Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui WiFi atau LAN

0
61
Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui WiFi atau LAN

Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui WiFi atau LANPrinter merupakan alat keluaran (output) yang dapat mencetak file atau dokumen dari komputer menjadi bentuk hard file. Sementara itu, kita butuh koneksi antara komputer dengan printer tersebut.

Ada 2 cara yang saya gunakan disini. Pertama manual menggunakan kabel, kedua menggunakan jaringan wireless atau wifi. Lantas bagaimana langkah-langkah menggunakan cara kedua yaitu menggunakan jaringan wireless atau wifi? Yaitu dengan cara sharing printer ke komputer lain.

Baca Juga : Jenis-Jenis Mesin Cetak Offset

Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui Jaringan Wireless atau Kabel LAN

Yang dimaksud disini yaitu kita menghubungkan printer dengan komputer tanpa melalui kabel atau sering disebut nirkabel. Kita memanfaatkan kabel LAN yang terhubung dengan internet atau jaringan wireless. Cara yang digunakan kali ini simpel nya adalah ada 1 komputer yang dijadikan server, kemudian komputer lain menjadi klien.

Jadi kita cukup menghubungkan kabel printer dengan komputer server, lalu driver printer yang sudah terinstall akan kita bagikan ke klien kita (sharing). Sehingga tidak perlu mencabut kabel 1 dengan yang lain yang terlihat ribet. Maka dari itu mari kita simak bersama-sama disini.

Baca Juga : Macam-Macam Alat Percetakan

Peralatan yang dibutuhkan untuk Sharing Printer ke Komputer lain

Peralatan yang dibutuhkan adalah 1 pc untuk server, 1 master printer (disini saya akan menggunakan printer Epson L310), kabel LAN untuk menghubungkan ke jaringan internet ke pc (jika menggunakan laptop, cukup koneksikan ke jaringan WiFi), 1 printer (Epson L310), pc untuk klien (jumlahnya bebas).

Untuk server, saya anjurkan menggunakan PC atau komputer daripada Laptop. Tentunya banyak kelebihan jika sharing printer menggunakan PC atau komputer ini.

Untuk spesifikasi komputer tidak terlalu bagus tidak mengapa, tetapi tidak terlalu rendah juga. Yang penting tidak sering lag. Baik itulah beberapa peralatan yang dibutuhkan, langsung saja kita ke tutorial inti.

Baca Juga :

Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui Jaringan Wireless atau Kabel LAN

Mengaktifkan Sharing Mode pada Printer

Pengaktifan Sharing Mode pada Printer ini berlaku pada printer server saja. Kalau printer klien cukup mengatur sharing option saja. Nanti akan dibahas berikut ini.

Kita cari device and printer di search bar, jika tidak ada bisa ketik printer saja, lalu pilih printer and scanner.

Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui WiFi atau LAN 1

Intinya pada gambar diatas adalah kita mencari printer utama yang ingin di sharingkan ke komputer lain. Seperti gambar dibawah, saya memilih printer Epson L310, lalu pilih manage.

Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui WiFi atau LAN 2

Kemudian kita pilih printer properties.

Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui WiFi atau LAN 3

Lalu kita masuk ke bagian bawah berikut, pilih menu sharing – checklist “share this printer” – klik ok

Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui WiFi atau LAN 4

Pengaturan Sharing Option Menjadi On (Password Off)

Langkah selanjutnya yaitu kita ubah peraturan network and sharing center, kita bisa langsung ke control panel (search di search bar windows jika kesulitan menemukan control panel) – pilih network and internet – pilih network and sharing center, pada bagian ini, kita pilih change advanced sharing settings

network and sharing center

Setelah itu kita akan disuguhkan beberapa pilihan yang harus di checklist dan unchecklist. Disini kita pilih on semua pada peraturan yang ada, baik private, guest or public maupun all network. Kecuali pada bagian password kita off kan.

turn on semua kecuali password

Mengkoneksikan Komputer Klien Ke Printer Sharing

Untuk pengaturan komputer server dan klien sudah selesai, sekarang kita bisa melihat status sharing printernya di bagian windows explore – pilih network.

hasil printer sudah sharing

Pada gambar diatas adalah komputer yang saya jadikan server, terdapat printer yang sudah di sharing. Selanjutnya, komputer klien cukup membuka sama seperti hal nya gambar diatas, yaitu masuk windows explore – pilih network – pilih komputer server – pilih printer lalu klik kanan pada printer tersebut, pilih connect

connect-printer

Jika masih ada kegagalan, pada komputer klien harus install driver printer tersebut secara manual dahulu.

Jika sudah, silakan diulangi seperti gambar diatas.

Penutup

Cara diatas bisa lancar digunakan jika ada jaringan internet yang kuat, jika jaringan internet sedang lambat, kemungkinan data akan lebih lambat juga untuk ditransfer dari komputer klient ke komputer server.

Demikian yang dapat saya sampaikan dalah artikel Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui WiFi atau LAN, jika ada kendala, jangan sungkan untuk meninggalkan jejak komentar dibawah ini. Semoga berhasil dan bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here