Manfaat Jintan Untuk Kesehatan

0
111
manfaat jintan

 Manfaat Jintan Untuk Kesehatan – Jintan adalah salah satu jenis rempah-rempah yang dimiliki oleh negara kita, Indonesia. Sehingga manfaat kesehatan biji jintan sudah biasa bagi masyarakat Indonesia. Namun, kebanyakan orang Indonesia hanya mengetahui sedikit dari banyak manfaat yang bisa didapatdari jinten putih. Jintan telah menyebar ke seluruh dunia dan dapat ditemukandi berbagai belahan dunia. Jintan merupakan sejenis tanaman berbunga dan pertumbuhan tanaman ini tidak terlalu tinggi. Jintan termasuk dalam keluarga genus Apiaceae dan Cumin. Cumin memiliki nama ilmiah Cuminum cyminum. Jintan juga mengandung berbagai minyak esensial dan memiliki bau yang sangat khas.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ingin langsing dan sehat? Jintan bisa menjadi solusi alternatif yang efektif untuk membantu menurunkan beratbadan. Jintan mengandung cukup banyak serat yaitu 10,6 gram atau sekitar 26% dari total kebutuhan serat setiap harinya. Kandungannya bisa dimanfaatkan dalam membantu melancarkan sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Jadi lemakdan kotoran yang ada di tubuh tidak menumpuk dan membuat kita gemuk.

2. Menghaluskan Sirkulasi Darah

Jintan juga bisa membantu memberi nutrisi dan memperlancar peredaran darah. Kandungan mineral seperti zat besi,mangan, tembaga, seng, kalium, dan lain-lain adalah unsur yang dibutuhkan untuk menyehatkan darah dan sirkulasi darah di tubuh. Mineral tembaga, misalnya, diperlukan dalam pembentukan sel darah merah.

3. Mengobati Sakit Perut

Jintan telah digunakan sejak dulu untuk mengobati sakit perut. Jika Anda mengalami kembung, gas perut, iritasiperut, dan diare bisa diredakan dengan mengkonsumsi jintan.

4. Membuat Otot santai

Jintan putih memiliki magnesium dan kalium ampuh untuk mengendurkan otot-otot tegang tubuh setelah berolahraga atau setelah bekerja sepanjang hari.

5. Sistem Pencernaan Sehat

Selain mengobati sakit perut, jintan juga bisa menyehatkan sistem pencernaan secara menyeluruh. Ini karena jinten tinggi serat dan ada juga anti mikroba dan antijamur yang bisa melindungi sistem pencernaan dari serangan penyakit berbahaya yang menyerang organ pencernaan.

6. Membantu Mengobati Dan Mencegah Ambeien

Wasir pada dasarnya disebabkan oleh konstipasi karena kurangnya konsumsi serat yang menyebabkan luka padaanus. Jadi luka bisa menyebabkan infeksi yang menyebabkan wasir. Kandungan serat yang tinggi dalam jintan dapat memperlancar pencernaan dan membantu mencegah wasir. Sementara anti-mikroba dan anti jamur di jintan akan membantu penyembuhan infeksi.

7. Menyembuhkan Gangguan Pernapasan

Mengalami masalah pernafasan? Jintan dapat berfungsi untuk mengobati gangguan yang terjadi pada sistem pernapasan seperti bronkitis, asma, dan gangguan pernafasan lainnya karena mengandung kafein sebagai ‘agen stimulasi dan minyak esensial yang berfungsi sebagai desinfektan. Kandungannya membuat jintan sebagai obat herbal yang ideal untuk meringankan asma dan bronkitis.

8. Dapat Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Untuk itu, penting bagi kita untuk mencegah penyakit inisedini mungkin. Lalu bagaimana cara mencegah kanker? Salah satunya adalah mengkonsumsi jintan. Jintan diketahui mengandung zat kimia yang bisa membentuk anti oksidan yang sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here