Lebih Baik Ngeblog Pakai Blogspot atau WordPress

0
99
Pengalaman Ngeblog di Blogspot dan WordPress

Bagi para blogger, fitur platform WordPress dan Blogspot pasti tidak asing lagi karena kedua fitur tersebut yang sering digunakan oleh para blogger.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah aplikasi open source digunakan sebagai mesin blog yang berbasis (database) MySQL dibangun dengan bahasa pemrograman PHP. WordPress sendiri ada yang menggunakan fitur gratis dan berbayar. Jika ingin menggunakan fitur gratisnya anda bisa menggunakan WordPress.com.

WordPress juga ada yang berbayar, sering dikenal dengan istilah WordPress Self-Hosting. Yaitu kita harus sewa hosting sendiri untuk membangun sebuah website. Jika ingin menggunakan fitur berbayar ini bisa menggunakan WordPress.org.

Silakan Baca : Cara Manual Install WordPress di cPanel

Apa itu Blogspot?

Blogspot atau Blogger adalah layanan blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Dengan artian, blog ini dibawah kendali hosting google dengan bersubdomain blogspot.com.

Anda juga bisa mengubah subdomain tersebut menggunakan domain pribadi anda. Yaitu menggunakan domain berbayar seperti domain TLD (gTLD atau ccTLD).

Pengalaman Ngeblog Menggunakan Blogspot

Awal dulu saya ngeblog yaitu menggunakan blogspot. Saya merintis sebuah usaha yang lebih mentargetkan konsumen seluruh indonesia.

Ada beberapa kelebihan menggunakan blogspot yaitu :

  • Tidak perlu sewa hosting, karena blogger milik google jadi kita menggunakan fitur hosting yang diberikan oleh Google.
  • Bisa custom domain.
  • Bisa menampung sebanyak-banyaknya visitor tanpa takut downtime.

Selain keunggulan disini, ada beberapa kelemahan kalau saya menggunakan blogspot yaitu :

  • Tampilan website monoton
  • Susah mengatur template seperti navigasi, dan struktur meta google harus manual edit HTML
  • Fitur lain yang masih minimal, jadi hanya bisa untuk ngeblog saja.

Karena saya memerlukan fitur seperti web marketplace akhirnya saya mencoba migrasi ke WordPress Self-hosted.

Pengalaman Setelah Migrasi Blog ke WordPress Self-Hosted

Saya akhirnya mencoba untuk merasakan nyaman tidak sih menggunakan WordPress? saya mencoba menyewa hosting kecil-kecilan untuk membuat website. Pertama saya membuat web marketplace saya yaitu www.vianart-printingsolution.web.id.

Keunggulan disini dapat saya simpulkan :

  • Fitur lebih lengkap, dan setting web juga lebih mudah. Jika ingin mengedit struktur blog, anda tidak perlu mengotak-atik CSS.
  • Dengan bantuan plugin, mengatur SEO lebih mudah, dan lain sebagainya.
  • Tampilan lebih menarik.

Dengan fitur yang lebih lengkap tersebut, menggunakan WordPress Self-Hosted tentunya tidak luput dengan kelemahan yang saya rasakan, yaitu:

  • Sewa hosting, semakin besar semakin mahal juga biaya yang dikeluarkan
  • Tidak bisa menampung banyak visitor jika hosting yang kita punya kecil (terjadi downtime) jadi harus menyewa hosting yang lebih besar agar dapat menampung visitor lebih banyak.

Jadi Lebih baik Ngeblog pakai Blogspot atau WordPress?

Boleh juga anda mau ngeblog menggunakan WordPress maupun Blogger. Saran saya, jika anda seorang blogger yang menggunakan blogspot, jika anda belum bisa menghasilkan penghasilan yang lebih. Alangkah baiknya, jangan migrasikan blog anda ke WordPress Self-Hosted. Karena saran saya website blog lebih cocok menggunakan blogspot daripada WordPress.

Akan tetapi jika anda sudah mempunyai penghasilan lebih dan bisa menyewa hosting (kecil maupun besar). Saran saya migrasilah ke WordPress. Karena WordPress lebih nyaman untuk blog maupun website pribadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here