HOME
Home » Pendidikan » Psikologi » Formulasi Afirmasi Efektif Yang Dapat Mengubah Kehidupan Anda

Formulasi Afirmasi Efektif Yang Dapat Mengubah Kehidupan Anda

Posted at Maret 25th, 2019 | Categorised in Pendidikan, Psikologi

Pengertian Afirmasi

Formulasi Afirmasi Efektif Yang Dapat Mengubah Kehidupan Anda – Afirmasi sangat populer digunakan sebagai alat untuk memprogram ulang pikiran kita. Afirmasi adalah kalimat yang kita pilih secara khusus untuk dibaca berulang-ulang agar dapat memengaruhi pikiran kita. Dengan demikian diharapkan akan terjadi perubahan positif pada diri kita.

Selama ini mungkin kita jarang memerhatikan pilihan kata yang digunakan saat berkomunikasi. Setiap kali pikiran muncul dalam benak, kita langsung bicara tanpa memerhatikan dengan saksama pilihan kata yang kita gunakan.

Kita perlu berhati-hati dalam memilih kata-kata. Setiap kata mempunyai kekuatan dalam memprogram pikiran kita. Kata yang kita gunakan, suka atau tidak, sebenarnya adalah afirmasi yang dahsyat efeknya. Kata yang kita gunakan, secara sadar atau tidak, memengaruhi level dan kualitas berpikir kita.

Sekarang anda akan belajar bagaimana menggunakan kekuatan kata-kata untuk kepentingan kita. Formulasi positif adalah seni yang memiliki aturan tertentu. Afirmasi yang ideal harus memenuhi sejumlah karakteristik dan persyaratan tertentu.

Formulasi Afirmasi Efektif Yang Dapat Mengubah Kehidupan Anda

1. Formulasikan Afirmasi Anda Sepositif Mungkin

afirmasi positif

Agar afirmasi dapat bekerja, dan terutama untuk mencegah efek yang berlawanan dengan yang kita harapkan, afirmasi harus mengekspresikan apa yang ingin kita capai, dan bukan apa yang ingin kita hindari.

Tegaskan apa yang anda inginkan, bukan apa yang tidak anda inginkan. Nyatakan afirmasi anda dalam kalimat positif. Pikiran bawah sadar berpikir dalam bentuk gambar. Hal itu berarti bahwa pernyataan: “Jangan membanting pintu”. Apa yang kita pikirkan ketika mendengar kata, “Jangan membayangkan seekor gajah!” Benar, justru gambar gajahlah yang terbayang dalam benak anda, bukan?

Jadi, jangan mengatakan, “Saya tidak ingin mengalami masalah keuangan lagi.” Anda harus membuat penegasan seperti, “Kondisi keuangan saya semakin meningkat dari hari ke hari.” Jangan menggunakan afirmasi secara negatif, “Saya tidak akan bangun terlambat lagi.” Anda harus menyusun afirmasi yang berorientasi sasaran, “Saya dapat bangun pagi dan merasa segar.”

2. Gunakan Keterangan Waktu Sekarang

gunakan waktu sekarang

Gambarkan apa yang anda inginkan seolah anda sudah memperolehnya, seolah hal itu sudah tercapai. Beberapa ahli menyarankan afirmasi anda dibuat dalam kalimat present tense. Jangan mengatakan sesuatu seperti, “Saya akan menemukan pekerjaan yang baik.” Lebih baik mengatakan, “Saya sekarang memiliki pekerjaan yang baik.” Masalahnya adalah jenis formulasi present tense sering kali menimbulkan konflik mental yang dapat menyabotase keberhasilan kita. Jika anda menegaskan bahwa anda kaya sedangkan sesungguhnya anda sedang berada pada kondisi miskin, atau anda menegaskan bahwa tubuh anda ramping, sedangkah sesungguhnya anda kegemukan. Pikiran sadar anda akan berhadapan dengan kontradiksi yang tak terhindarkan. Dengan demikian, bawah sadar cenderung akan menolak afirmasi tersebut sehingga menjadi tidak efektif. Untuk mengatasinya gunakanlah formula ketiga dibawah ini.

3. Susun Afirmasi Dalam Cara Yang Progresif

progresif

Hal ini akan menghindari terbentuknya konflik dalam pikiran bawah sadar anda. Jadi, gunakanlah kata kerja yang mengekspresikan konsep kemajuan. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Penjualan saya semakin meningkat hari demi hari.
  • Saya semakin ramping dari hari ke hari.
  • Saya menjadi semakin positif dalam hubungan saya dengan orang lain.
  • Produktivitas saya semakin meningkat dari hari ke hari. Saya merasa pekerjaan saya semakin memuaskan.

