Pencetak Gol Free Kick Terbaik dan Terbanyak di Dunia

0
107

Pencetak Gol Free Kick Terbaik dan Terbanyak di Dunia – Di sepakbola kita tidak jarang mendengar istilah free kick. Secara harfiah, dengan kata lain tendangan bebas. Namun, masih tidak sedikit penggila bola yang melulu mengenal free kick. Prosesnya, masih belum tidak sedikit yang mengetahui. Berikut pengertiannya:

pencetak gol freekick terbanyak

Tendangan bebas (free kick) ialah tendangan yang dilaksanakan oleh di antara pemain ke gawang lawan saat salah satu pemain dari kesebelasan lawan mengerjakan pelanggaran. Jadi sebagai hukuman atas pelanggaran tersebut biasanya wasit menyerahkan hak guna menendang bola. Kalau pelanggaran tersebut terjadi di kotak penalti, maka tendangan bebas tersebut disebut tendangan pinalti.

Pemain lawan boleh merintangi di depannya, namun pada jarak sejumlah meter dari titik tendangan bebas dilakukan. Tendangan bebas yang biasa diserahkan oleh wasit ada ada:

Tidak langsung: diserahkan wasit bilamana terjadi pelanggaran yang tidak terlampau keras. Tendangan bebas ini mesti dimulai dengan sentuhan pemain lain, sebelum pemain beda menendang ke arah gawang. Tidak boleh langsung menuju gawang. Bagi tendangan bebas ini seringkali tandanya ialah wasit mengusung tangannya lurus ke atas sambil mengembus peluitnya.

Langsung: Dilakukan andai terjadi pelanggaran yang lumayan keras /berbahaya di sekitar area kotak penalti lawan. Tendangan ini bisa langsung ditunjukkan ke gawang oleh sang eksekutor, tanpa menyentuh pemain lainnya terlebih dahulu. Bagi jenis tendangan bebas ini, wasit memberi tanda dengan mengusung tangannya dan lurus menunjuk ke arah gawang sambil mengembus peluitnya.

Jarak Tendangan Bebas

Tendangan bebas seringkali dilakukan tidak cukup lebih dari 9 meter, bebas halangan dari kesebelasan lawan. Pemain kesebelasan lawan melulu boleh berdiri menyangga bola tidak cukup lebih 9 meter dan seringkali berjejer tidak cukup lebih 3 sampai 5 orang.

Berikut 10 Pemain Bola Dengan Free Kick Paling Baik Di Dunia :

Arthur Antunes Coimbra (Zico)

10 Eksekutor Free Kick Terbaik, Ronaldo-Messi Nomor Berapa?

Zico adalah salah satu pemain sepakbola legendaris Brasil yang pun pernah berkarir sebagai pelatih. Ia lahir dengan nama pribumi Arthur Antunes Coimbra dan dikenal berposisi sebagai playmaker atau gelandang serang. Zico sering dijuluki ‘White Pele’ atau ‘Pele Putih’ dan dikenal sebagai di antara pemain terbaik sepanjang masa. Ia pun dikenal sebagai legenda Flamengo dan pernah memperkuat klub Udinese. Zico memiliki keterampilan passing dan visi bermain yang bagus, menendang dengan kedua kaki serta dikenal sebagai spesialis tendangan bebas. Total tendangan bebas yang sukses bersarang dijala lawan yakni 101 gol.

Juninho Pernambucano

Related image

Di segi kecepatan, dia jelas kalah dari Ronaldo. Dari sisi skill, dia barangkali kalah dari Ronaldinho. Namun guna urusan mengeksekusi bola-bola mati, tak terdapat yang mengungguli Juninho Pernambucano. Di hadapannya, tendangan bebas dapat menjadi senjata yang paling mematikan guna ‘membunuh’ kiper lawan.

Brasil memang tak pernah kelemahan talenta hebat. Juninho ialah salah satunya.

Atribut utamanya: Tendangan bebas. Andrea Pirlo saja hingga ‘berguru’ kepadanya.

Pria kelahiran Recife 30 Januari 1975 ini memulai karier profesional bareng Sport pada 1993 dan pensiun di Vasco da Gama di tahun 2013. Gelandang serang Brasil periode 1999-2006, dia dikenal sebagai spesialis tendangan bebas. Namanya berkibar bareng Lyon, klub yang diperkuatnya antara 2001 dan 2009.

