9 Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan

0
116
manfaat lempuyang untuk kesehatan

Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan – Lempuyang adalah jenis tanaman herbal yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Tanaman ini juga dinamakan Zingiber Zerumbet L dan dikenal dengan beberapa nama sesuai dengan masing-masing wilayah tempat tinggalnya. Pemanfaatan tanaman ini sangat populer di Indonesia karena manfaatnya terkandung.

Baca Juga : Manfaat Jintan Untuk Kesehatan

Tanaman Lempuyang adalah tanaman di mana rimpangnya dimanfaatkan sebagai media pengobatan alami oleh banyak orang. Habitat tanaman ini berada di daerah tropis dan mampu tumbuh di ketinggian 1-1200 mdpl. Lempuyang berkembang biak dengan potongan rimpang yang telah tumbuh dimana irisan tunas akan disebarkan dengan menggunakan biji sebagai medium.

Zat Tanaman Lempuyang

Tanaman lempuyang memiliki berbagai khasiat karena beberapa zat yang terkandung baik jika diserap oleh tubuh. Zat yang terkandung dalam rimpang lempuyang juga bisa dijadikan bahan utama obat tradisional karena mengandung zat anti kejang dan bisa digunakan untuk meringankan demam tinggi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah zat dari tanaman lempuyang:

  • Jumlah Kandungan Minyak di Lempuyang = 0,62%
  • Jumlah kadar air di Lempuyang = 9,39%
  • Kandungan total kandungan pati di Lempuyang = 52,14%
  • Jumlah kandungan serat di Lempuyang = 10,76%

Selain beberapa kandungan di atas, ada daftar beberapa zat atau komposisi yang terkandung dalam minyak atsirin seperti di bawah ini:

  • A-curcumin
  • Bisabolene
  • Zingiberene
  • Kariofilen
  • Seskuifelandren
  • Zerumbon atau agen anti kejang
  • Limonene atau keharuman alami yang bersifat karminatif
  • Saponin
  • Flavonoid
  • Pedas jaheol
  • Shogaol
  • Zingerone
  • Paradol
  • Hexahidrokurkumin
  • Dihidrogingerol

Tanaman lempuyang merupakan salah satu ramuan rempah yang paling kaya. Selain dikenal sebagai bahan ramuan tradisional, juga dapat dijadikan sayuran segar. Namun di dunia kesehatan, ada beberapa manfaat kesehatan lempuyang sebagai berikut:

Baca Juga : Manfaat Menyikat Gigi Dengan Baking Soda

Manfaat Lempuyang untuk Kesehatan

1.Manfaat lempuyang untuk Meringankan Demam

Demam yang terjadi pada anak bisa menyebabkan kejang jika tidak segera diobati. Karena itu, Anda harus menggunakan lempuyang sebagai obat tradisional yang bisa meredakan panas karena kandungan zat anti perampasan di dalamnya. Serta manfaat lobak putih yang biasa digunakan untuk meringankan demam, manfaat lempuyang ini akan meringankan demam yang juga mengandung parasetamol.

2.Manfaat Lempuyang untuk Tingkatkan Nafsu Makan

Lempuyang memiliki kandungan yang mirip dengan manfaat kesehatan Curcuma yang mampu meningkatkan nafsu makan. Penurunan nafsu makan sebaiknya jangan diremehkan karena kekurangan asupan gizi dan vitamin akan menurunkan beberapa masalah kesehatan bagi tubuh.

3.Manfaat Lempuyang untuk Menghambat Pertumbuhan Kanker

Kandungan yang terkandung dalam lempuyang ini mampu menghambat sel kanker yang akan tumbuh di dalam tubuh. Sel kanker yang diinduksi akan terhambat bahkan mencegah pertumbuhan kanker. Sehingga, tubuh akan terlindungi dari serangan kanker.

4.Manfaat Lempuyang untuk Pelangsing tubuh

Tubuh ramping dan ideal akan menjadi keinginan semua orang, termasuk pria. Kandungan yang terkandung dalam lempuyang ini mampu membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar sehingga proses pembakaran lemak menjadi lebih maksimal.

5.Manfaat Lempuyang untuk Meringankan Batuk

Batuk adalah gangguan kesehatan yang harus mengganggu aktivitas Anda. Jangan khawatir karena pahit jahe bisa membantu meringankan batuk. Inilah cara pengolahan lempuyang untuk mengobati batuk. Pertama, campurkan rimpang lempuyang dengan bawang panggang atau panggang dan kayu manis. Lalu, hancurkan dan perasnya keluar untuk mengeluarkan cairan yang akan diminum.

6.Manfaat Lempuyang untuk Perlakukan Rematik

Kaki adalah bagian tubuh yang bisa mengalami masalah kesehatan berupa rasa berlebihan disertai rasa nyeri di tulang tungkai. Salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada kaki adalah rematik. Rematik bisa diobati dengan lempuyang. Adapun cara penggunaannya adalah dengan mencampur rimpang lempuyang dengan cabai jawa yang telah dilumatkan lalu ditambah dengan campuran nasi kering. Berbagai komposisi dicampur secara merata dan kemudian menempel pada kaki atau bagian tubuh yang terasa sakit atau rematik.

7.Manfaat Lempuyang untuk Meringankan Iritasi Kulit

Beberapa orang terbiasa mengalami masalah kulit akibat alergi terhadap makanan yang mereka konsumsi. Karena itu, perlu diobati dengan menggunakan obat tradisional yang terbuat dari lempuyang. Sedangkan cara menggunakannya adalah, pertama, iris bagian rimpang lempuyang dan kemudian diseduh seperti teh dan minum secara teratur sampai gejala alergi sembuh.

8.Manfaat Lempuyang untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tubuh yang memiliki gejala darah rendah akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena tubuh akan merasa lemas dan penglihatannya akan kabur, sehingga akan mengakibatkan kondisi bawah sadar atau pingsan. Kandungan yang terkandung dalam lempuyang bisa meningkatkan jumlah platelet dalam darah. Cara pemakaiannya: Pertama, cabut rimpang lempuyang lalu campurkan dengan gula dan air, lalu oleskan. Minuman ini bisa diminum 3 kali sebanyak satu sendok makan dalam satu hari.

9.Manfaat Lempuyang untuk Mengatasi Pilek

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan dingin yang akan mengganggu potensi kinerja tubuh. Untuk mengatasi masalah kesehatan ini, kita bisa menggunakan lempuyang sebagai herbal yang bisa dikombinasikan dengan bahan alami lainnya. Bagaimana cara menggunakan; Pertama, ambil satu rimpang lempuyang yang telah dicuci, parut dan peras. Kemudian, saring jus lempuyang dan tambahkan dua sendok madu ke dalam setengah gelas air matang dalam suhu hangat. Minum dua kali sehari secara teratur sampai kondisi tubuh membaik.

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Wajah

Sekian informasi dari saya, semoga informasi 9 Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan bermanfaat untuk semua. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here