Cara lain untuk menghindari masalah tenses dalam formulasinya dan masih bisa memberikan hasil yang memuaskan adalah dengan tidak menggunakan kata kerja sama sekali. Banyak orang telah menyaksikan kemajuan spektakuler di dalam situasi keuangannya setelah mengulang frasa.

“Kesuksesan – Kekayaan”

Dua kata “ajaib” itu sangat sederhana, tidak menimbulkan konflik, dan dapat diterapkan dalam hampir semua aspek kehidupan, dalam hubungan kita, dalam karier, dan sebagainya. Dan tentunya kekayaan tidak hanya terbatas dengan hal materi, melainkan juga spiritual, artistik, atau emosional.

Baca Juga : Cara Mewujudkan Kesejahteraan Para Penyandang Disabilitas

Jadi mulai hari ini biasakan untuk mengulang dua kata sederhana itu. Kata-kata itu dapat memberi pengaruh yang sangat kuat untuk segala macam masalah. Anda juga dapat menggunakan pasangan kata lain, tergantung pada kebutuhan anda:

KETENANGAN-KEDAMAIAN

PERCAYA DIRI-KEKUATAN

KESEHATAN-ENERGI

ANTUSIASME-SUKACITA

KARISMA-DAYA TARIK

4. Buatlah Formulasi Yang Singkat dan Jelas

singkat dan jelas

Formulasi yang terlalu panjang biasanya kurang menimbulkan kesan bagi bawah sadar anda sehingga menjadi tidak efektif. Formulir yang terbaik harus singkat dan jelas sehingga mudah diingat. Gunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dimengerti.

5. Gunakan Kata “Orang Pertama” Sebagai Subjek

orang pertama

Kata saya adalah kata yang paling ampuh untuk memengaruhi pikiran bawah sadar. Setiap kalimat yang dimulai dengan kata saya akan ditafsirkan sebagai sebuah perintah-sebuah petunjuk untuk mewujudkannya.

Berikut adalah contoh-contoh afirmasi yang efektif:

  • Setiap hari dalam segala aspek, saya menjadi semakin baik, baik, dan baik.
  • Hari demi hari, dalam segala aspek, saya menjadi semakin kuat dan semakin percaya diri.
  • Kepribadian saya menjadi semakin menarik. Saya mampu memengaruhi orang-orang yang ada di sekitar saya.
  • Kesehatan saya semakin baik dari hari ke hari. Saya semakin memancarkan kesehatan. Saya bernapaskan keselarasan, kekuatan, dan kesehatan
  • Setiap uang yang saya keluarkan akan kembali kepada diri saya, dengan berlipat-lipat ganda.
  • Setiap hari saya semakin banyak menghasilkan yang dengan cara yang mudah dan waktu kerja yang fleksibel.

Tindakan anda di luar selalu konsisten dengan cara anda diprogramkan di dalam. Dengan afirmasi positif, anda mengaktifkan satu lagi faktor keberuntungan, dan anda dapat mengendalikan pemrograman anda sendiri dengan pernyataan tentang kekayaan dan kesuksesan yang anda ulangi terus-menerus.

No comment for Formulasi Afirmasi Efektif Yang Dapat Mengubah Kehidupan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Formulasi Afirmasi Efektif Yang Dapat Mengubah Kehidupan Anda

Jadwal Masuk Sekolah Dari Kemendikbud Sudah Keluar, Berikut Panduan Pelaksanaannya

Posted at 25 Mei 2020

Sudah beberapa bulan terakhir pelajar se Tanah Air diliburkan dari aktivitas belajar mengajar di sekolah. Sudah ada titik terang kapan peserta didik akan masuk... Read More

kalender pendidikan 2019 2020

Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020

Posted at 30 Juni 2019

Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2019/2020 – Dengan akan berakhirnya tahun ajaran 2018/2019, maka perlu dibentuk rencana akademik maupun non akademik satuan edukasi (sekolah)... Read More

latihan kecepatan

Macam-Macam Bentuk Latihan Kecepatan Serta Cara Melakukannya

Posted at 29 Juni 2019

Macam-Macam Bentuk Latihan Kecepatan Serta Cara Melakukannya – Menjaga tubuh untuk tetap sehat adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Salah satunya... Read More

keterampilan yang harus dimiliki seorang suami

Keterampilan Yang Harus Dimiliki Seorang Suami

Posted at 10 April 2019

Keterampilan Yang Harus Dimiliki Seorang Suami – Menjadi suami adalah peristiwa besar bagi seorang laki-laki. Dia menjadi suami bukan semata-mata karena sudah menjalani pernikahan... Read More

pengertian akreditasi

Pengertian Akreditasi dan Mengapa Akreditasi itu Penting?

Posted at 21 Februari 2019

Akreditasi memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir semua sekolah maupun kampus menyertakan status akreditasinya. Akreditasi sangat berpengaruh untuk branding sekolah tersebut. Bahkan... Read More