Macam-Macam Bentuk Latihan Kecepatan Serta Cara Melakukannya

0
243
latihan kecepatan

Macam-Macam Bentuk Latihan Kecepatan Serta Cara Melakukannya – Menjaga tubuh untuk tetap sehat adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Salah satunya yaitu latihan kecepatan dalam kebugaran jasmani. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh di dalam latihan kecepatan ini. Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa contoh latihan kecepatan kepada anda. Pertama saya akan membahas tentang pengertian latihan kecepatan

Pengertian Latihan Kecepatan

Kecepatan merupakan kemampuan untuk menggerakkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang singkat dan cepat. Kecepatan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari, terutama kepada seorang olahragawan.

Baca Juga : Situs Link Streaming Sepak Bola Tanpa Buffering

Kecepatan dapat dihitung dengan mengetahui selisih waktu gerak di mulai dan waktu gerak di akhiri. Untuk melatih kecepatan di mulai dari seluruh bagian tubuh dengan melakukan berbagai macam latihan. Sebelum latihan lebih baik untuk melakukan streching (pemanasan) dan perenggangan otot-otot kaki terlebih dahulu, dengan tujuan untuk meminimalisir terjadinya cidera saat latihan. Berikut Macam-Macam Bentuk Latihan Kecepatan Serta Cara Melakukannya

Macam-Macam Bentuk Latihan Kecepatan Serta Cara Melakukannya

Berikut terdapat 10 macam bentuk latihan serta cara melakukannya yaitu:

1. Bentuk Latihan Kecepatan Dengan Lari Sprint

Lari Sprint adalah olahraga lari yang mengutamakan waktu yang singkat dengan jarak yang dekat. Lari sprint juga menjadi salah satu cara untuk melatih kecepatan.

Untuk melatih kecepatan dengan cara lari sprint, anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

  1. Lari sprint dalam jarak dekat.
  2. Setiap melakukan lari sprint, catat rekor waktu.
  3. Bandingkan rekor waktu lari yang pertama dan kedua.
  4. Lakukan latihan lari sprint ini 2 (dua) kali dalam seminggu.

2. Bentuk Latihan Kecepatan Dengan Plyometric

Plyometric adalah latihan gerak dengan lompatan dari titik berdiri ke titik lain yang lebih tinggi. Contoh latihan dengan Plyometric juga dapat membuat otot kaki lebih kuat.

Untuk melatih kecepatan dengan Plyometric, anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

  1. Lakukan latihan ini di lokasi undakan atau bisa dilakukan di tangga.
  2. Lakukan latihan Plyometric secara rutin, agar hasilnya maksimal.

3. Bentuk Latihan Kecepatan Dengan Split Squat Jump

Latihan ini adalah gabungan dari latihan split dan squat jump. Latihan ini bisa jadikan latihan alternatif selain 2 cara latihan, dan juga latihan ini bisa dilakukan dimana saja termasuk di dalam rumah.

Untuk melatih kecepatan dengan Split Squat Jump, anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

  1. Posisi awal seperti akan melakukan squat namun kaki dibuka lebih lebar.
  2. Kemudian lakukanlah squat sambil melakukan lompatan.
  3. Lakukan latihan ini 30X setiap latihannya.

4. Bentuk Latihan Kecepatan Dengan Skipping

Olahraga Skipping atau lompat tali yang satu ini pun disebut sebut memiliki manfaat untuk meningkatkan kecepatan dengan sangat baik. Tidak perlu diragukan lagi, memang skipping membutuhkan lompatan yang tepat dan cepat untuk dapat dilakukan dengan sukses.

Untuk melatih kecepatan dengan Skipping, anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

  1. Posisi berdiri tegak dengan posisi tali di belakang.
  2. Kemudian lakukan putaran tangan dengan tali mengaran ke depan kemudian ke belakang sambil posisi badan melompat kecil (saat tali mau ke belakang memutari badan)
  3. Usahakan kaki tetap lurus (lutut tidak tertekuk saat melakukan lompatan kecil.
  4. Ulangi sebanyak 20 kali lompatan dalam satu set dan dalam satu hari lakukan sebanyak 3 set.

