6 Manfaat Menyikat Gigi dengan Baking Soda

0
54
manfaat baking soda untuk gigi

6 Manfaat Menyikat Gigi dengan Baking Soda – Baking soda memiliki nama ilmiah Sodium bikarbonat (nama IUPAC: sodium hydrogen carbonate) dan formula NaHCO3. Senyawa ini sangat populer dalam memasak, terutama untuk memanggang sebagai zat ragi. Selain itu, penggunaan baking soda tidak hanya untuk memasak tapi masih banyak lagi termasuk untuk pembersihan. Atau Anda juga bisa membaca manfaat mandi di garam Epsom dan baking soda dan manfaat mencuci rambut dengan baking soda.

Baking soda telah digunakan oleh beberapa orang sebagai alternatif pasta gigi. Saat ini, ada beberapa produsen pasta gigi yang menggabungkan baking soda ke dalam formula mereka. Journal of Clinical Dentistry juga menemukan bahwa produk baking soda lebih efektif untuk mendukung kesehatan mulut. Beberapa manfaat kesehatan dari menyikat gigi dengan baking soda adalah:

1. Membersihkan gigi secara efektif

Baking soda secara efektif bisa membersihkan gigi. Sikat gigi dengan baking soda berarti membersihkan semua bagian gigi apalagi ke bagian terdalam dari permen karet. Ini merupakan salah satu manfaat penting karena hanya menyikat gigi dengan pasta gigi saja tidak cukup untuk melawan bakteri di mulut.

2. Menghemat uang

Beberapa produk yang mendukung kesehatan gigi Anda menghabiskan biaya lebih banyak, sementara Anda dapat dengan mudah menemukan baking soda dengan harga terjangkau dimanapun. Ini akan menghemat uang sekaligus meningkatkan kesehatan gigi secara efektif.

3. Mengurangi bau mulut

Penyeimbang kadar asam di mulut saat menyikat gigi dengan baking soda namun bisa mengurangi bau mulut. Bila gigi sehat, maka akan memberikan nafas segar yang juga sesuai dengan makanan sehat yang Anda konsumsi.

4. Mengurangi resiko penyakit gusi

Penyakit pada gusi mungkin terjadi karena bakteri di mulut dan menyikat gigi dengan baking soda telah dipercaya bisa melawan bakteri. Serta manfaat kesehatan dari menyikat gigi dengan baking soda bisa membersihkan semua bagian gigi secara efektif, hal ini juga dapat mendukung kesehatan gusi.

5. Menghapus plak

Plak adalah kondisi yang biasa terjadi pada banyak orang di dunia. Baking soda adalah salah satu hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan. Namun, pastikan Anda menyikat gigi setidaknya satu kali sehari dengan baking soda untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Bertindak sebagai pemutih untuk gigi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi dan menyikat gigi dengan baking soda yang akan memutihkan gigi dengan sukses. Selain itu, setiap orang ingin memiliki gigi putih karena mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan.

Manfaat lain dari menyikat gigi dengan baking soda termasuk:

  • Mengobati sakit mulut
  • Mengurangi resiko pembengkakan gusi

Berikut adalah langkah sederhana untuk memutihkan gigi dengan baking soda:

  • Mangkuk
  • Satu sendok teh baking soda
  • Air

Petunjuk:

  • Masukkan baking soda dan beberapa air dalam mangkuk
  • Campur sampai berubah pasta putih.
  • Ambil sikat gigi dan taruh pasta di sikat gigi
  • Sikat gigi Anda seperti biasanya.
  • Bila sudah selesai, bilas mulut seperti air dingin biasa.

Catatan:

  • Hindari menggunakan baking soda untuk gusi berdarah, mereka yang memakai kawat gigi, atau retainer.
  • Pastikan sikat gigi basah dengan baik sebelum Anda memasukkan campuran baking soda dengan air ke dalamnya, dan juga sebelum Anda menyikat gigi.
  • Buat pasta berbusa di mulut lalu mulai menyikat gigi selama tidak lebih dari dua menit.
  • Fluorida lebih sehat untuk gigi daripada baking soda. Sebagai pilihan, Anda bisa menyikat baking soda Anda dengan air kemudian melakukannya lagi tapi dengan pasta gigi Anda seperti biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here