar

Jenis-Jenis Tweak

1. Hardware Tweaking

Hardware tweaking adalah proses memodifikasi bagian tertentu dari hardware. Contohnya seperti menambah besar kapasitas hardware, mengubah kabel, perubahan tegangan dan tingkat clock unit pengolahan, memodifiaski waktu RAM, memperbaiki sistem pendingin, tweak khusus dirancang untuk memungkinkan prosesor untuk beroperasi pada kecepatan clock yang lebih tinggi. Istilah ini biasanya dikenal sebagai overclocking.

2. Software Tweaking

Software tweaking adalah proses meningkatkan kinerja software atau sistem operasi. Cara meningkatkan kinerja software ini bisa dilakukan dengan cara manual atau bisa juga menggunakan utilitas tweaking semi otomatis. Contohnya seperti meningkatkan kinerja dari sistem operasi Windows, Linux, MacOs, sistem operasi android, dan lain-lain.

Fungsi Tweak

Fungsi tweak sangat banyak sekali, karena script tweak bermacam-macam. Untuk itu dibawah ini adalah fungsi pada umumnya.

  • Dapat mengoptimalkan kinerja hardware maupun software/sistem operasi
  • Dapat meringankan kinerja hardware maupun software/sistem operasi
  • Menambah performa hardware maupun software/sistem operasi
  • Membuat swap memory
  • Mengubah tampilan sistem operasi (custom)
  • Mengubah value system

Sekian artikel tentang Pengertian Tweak dan Fungsinya. Kita dapat simpulkan bahwa tweak sangat berguna untuk meningkatkan kinerja sebuah hardware, software atau sistem operasi. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here