5. Bentuk Latihan Kecepatan Dengan Stand Long Jump

Latihan Stand Long Jump dilakukan dengan kombinasi berdiri, ayun, dan lompat. Ketiga gerak tersebut harus dilakukan dengan sempurna untuk dapat menghasilkan kecepatan yang meningkat dengan signifikan.

Untuk melatih kecepatan dengan Stand Long Jump, anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

  1. Pertama anda perlu berada dalam posisi berdiri.
  2. Setelahnya, ayunkanlah tangan anda kebelakang dan melompatlah setinggi mungkin.
  3. Setelah melompat anda harus memijak dengan mantap dan kembali dalam posisi berdiri tegak.
  4. Ulangi sebanyak 15 kali secara berurutan dan setiap 15 kali ulangi sebanyak 3 kali.

6. Bentuk Latihan Kecepatan Dengan Naik dan Turun Tangga

Kecepatan dan kemampuan untuk dapat cepat dan tangkas pada seseorang ternyata dapat juga dilatih dengan olahraga naik dan turun tangga. Olahraga ini juga merupakan satu dari macam-macam gerakan yang dapat melatih kekuatan otot kaki.

Untuk melatih kecepatan dengan Naik dan Turun Tangga, anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

  1. Pertama anda perlu berada dalam posisi berdiri dibawah tangga.
  2. Setelahnya, naikan salah satu kaki terlebih dahulu ke anak tangga, lalu kaki sebelahnya (jadi keduanya ada diatas tangga)
  3. Lalu turunkan salah satu kaki, dan turunkan kaki sebelahnya (keduanya dibawah tangga)
  4. Terus lakukan bolak-baik naik turun sekuat tenaga anda.

Naik turun tangga dapat anda lakukan langsung di tangga rumah anda, atau jika tidak memiliki tangga di rumah anda dapat memanfaatkan kursi yang kokoh. Jika tidak ada kursi juga, maka manfaatkanlah batu dengan tinggi yang standar.

7. Bentuk Latihan Kecepatan Dengan Zig Zag

Latihan Zig Zag adalah jenis lari yang sangatlah bermanfaat untuk melatih kelincahan anda. Dengan berlari secara cepat ke arah serong kanan lalu serong kiri dan seterusnya ke kanan dan ke kiri lagi mengikuti sirkuit yang ditentukan.

Selain karena anda membutuhkan kecepatan saat berlari anda pun membutuhkan kecepatan untuk mengolah penglihatan pada sirkuit lair yang zig zag ke perintah otak pada kaki untuk mengikuti sirkuit tersebut.

8. Bentuk Latihan Kecepatan Dengan Lari ke Segala Arah dengan Komando

Latihan dengan lari ke segala arah perlu ada bantuan orang lain untuk memberikan komando. Maksud dari olahraga lari ke segala arah dengan komando ini dilakukan dengan awalnya berlari seperti biasa.

Untuk melatih kecepatan dengan Lari ke Segala Arah dengan Komando, anda bisa melakukannya bersama teman anda akan memberikan komando arah anda berlari.

ContohLatihan Kecepatan anda akan dikomando belok ke kanan, belok ke kiri, putar balik, dan seterusnya hingga olahraga lari anda selesai.

9. Bentuk Latihan Kecepatan Dengan Suttle Run

Lari Shuttle run adalah olahraga yang anda lakukan dengan lari bolak-balik pada jarak yang sama.

Untuk melatih kecepatan dengan Suttle Run, anda bisa melakukannya berikut ini. Misalnya ada lintasan lari berjarak 4 meter, maka anda harus lari di lintasan tersebut sebanyak 5 kali bolak balik. Dengan demikian anda akan terlatih untuk cepat melewatinya dan selesai mengikut perintah dengan baik.

10. Bentuk Latihan Kecepatan Dengan Berbeda Kecepatan

Terakhir, Macam-Macam Bentuk Latihan Kecepatan dapat ditutup dengan jenis latihan lari berbeda kecepatan. Lari Dengan Berbeda Kecepatan adalah anda perlu untuk mengubah ubah kecepatan anda berlari.

Cara ini diketahui ampuh untuk membuat anda lebih cepat mengolah perintah ke dalam bentuk gerak. Dan secara keseluruhan kemampuan kecepatan anda pun menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Penutup

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Artikel Macam-Macam Bentuk Latihan Kecepatan Serta Cara Melakukannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here