jenis jenis kertas

Jenis-Jenis Kertas di Percetakan

Diposting pada

Jenis-Jenis Kertas di Percetakan – Assalamu’alaikum sahabat viankamaruddin.com, kali ini saya kembali lagi untuk memberikan informasi menarik kepada anda semua. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang jenis-jenis kertas yang sering digunakan untuk usaha percetakan.

Jenis-Jenis Kertas di Percetakan

Mungkin hanya sedikit yang kita ketahui tentang jenis kertas, yang paling sering kita ketahui adalah kertas HVS. Padahal masih banyak lagi jenis kertas yang sering kita jumpai tetapi kita tidak mengetahui jenis kertas apa itu.

Soal beragam jenis kertas, tentunya jenis kertas tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan, kegunaan dan fungsinya. Jadi tidak sembarangan produk cetak menggunakan kertas yang sama. Maka dari itu, saya akan memberikan informasi tentang jenis-jenis kertas di percetakan dan fungsi kegunaannya.

Jenis-Jenis Kertas di Percetakan dan Fungsi Kegunaannya

1. Kertas HVS

Pertama yang sering kita jumpai adalah kertas HVS. Sifat dan tekstur dari kertas HVS ini adalah tipis, mudah sobek dan kasar atau tidak mengkilat (doff). Kertas HVS memiliki beberapa ketebalan, yaitu dari paling tipis 60 gram, hingga yang tertebal adalah 80 gram. Yang sering kita gunakan adalah kertas HVS dengan ketebalan 70 gram.

Fungsi kegunaan dari kertas HVS di percetakan adalah untuk cetak isi buku (bisa buku tulis, buku tabungan, buku kenangan, dan lain-lain) dan brosur. Biasanya kita menggunakan kertas HVS dengan ketebalan 70 gram. Jika digunakan untuk isi buku nota pun juga bisa, kita gunakan kertas dengan ketebalan 60 gram. Dan untuk cetak isi raport, biasanya menggunakan 80 gram. Kertas HVS memiliki beberapa warna di antaranya putih, merah, hijau, biru dan kuning.

Mengapa berbeda ketebalan, kegunaannya juga berbeda? Karena kita letakan sisi kepantasannya. Jika kertas dengan ketebalan 80 gram digunakan untuk isi buku tidak cocok karena terlalu tebal begitu juga sebaliknya. Harga dari kertas HVS ini terbilang paling murah. Harga untuk per rim nya ukuran F4 kurang lebih hanya Rp. 44,000,- (tergantung dari merk dan ukuran).

2. Kertas Art Paper

Yang kedua adalah kertas art paper. Pernahkah kita menjumpai brosur jika kita raba memiliki tekstur halus dan mengkilat? Itulah yang namanya kertas art paper. Kertas ini memiliki tekstur halus, mengkilat, berwarna putih dan licin di 2 sisi permukaannya. Kertas art paper memiliki beberapa ketebalan di antaranya 100 gram, 120 gram dan 150 gram.

Fungsi kegunaan dari kertas art paper yaitu yang paling sering kita ketahui untuk bahan cetak brosur. Ada juga kertas art paper untuk isi buku kenangan, kalender, majalah, lapisan untuk cetak hardcover.

3. Kertas Art Carton

Apakah jenis kertas art carton itu yang sering kita dengan kertas karton? Ternyata bukan. Kertas Art Carton memiliki sifat sama dengan art paper, bedanya hanya di ketebalan. Kertas art carton memiliki ketebalan minimal 230 gram, 260 gram, 270 gram, 310 gram dan 350 gram.

Fungsi kegunakaan dari kertas art carton yaitu digunakan untuk cover dari segala buku, stopmap, sertifikat, kartu nama, bisa juga untuk kalender dan box makanan. Lantas seperti apa itu kertas karton yang sering kita lihat pada umumnya? Mari kita bahas di selanjutnya.

4. Kertas Brief Card (BC)

Kertas BC adalah kertas yang sering kita lihat dan kita ketahui sebagai kertas karton. Kertas BC memiliki 1 ketebalan saja yaitu 150 gram. Memiliki tekstur kasar dan tidak mengkilat (doff) sama seperti kertas HVS cuma ini lebih tebal. Bahwasannya ini adalah kertas HVS versi tebalnya.

