pengertian subdomain

Pengertian Subdomain

Diposting pada

Pengertian Subdomain – Subdomain adalah bagian dari nama induk domain. Subdomain umumnya mengacu kepada suatu alamat link situs. Contohnya viankamaruddin.com yang mempunyai subdomain homedesign.viankamaruddin.com dan sebagainya. Penjelasannya yaitu viankamaruddin.com sebuah induk domain, sedangkan homedesign adalah bagian dari subdomain.

Manfaat Subdomain

Subdomain dapat memberikan beberapa manfaat kepada pemilik situs induk. Diantaranya yaitu :

Tidak Perlu Membeli Domain Baru

Paling utama disini bagi yang mempunyai website yang niche nya campur atau gado-gado. Anda dapat membagi beberapa niche dalam 1 domain. Misal viankamaruddin.com yang membahas beberapa niche contohnya adsense, blogging, desain, bisnis, dekorasi rumah dan lain-lain.

Anda dapat membaginya menjadi tech.viankamaruddin.com yang membahas dunia teknologi, blogging.viankamaruddin.com yang membahas dunia blog,bisnis.viankamaruddin.com yang membahas dunia bisnis dan seterusnya.

Atau anda juga bisa memanfaatkannya untuk website di lokasi tertentu. Contohnya tribunnews.com, memiliki anak situs dibeberapa kota seperti jogja.tribunnews.com, solo.tribunnews.com dan lain sebagainya.

Untuk Keperluan SEO Internal

Anda dapat memanfaatkan subdomain untuk keperluan SEO internal blog utama anda. Terutama untuk kebutuhan SEO offpage, SEO onpage, Backlink, Outbond Link, Dummy Blog dan sebagainya.

Seperti yang saya jelaskan di atas soal tidak perlu membeli domain baru, kita dapat membuat situs kita sendiri dengan memanfaatkan subdomain untuk kebutuhan-kebutuhan SEO. Mudahnya seperti Backlink dan Outbond Link atau lainnya.

Cara Membuat Subdomain

Ada 2 cara yang dapat anda lakukan untuk membuat subdomain. Cara pertama menggunakan hosting, dan yang kedua tanpa menggunakan hosting.

Membuat Subdomain Melalui cPanel Hosting

Cara pertama yaitu jika website anda menggunakan sewa hosting. Anda cukup masuk di bagian cPanel, pilih menu subdomain.

Membuat Subdomain Melalui DNS Domain

Jika anda ingin tanpa menggunakan hosting, atau situs anda berplatform blogger, anda bisa membuatnya lewat edit DNS domain. Anda bisa membaca caranya di Cara Membuat Subdomain di Blogspot (Tanpa cPanel Hosting)

Penutup

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian Subdomain, dan beberapa Manfaat serta Cara Membuat Subdomain, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Gambar Gravatar
Seorang Guru, Desainer Grafis, dan Pemilik Home Industry Digital Printing di Solo. Berusaha memberikan informasi yang berbobot, menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *