Manfaat Menggunakan Madu Untuk Wajah

0
36
manfaat madu untuk wajah

Manfaat Menggunakan Madu Untuk Wajah – Madu sudah lama dikenal masyarakat sebagai ramuan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu, madu juga mengandung probiotik dan juga anti bakteri yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Manfaat ini bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan madu sebagai pembersih wajah.

Cara menggunakan madu sebagai pembersih wajah sangat mudah. Ambil ½ sendok teh madu lalu bersihkan secara merata di seluruh wajah. Gunakan dua kali sehari selama pagi dan sore hari untuk hasil maksimal. Kemudian cuci muka dengan air hangat.

Jika Anda menggunakan madu sebagai pembersih muka, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti di bawah ini:

1. Bersihkan kotoran di wajah

Tekstur madu yang lengket dapat mengangkat kotoran di wajah. Proses pengangkatan kotoran di wajah tidak akan terasa sakit karena madu sangat lembut. Cara ini memiliki fungsi yang sama dengan sabun wajah. yang membedakan madu tidak akan menyebabkan munculnya kelebihan minyak seperti penggunaan sabun wajah.

2. Menghilangkan bakteri

Memakai madu sebagai pembersih muka juga dapat menghilangkan bakteri dan jerawat pada wajah. Sangat baik digunakan bagi anda yang saat ini memiliki jerawat  pada wajah. Karena madu mengandung anti bakteri dan probiotik yang baik sangat baik untuk masalah kulit.

3. Menyeimbangkan minyak pada kulit wajah

Salah satu cara menyeimbangkan minyak pada kulit wajah adalah dengan menggunakan madu sebagai pembersih wajah. Madu mengandung senyawa alami yang membantu menyeimbangkan minyak pada wajah. Seperti kita ketahui, bila kulit wajah terlalu banyak minyak, maka akan menyebabkan wajah tidak enak untuk dipandang. Sementara jika kekurangan minyak, akan menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan gersang.

4. Melembabkan wajah

Madu memiliki kandungan air yang sangat tinggi, kandungan air inilah yang membuat kulit menjadi lembab saat digunakan sebagai pembersih wajah. Wajah yang lembab akan terlihat lebih lentur, sehat, dan juga cerah.

5. Cocok untuk kulit sensitif

Madu berbeda dengan sabun wajah pada umumnya yang dijual di pasaran. Karena madu masih alami, bisa digunakan untuk kulit sensitif. Berbeda dengan sabun buatan pabrik, sabun mengandung banyak bahan kimia yang justru bisa membuat kulit lebih sensitif.

6. Menyeimbangkan pH wajah

Wajah memiliki pH asam antara 3,5 sampai 5,5. Sedangkan madu memiliki PH 3.9. Ini membuktikan bahwa madu sangat cocok sebagai pembersih wajah. Sedangkan sabun wajah yang mengandung bahan kimia, sebaliknya. Artinya sabun wajah tidak cocok untuk membersihkan wajah. Itu sebabnya menggunakan sabun wajah yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit.

7. Melindungi kerusakan akibat sinar matahari

Menggunakan madu sebagai pembersih wajah dapat melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat sinar matahari. Karena madu mengandung antioksidan alami yang membantu menjaga kesehatan kulit wajah secara alami. Sinar matahari yang berlebihan di wajah bisa menyebabkan kulit kering, kusam, kemerahan, bahkan iritasi.

8. Mengobati luka di wajah

Madu mengandung probiotik dan juga anti bakteri. Kedua komponen ini berguna untuk mengobati cedera pada kulit. Jika Anda memiliki luka di wajah Anda, Anda bisa menggunakan madu sebagai pembersih muka secara teratur sehingga luka bisa diobati.

10. Mencegah penuaan dini

Menggunakan madu sebagai bahan alami untuk mencuci muka juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Ini karena madu mengandung air yang tinggi sehingga bisa menjaga kelembaban kulit. Karena itu, salah satu penyebab penuaan dini adalah karena kulit kering yang menyebabkan keriput di wajah.

Peringatan

Sebaiknya gunakan madu mentah jika ingin menggunakannya sebagai pembersih muka. Karena itu, manfaat kesehatan madu mentah lokal masih mengandung senyawa alami. Dan belum tercampur dengan zat lain selain madu yang dikemas dalam botol di supermarket.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here