Fungsi kegunaannya pada umumnya untuk cetak kertas raport, undangan, dan kartu ucapan. Untuk warna kertas BC terdiri dari putih, merah, kuning, biru dan hijau.

5. Nice Carbon/NCR

Kertas Nice Carbon atau sering kita sebut NCR adalah kertas khusus untuk nota, struk, atau fatkur pembayaran. Kertas ini memiliki kelebihan mentransfer warna. Yaitu jika kertas NCR 1 ditumpuk dengan kertas NCR 2, lalu kertas NCR 1 ditekan dengan bolpoin (untuk menulis) maka kertas NCR 2 akan ikut tertulis juga (tembus).

Karena kertas NCR 1 memiliki sifat colour transfer, sedangkan NCR 2 memiliki sifat colour receiver. Dalam dunia percetakan, kertas NCR dibagi menjadi 3 yaitu Top, Middle, dan Bottom.

Kertas NCR Top yang memiliki sifat colour transfer, kertas NCR Middle memiliki sifat colour transfer dan receiver, dan kertas NCR Bottom memiliki sifat colour receiver. Dengan teknologi ini, kita tidak perlu susah-susah menulis nota dengan bantuan kertas carbon. Jadi kita dibuat lebih efisien dalam menulis nota dengan kertas NCR ini.

6. Kertas Linen

Kertas Linen memiliki tekstur kasar bergaris (berpola vertikal dan horizontal saling tertumpuk) dan tidak mengkilat. Tebal dari kertas linen ini kisaran 150 gram. Dan hanya terdiri 1 warna yaitu warna putih. Mungkin ada yang lain tetapi sangat sulit didapatkan.

Fungsi kegunaan dari kertas linen ini adalah untuk mencetak sertifikat. Selain itu juga cocok untuk media cetak undangan, isi raport, kartu ucapan, dan kartu nama. Kelebihan dari kertas ini yaitu pola tekstur yang dimilikinya, menjadi daya seni tersendiri terutama untuk media cetak sertifikat.

Baca juga : Download Desain Template Sertifikat Format CDR

7. Kertas Concorde

Kertas Concorde juga memilik tekstur kasar bergaris, tetapi garis yang dimiliki kertas concorde tidak beraturan, sehingga lebih terlihat abstrak. Tebal dari kertas concorde sama dengan linen yaitu 150 gram. Dan pada umumnya kertas ini terdiri dari warna putih saja. Ada juga yang berwarna lain, tetapi sulit untuk didapatkan karena jarang dicari sehingga jarang diproduksi.

Fungsi kegunaan kertas concorde yaitu untuk cetak isi raport, sertifikat, undangan dan kartu ucapan, karena hampir mirip dengan kertas linen.

8. Kertas Ivory

Kertas ivory hampir mirip dengan kertas art carton. Bedanya hanya di 1 sisinya kasar, beda dengan kertas art carton yang memiliki 2 sisi halus semua. Dan dari ketebalan kertas ivory minimal 210 gram dan tebal maksimal 310 gram.

Fungsi kegunaannya yaitu untuk cetak sertifikat, cover segala buku, kartu nama, box makanan dan lain-lain.

9. Kertas Duplex

Kertas Duplex memiliki tekstur 2 sisi yang berbeda, satunya halus dan satunya kasar berwarna gelap. Meski duplex memiliki minimal ketebalan 210 gram. Tetapi struktur kertas ini sangat kuat, jadi sangat cocok untuk dijadikan dus makanan atau box makanan. Dengan sisi halusnya yang dijadikan media cetaknya.

10. Kertas Stiker

Berbeda dengan jenis kertas lainnya, kertas stiker ini memiliki sifat merekat disisi sebelahnya, dan sisi satunya untuk media cetak. Stiker memang memiliki fungsi kegunaan untuk direkatkan ke media tertentu seperti wadah plastik, plastik, motor, mobil, kaca dan lain-lain dengan tujuan untuk branding sebuah produk. Jenis dari stiker ini juga bermacam-macam, anda bisa membacanya di jenis-jenis stiker di percetakan.

Penutup

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang jenis-jenis kertas di percetakan yang sering kita jumpai, semoga apa yang dapat saya sampaikan disini bermanfaat untuk kita semua. Wassalamu’alaikum..

Gambar Gravatar
Seorang Guru, Desainer Grafis, dan Pemilik Home Industry Digital Printing di Solo. Berusaha memberikan informasi yang berbobot, menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *