Manfaat Blog Dalam Pembelajaran

0
31
Manfaat Blog Dalam Pembelajaran

Manfaat Blog Dalam Pembelajaran – Blog merupakan media yang sangat efektif untuk proses belajar mengajar karena kita sekarang hidup di dunia yang serba menggunakan internet. Blog dapat memberikan informasi bagi kita tanpa harus membuka-buka buku. Bahkan blog dapat menyalurkan bakat kreatifitas kita dalam menulis. Sebelum kita mendalami apa saja manfaat blog dalam pembelajaran, kita wajib mengetahui apa itu blog.

Pengertian dan Sejarah Blog

Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah laman web. Blog merupakan singkatan dari web log. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Pyra Labs dengan membuat Blogger.com sebelum akhirnya di akuisisi oleh Google pada tahun 2002. (wikipedia)

Selain platform blogger, blog juga bisa dibuat di platform lainnya seperti wordpress.com, wordpress.org, joomla, tumblr dan lain sebagainya. Begitulah singkatnya tentang Blog, setelah ini baru kita bahas beberapa manfaat dari blog.

Baca Juga : Cara Manual Install WordPress Self-Hosted di cPanel

Manfaat Blog Secara Umum

Manfaat blog sangat beragam. Selain untuk media pembelajaran seperti yang pertama kita bahas diatas, berikut beberapa manfaat dari blog:

  • Sebagai catatan harian
  • Media publikasi dalam sebuah kampanye politik
  • Media publikasi program-program media
  • Media publikasi perusahaan-perusahaan
  • Media Pembelajaran dalam dunia pendidikan

Itu sedikit dari manfaat dari blog, dan kali ini kita akan bedah manfaat blog dalam pembelaran.

Manfaat Blog Dalam Pembelajaran

Dalam dunia pendidikan, blog merupakan media yang dapat memudahkan guru dalam memberikan tugas terhadap siswa. Selain itu siswa juga tidak gagap akan teknologi jaman sekarang yang sudah menggunakan internet untuk mencari informasi di sebuah blog.

Berikut beberapa manfaat blog dalam pembelajaran:

  • Dengan blog, pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi
  • Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
  • Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata pelajaran disampaikan secara komunikasi verbal sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga.
  • Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru saja, akan tetapi siswa juga melakukan aktifitas lain seperti mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan

Tidak semuanya blog dapat memberikan manfaat, ada pula dampak negatif dengan adanya blog yaitu budaya copas atau copy paste (plagiarisme). Hal ini menjadikan siswa malas untuk berfikir dan mengandalkan ilmu dan informasi dari orang lain. Maka dari itu kita harus bijak dalam menggunakan blog dan menghindari budaya copas ini. Semoga informasi Manfaat Blog Dalam Pembelajaran ini bermanfaat untuk kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here