Pengertian Akreditasi dan Mengapa Akreditasi itu Penting?

0
108
pengertian akreditasi

Akreditasi memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir semua sekolah maupun kampus menyertakan status akreditasinya. Akreditasi sangat berpengaruh untuk branding sekolah tersebut. Bahkan menjadi bahan promosi utama kalau sekolah atau kampus ini sudah ”Akreditasi A” atau “Terakreditasi oleh BAN-PT”.

Tetapi banyak yang bertanya kepada saya apa itu akreditasi, seberapa pentingkah akreditasi, dan mengapa akreditasi itu penting. Maka dari itu saya akan mengupas tentang pengertian akreditasi dan alasan mengapa akreditasi itu penting.
[artikel number=5 tag=”pendidikan” ]

Apa itu Akreditasi?

Akreditasi adalah suatu pengakuan yang bersifat formal, diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu organisasi atau lembaga. Pengertian simpelnya, akreditasi adalah nilai sekolah atau kampus tersebut dalam beberapa kriteria. Badan akreditasi resmi di Indonesia adalah BAN-PT. Jadi akreditasi yang resmi yaitu jika BAN-PT yang melakukannya. Akreditasi ini diperbaharui selama 5 tahun sekali oleh sekolah maupun perguruan tinggi di Indonesia.

Mengapa Akreditasi itu Penting?

Sebelum saya jawab mengapa akreditasi itu penting, kita harus tau apa saja yang dinilai dalam akreditasi tersebut. Bersumber dari website Filosofi Remaja, inilah poin yang dinilai.

  1. Kurikulum setiap Program Pendidikan
  2. Jumlah Tenaga Pendidik atau Dosen
  3. Keadaan Siswa atau Mahasiswa
  4. Koordinasi pelaksanaan Pendidikan
  5. Sarana Prasarana Pendidikan
  6. Kesiapan Administrasi Akademik, Kepegawaian, Keuangan, dan Rumah Tangga dari Sekolah atau Perguruan Tinggi

Indikator penilaian dalam akreditasi sangat signifikan dalam penentuan apakah sekolah tersebut Bagus atau Tidak.

Matriks Skor Nilai dalam Akreditasi

Dan berikut susunan skor nilai dalam akreditasi, untuk sekolah yang matriks nya masih dibawah C, berarti sekolah atau perguruan tinggi tersebut masih dibawah standar dan belum terakreditasi oleh BAN-PT (belum layak untuk dibuka)

  1. Akreditasi A = 361 – 400
  2. Akreditasi B = 301 – 360
  3. Akreditasi C = 201 – 300

Jadi sebelum mau daftar ke sekolah atau ke perguruan tinggi adalah perhatikan akreditasinya. Karena jika sekolah atau perguruan tinggi yang akan ditempati belum terakreditasi, maka ijazah yang diberikan masih ilegal. Untuk mengetahui apakah perguruan tinggi yang anda pilih sudah terakreditasi apa belum, bisa cek di website resmi BAN-PT DISINI

Sekian informasi Pengertian Akreditasi dan Mengapa Akreditasi itu Penting? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here