Jenis-Jenis Bahan Stiker Percetakan

0
147

Jenis-Jenis Bahan Stiker Percetakan – Stiker adalah bahan yang terbuat dari kertas atau plastik, mempunyai perekat di sisi belakang untuk ditempel di sebuah media berbahan padat seperti kaca, tembok, kayu dan lain-lain bahkan bisa media bergerak seperti motor, mobil dan lain-lain. Stiker diminati banyak orang karena dapat digunakan untuk media promosi dan branding sebuah usaha.

Baca Juga : Jenis Mesin Cetak Offset

Karena nantinya akan ditempelkan di macam-macam media, jenis stiker juga beragam. Dari segi jenis umumnya, stiker dibagi menjadi 2 macam. Yaitu stiker indoor dan stiker outdoor. Stiker indoor adalah bahan stiker yang dikhususkan ditempel di dalam ruangan (tidak terkena air, sinar matahari, dan goresan). Karena karakter jenis stiker indoor ini mudah sobek dan daya rekat yang minimal. Berikut jenis stiker indoor yang biasa digunakan di percetakan :

Jenis Bahan Stiker Percetakan Khusus Indoor

Jenis Bahan Stiker Mirror

Sifat dari bahan stiker mirror mudah robek karena terbuat dari bahan kertas, teksturnya stiker licin, memiliki ketebalan 150 grm dan daya rekat juga minimal. Jenis stiker ini cocok untuk ditempelkan di media indoor yang terhindar dari air hujan maupun panas sinar matahari. Walau kadang jika terkena sinar matahari masih dapat bertahan asal jangan di sobek manual.

Jenis Bahan Stiker HVS

Sama dengan stiker mirror, stiker HVS ini terbuat dari bahan kertas akan tetapi yang menjadi perbedaan yaitu teksturnya. Tekstur dari stiker HVS ini kasar seperti HVS. Dan memiliki ketebalan 80 grm saja. Tidak tahan air seperti stiker mirror. Jadi cocok untuk ditempel di media indoor.

Baca Juga : Macam-macam Alat Percetakan

Itulah jenis bahan stiker yang khusus untuk ditempelkan di media indoor. Seperti yang kita bahas sebelumnya diatas, ada pula jenis stiker yang cocok untuk ditempelkan di media outdoor. Karakter jenis stiker ini tahan terhadap air, panas sinar matahari dan tidak mudah luntur.

Jenis Bahan Stiker Percetakan Khusus Outdoor

Jenis Bahan Stiker Vinyl

Jenis dari bahan stiker vinyl terbuat dari plastik, mempunyai tekstur licin mengkilat, dan daya rekat yang kuat. Tinta yang digunakan untuk print media stiker vinyl juga khusus sehingga tahan terhadap air dan panas matahari. Stiker vinyl cocok untuk ditempel di media outdoor.

Jenis bahan stiker vinyl terdapat macam-macam juga. Berikut jenis stiker vinyl yang memiliki fungsi tersendiri:

Stiker Orajet/Ritrama/Phoenix

Ketiga jenis stiker ini kualitasnya sama. Yang membedakan hanyalah merk saja. Kalau merk terkenal adalah orajet atau ritrama. Bahan stiker ini cocok sekali digunakan pada kontruksi bidang yang datar seperti kaca, akrilik, triplek dan sebagainya. Bahkan stiker ini cocok untuk ditempel di mobil maupun motor. Jika untuk kaca kurang cocok karena stiker ini tidak tembus pandang.

Stiker Transparan

Stiker transparan memiliki media transparan. Bahan stiker transparan terbuat dari plastik yang tidak mudah robek, licin dan menggunakan tinta khusus jadi tidak mudah luntur. Sangat cocok untuk ditempelkan di media kaca ruangan, kaca mobil dan lain-lain.

Stiker China

Sama seperti Bahan stiker diatas, Bahan Stiker China juga bisa digunakan secara maksimal pada kontruksi bidang yang datar seperti kaca, arcylik, triplek dan sebagainya. Bagi yang ingin menempelkan stiker sebagai bahan iklan, bahan ini juga cocok untuk iklan didalam ruangan maupun diluar ruangan dengan sentuhan finishing, seperti Laminating DoffGlossy dan Floor Graphic agar terlihat lebih sempurna. Pada umumnya bahan ini tidak hanya tersedia untuk digital printing tapi bahan ini juga tersedia untuk cutting stiker.

Stiker One Way Vision

Stiker one way memiliki tekstur berlubang. Sifat dari stiker one way adalah gambar stiker terlihat dari luar ruangan tetapi jika kita yang terdapat didalam ruangan, kita bisa melihat keluar ruangan.

Stiker one way umumnya digunakan untuk kaca mobil bagian belakang maupun kaca ruangan. Sangat cocok untuk keperluan advertising dan branding produk kita. Stiker ini aman jika dipakai di kaca belakang mobil, karena sifatnya masih bisa melihat keluar ruangan (tembus).

Itulah beberapa jenis bahan stiker yang dapat digunakan untuk keperluan pencetakan. Semoga dengan pembahasan Jenis-Jenis Bahan Stiker Percetakan ini dapat membantu kita menentukan bahan stiker yang sesuai dengan kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here