Tak tidak banyak yang mengakui bahwa Juninho ialah penendang bebas terbaik sepanjang masa.

Juninho mencetak 100 gol guna Lyon, dan 44 di antaranya dari tendangan bebas . Dia mencetak total 75 gol tendangan bebas sepanjang kariernya, unggul atas Ronaldinho dengan 66 gol. Di samping itu, tekniknya pun mematikan. Jarak bahkan bukan masalah berarti baginya.

Tendangan bebas yang dia lepaskan sering berupa knuckle ball. Dengan kiat itu, bola nyaris tak mempunyai spinning motion dalam lajunya. Knuckle shot yang sempurna menciptakan bola laksana bergoyang, arahnya susah ditebak, dan paling sulit untuk kiper manapun guna menghentikannya.

Teknik ini telah coba diadaptasi oleh sejumlah pemain, dari Cristiano Ronaldo sampai Pirlo. Namun, tak terdapat yang dapat mengeksekusinya sesempurna Juninho.

Ronaldinho

10 Eksekutor Free Kick Terbaik, Ronaldo-Messi Nomor Berapa?

Ronaldo Assis de Moreira atau lebih dikenal dengan Ronaldinho ialah pemain sepak bola berkebangsaan Brasil. ketika ini menjadi Duta Besar Klub asal Spanyol Barcelona. Ia dapat bermain sebagai gelandang serang, second penyerang atau penyerang. Gelandang asal Brasil, Ronaldinho, pun punya keterampilan maut dalam urusan free kick. Ada 66 gol diciptakan Ronaldinho dari eksekusi tendangan bebas ini.

David Beckham

Related image

David Robert Joseph Beckham atau lebih dikenal dengan David Beckham lahir pada tanggal 2 Mei 1975 di Leytonstone, London, Inggris. Pemain berkebangsaan Inggris ini menduduki posisi sebagai pemain tengah. Ia juga mempunyai kemampuan tendangan bebas yang sangat mumpuni, ia spesialis curving free kick. Tendangan bebasnya yang sangat melengkung sering membuat mental kiper lawan jatuh. Total tendangan bebas yang ia bukukan sebanyak 65 gol.

Beckham sempat dua kali menjadi runner-up dalam ajang penghargaan FIFA World Player of the Year. Pada tahun 2004, dia menjadi pemain yang bergaji termahal di dunia. Beckham pun menjadi nama yang paling tidak sedikit dicari di Google dari seluruh topik olahraga pada tahun 2003 dan 2004. Dengan pamornya yang sudah paling mendunia, dia dijadikan merk produk ternama dan menjadi ikon dari produk fashion yang terkenal. Beckham sempat menjadi kapten dari kesebelasan nasional Inggris dari tanggal 15 November 2000 hingga pada ajang Piala Dunia 2006. Sampai tahun 2009, Beckham menjadi pemain Inggris yang paling tidak sedikit tampil untuk negaranya. Debutnya bareng tim nasional Inggris terjadi pada tanggal 1 September 1996, di kualifikasi Piala Dunia melawan Moldova.

Diego Maradona

10 Eksekutor Free Kick Terbaik, Ronaldo-Messi Nomor Berapa?

Diego Armando Maradona yang lebih dikenal dengan sebutan Maradona ialah mantan pesepak bola legendaris Argentina. Maradona menjadi pelatih timnas Argentina mulai November 2008 hingga Juli 2010. Total gol yang sukses lahir dari tendangan bebasnya yakni 62 gol.

Cristiano Ronaldo

10 Eksekutor Free Kick Terbaik, Ronaldo-Messi Nomor Berapa?

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, OIH atau lebih dikenal Cristiano Ronaldo adalah seorang pemain sepak bola Portugal. Ia bisa berposisi sebagai sayap kiri atau kanan serta penyerang tengah. Saat ini ia bermain guna tim Italia, Juventus dan guna tim nasional Portugal. Sejauh ini Cristiano Ronaldo telah mencetak 56 gol free kick. Rinciannya ialah 14 bareng Manchester United, 34 saat membela Real Madrid, dan delapan di timnas Portugal tergolong ke gawang Spanyol di Piala Dunia 2018.

Sinisa Mihajlovic

10 Eksekutor Free Kick Terbaik, Ronaldo-Messi Nomor Berapa?

Sinisa Mihajlovic (lahir di Vukovar, 20 Februari 1969; usia 49 tahun) ialah pesepak bola Serbia yang sering kali bermain di posisi bek di masing-masing tim yang dibelanya, tetapi pun dapat difungsikan sebagai gelandang. Ia mempunyai tendangan bebas yang paling akurat, tidak jarang kali ia membuat gol dengan tendangan bebasnya. Total telah bersarang lebih dari 50 gol darinya hasil tendangan bebas.

Alessandro Del Piero

Related image

Alessandro Del Piero lahir pada tanggal 9 November 1974 di Conegliano Veneto, Italia. Sampai tahun 2009, Del Piero ialah pemain Italia yang digaji sangat besar. Dia bermain di posisi penyerang penyokong di mana posisinya salah satu pemain tengah dan striker. Meski tidak tinggi, dia dianggap lumayan kreatif menolong serang, menciptakan assist dan mencetak gol. Kemampuannya dalam memungut tendangan bebas maupun penalti pun tidak butuh diragukan lagi.

Del Piero sebagai eksekutor tendangan bebas. Pada 2008-09, dia teratur mencetak gol dari kondisi tersebut sampai-sampai setiap kali ia bakal mengeksekusi tendangan bebas, keadaan di stadion seketika sunyi. Hal tersebut bahkan terjadi di Bernabeu.

“Jauh lebih gampang melukis Mona Lisa beda daripada membuat Del Piero lain,” kata mantan kiper Madrid, Iker Casillas.

Secara keseluruhan,  Del Piero ialah pencetak gol tendangan bebas terbanyak dan sepanjang masa sebagai pemain Italia (49 gol : 43 gol di klub , 6 gol di kesebelasan nasional Italia)

Andrea Pirlo

Image result for andrea pirlo free kicks

Andrea Pirlo, pemain sepakbola berkewarganegaraan Italia yang tidak jarang diturunkan ke lapangan sebagai playmaker atau regista (pemain playmaker yang pun beroperasi di posisi gelandang bertahan) dan dikenal sebagai pemimpin di posisi ini. Walaupun Pirlo tidak cukup pada aspek kecepatan, kekuatan jasmani dan keterampilan bertahan, ia telah tidak sedikit menerima pujian atas teknik, kontrol, dribble dan akurasi tendangan yang dimilikinya.

Pirlo pun adalah spesialis tendangan penalti yang dikenal dengan tendangan jarak jauhnya. Rekan-rekan Pirlo dalam kesebelasan nasional Italia menjulukinya l’architetto (sang arsitek) sebab dengan tendangan jarak jauhnya, tidak sedikit gol yang sudah tercipta guna tim tersebut. Eksekutor sepakan bebas terbaik kepunyaan Italia, Andrea Pirlo, telah punya 43 gol dari situasi tendangan bebas selama kariernya. Sejak mula tahun 2013, fans Juventus pun memberikan julukan il professore (sang profesor) dan Mozart, guna menyamakan kemampuannya dengan komposer besar asal Austria tersebut.

Lionel Messi

10 Eksekutor Free Kick Terbaik, Ronaldo-Messi Nomor Berapa?

Lionel Andrés “Leo” Messi ialah seorang pemain sepak bola Argentina yang ketika ini bermain guna FC Barcelona dan adalahkapten kesebelasan nasional sepak bola Argentina, bermain sebagai penyerang. Ia ialah pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang sejarah. Lionel Messi tersebut pemain serba bisa. Dia pun mahir mengerjakan tendangan bebas. Total terdapat 33 gol tendangan bebas sekitar berkarier di Barcelona yang dicetak di lima persaingan berbeda.

Roberto Carlos

Image result for roberto carlos free kick

Roberto Carlos da Silva Rocha lahir pada tanggal 10 April 1973. Roberto Carlos mengawali karir di klub Uniao Sao Joao. Ia kemudian pindah ke Palmeiras. Klub Eropa pertama yang ia bela adalah Inter Milan. Ia hanya bertahan semusim sebelum pindah ke Real Madrid. Karirnya langsung melesat bersama Real Madrid. Ia menjadi salah satu bek kiri terbaik dunia di masanya. Roberto Carlos bermain selama 11 musim untuk Real Madrid dengan mencetak 47 gol di 370 pertandingan liga.

Orang mengenalnya sebagai bek kiri yang mahir mengeksekusi tendangan bebas. Dia buat 25 gol free kick sekitar 11 tahun membela Madrid. Free kick sangat terkenal ialah ke gawang Prancis di tahun 1997.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here