Cara Mengatasi Kompor Gas Susah Nyala Setelah Ganti Tabung Gas

0
103
Kompor Gas Susah Nyala

Mengatasi Kompor Gas Susah NyalaKompor adalah salah satu peralatan rumah tangga yang sangat penting. Karena semua kegiatan masak-memasak menggunakan kompor ini. Dijaman sekarang, mayoritas ibu rumah tangga sudah tidak asing lagi dengan kompor gas. Kompor yang menggunakan bahan bakar gas yang diisi di sebuah tabung.

Di Indonesia, kita menggunakan tabung dan gas dari elpiji. Penggunaan Elpiji di Indonesia terutama adalah sebagai bahan bakar alat dapur (terutama kompor gas). Selain sebagai bahan bakar alat dapur, Elpiji juga cukup banyak digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor (motor yang sudah dimodifikasi).

Kompor Gas Susah Nyala Setelah Ganti Tabung Gas

Banyak kelebihan dan kekurangan menggunakan tabung gas ini. Misalnya, bahan bakar mudah terbakar jika ada kebocoran dan susah saat mengganti tabung gas lama (yang sudah habis) dengan yang baru. Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa permasalahan. Kita bahas beberapa poinnya dibawah ini.

Mengapa Kompor Gas Susah Nyala Setelah Ganti Tabung Gas Baru?

Pertama ada kerusakan atau kecacatan pada valve. Yaitu saluran keluarnya gas dari tabung. Jika valve tabung gas cacat, maka regulator tidak dapat terkait dengan kuat sehingga dapat menyebabkan kebocoran ringan bahkan bisa berat. Sehingga diharuskan kita memakai pengunci agar regulator dapat terkait kuat dengan valve tabung gas. Dan jika kita selalu mendapati valve rusak, itu dapat merusak regulator juga. Sehingga lebih amannya kita selalu menggunakan pengait regulator ke valve tabung gas itu.

Kedua bisa jadi sill karet yang terdapat pada valve tabung yang rusak. Ini mudah, kita tinggal mengeluarkan sill karet tersebut, kemudian dibalik dan dipasang kembali atau bisa diganti dengan sill yang baru. Jika cara kedua ini tidak berhasil juga, anda bisa menggunakan cara ketiga.

Kompor Gas Susah Nyala Setelah Ganti Tabung Gas

Yaitu dengan mengecek bagian Ventilator regulatornya. Ventilator adalah piranti logam berbentuk tabung yang memiliki lubang di masing masing ujungnya, dan di dalamnya terdapat gotri yang bisa bergerak dari ujung satu ke ujung lubang lainya dari tabung tersebut tergantung tekanan gas dan udara dalam Ventilator itu sendiri.

Apakah ventilator tersumbat? Sehingga tidak dapat mengalirkan gas dari tabung ke kompor?

Jawabannya bisa jadi.

Mengapa bisa? Padahal sebelumnya memakai tabung gas lama lancar-lancar saja.

Karena pada saat tabung gas lama mulai habis, dan saat kita menyalakan kompor terlihat api meredup (tanda gas akan habis). Kita lupa mematikan kompor tersebut, sehingga sisa gas yang ada di dalam selang gas habis dan tidak bisa menyalurkan gas pada tabung gas yang baru.

Solusi Kompor Gas Susah Nyala Setelah Ganti Tabung Gas

Menurut pengalaman pribadi, jika kompor gas sudah dinyalakan saat ganti tabung gas baru yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama saya mengecek apakah sill sudah terpasang benar atau tidak cacat. Dengan cara membalik pemasangan sill tersebut atau menggantinya dengan sill baru.
  2. Jika masih belum bisa, silakan copot regulator dari tabung gas. Kemudian kocok-kocok keatas dan kebawah. Lalu pasangkan regulator ke tabung gas, kemudian secara pelan kocok-kocok keatas dan kebawah.
  3. Jika cara kedua masih belum berhasil, kita gunakan cara ketiga yaitu pada ventilator regulator (posisi sudah terhubung dengan gas) dipukul ringan sebanyak 2-5 kali. Bisa menggunakan obeng atau palu kecil.

Pada cara yang ketiga terbukti ampuh dan sudah saya buktikan berkali-kali. Karena saya sering lupa mematikan kompor gas saat tabung gas habis.

Penutup

Demikian tips dari saya tentang cara mengatasi Kompor Gas Susah Nyala Setelah Ganti Tabung Gas. Jika ada pertanyaan mengenai hal ini, silakan anda tinggalkan jejak komentar anda dibawah ini. Semoga bermanfaat, sekian wassalamu’alaikum..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here