Cara Mudah Setting CloudFlare di WordPress

0
76
cara mudah setting cloudflare di wordpress

Memastikan website dapat diakses dengan cepat adalah salah satu hal yang penting dalam pengembangan website. Kecepatan loading website ikut menentukan ranking di search engine. Banyak cara agar dapat mempercepat website, misalnya menggunakan plugin caching di wordpress, optimasi image, atau menggunakan Content Delivery Network (CDN). Menurut saya, Content Delivery Nerwork (CDN) lah yang paling efektif. Untuk memasangnya pada website, ada beberapa pilihan cara. Pertama bisa lewat cpanel, kedua bisa lewat website cloudflarenya.

Pada tutorial kali ini, saya akan memberikan ulasan tentang cara setting CloudFlare untuk website, baik menggunkan plugin atau tanpa menggunakan plugin.

Yang anda butuhkan apa saja?

Sebelum melanjutkan langkah berikut, anda wajib memiliki kedua akses ini:

  • Kontrol Panel domain (Pilihan A dan Pilihan B)
  • Cpanel hosting (Pilihan A)

Kali ini saya akan menggunakan cPanel hosting di niagahoster. Ada dua cara setting CloudFlare disini, pilihan A dan pilihan B. Anda dapat memilih cara yang mana saja. Apabila anda menggunakan Niagahoster, disarankan menggunakan pilihan A. Jika menggunakan layanan lain atau VPS dapat mencoba pilihan B. Kita lanjut tutorial pilihan A dulu ya..

Baca Juga : Cara Manual Install WordPress di cPanel

Pilihan A – Cara Setting CloudFlare di cPanel Niagahoster

cPanel niagahoster sudah terintegrasi dengan CloudFlare. Jadi cara setting cloudflare di layanan niagahoster cukup mudah, mungkin saya kira anda bisa lakukan sendiri. Pertama, silakan login ke cPanel hosting anda di niagahoster (untuk link cPanel namadomain.com/cpanel). Setelah berhasil login di cpanel, silakan cari menu CloudFlare, lihat gambar berikut:

cara setting cloudflare

Selanjutnya, login menggunakan akun CloudFlare anda jika sudah terdaftar, jika belum terdaftar silakan register terlebih dahulu. Setelah anda berhasil login di akun CloudFlare, silakan klik menu DOMAIN, pilih FULL ZONE SETUP, lihat gambar berikut:

Tunggu sebentar, nameserver dari CloudFlare akan segera tampil. Nameserver tersebut nantinya akan dimasukkan di pengaturan nameserver domain panel anda.

setting akun cloudflare

Langkah selanjutnya silakan masuk ke domain panel anda, kemudian silakan update nameserver lama menggunakan nameserver yang diberikan CloudFlare. Berikut saya menggunakan domain panel milik niagahoster.

domain panel niagahoster

Langkah ini adalah selesainya proses setting DNS CloudFlare pada website anda. Silakan tunggu maksimal 3×24 jam untuk proses pointing sepenuhnya. Pada proses ini tidak akan membuat website anda menjadi down. Nah, itu cara pilihan A. Lalu tutorial dibawah ini lanjut menggunakan cara pilihan B.

Pilihan B – Cara Setting CloudFlare Secara Umum

Langkah 1 : Membuat akun CloudFlare

Buka website CloudFlare dan klik tombol Sign Up untuk membuat akun CloudFlare. Silakan isi semua yang diperlukan lalu kik create account.

cara daftar cloudflare

Jika sudah mempunyai akun CloudFlare, silakan lewati saja langkah ini.

Langkah 2: Menambahkan Nama Domain di CloudFlare

Setelah anda mempunyai akun CloudFlare, anda akan diminta menambahkan domain dari website anda. Silakan masukkan nama domain dan klik Scan DNS Record.

tambah domain di cloudflare

Umumnya hal ini memerlukan beberapa menit sampai proses selesai.

Langkah 3: Mengecek DNS Record untuk Nama Domain Anda di CloudFlare

Setelah proses scan selesai, anda akan melihat detal DNS dari domain anda. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan CloudFlare untuk subdomain yang dimiliki. CloudFlare yang berstatus aktif memiliki logo awan berwarna oranye, sedangkan jika berwarna abu-abu itu berstatus non aktif.

dns record di cloudflare

Disarankan untuk mengaktifkan CloudFlare untuk nama domain dan www seperti yang terlihat pada gambar di atas. Cara ini menjadikan CloudFlare dapat berjalan dengan baik itu pada domain dengan www atau tanpa www. Ketika sudah selesai, klik tombol Continue untuk melanjutkan proses berikutnya.

Catatan: Mengaktifkan CloudFlare untuk cPanel, email, ftp atau sistem lainnya TIDAK DISARANKAN YA, karena dapat menyebabkan berbagai masalah DNS

Langkah 4: Menghubungkan Nama Domain Anda ke Nameserver CloudFlare

Pada langkah ini, anda akan memilih pilihan mengenai CloudFlare Plan. Silakan anda pilih yang versi gratis dan klik continue.

Sekarang anda akan mendapatkan nameserver dari CloudFlare. Silakan login ke panel domain anda, untuk melakukan update nameserver sesuai dengan nameserver yang didapatkan dari CloudFlare.

menambahkan nameserver cloudflare

Lalu klik Continue.

Catatan : Hal ini umumnya memerlukan waktu maksimal 3×24 jam untuk proses propagasi secara penuh. Ketika nameserver sudah berhasil diupdate, anda akan menerima konfirmasi email dari CloudFlare. Anda bisa juga mengecek status melalui website CloudFlare. Website anda tidak akan mengalami downtime selama proses propagasi ini.

status domain di cludflare

Langkah 5: Cara Setting CloudFlare dengan menginstal dan mengkonfigurasi plugin CloudFlare di WordPress (opsional)

Jika anda menggunakan WordPress, anda dapat menginstall plugin CloudFlare untuk memudahkan pengaturan fitur CloudFlare di dashboard admin. CloudFlare memiliki plugin yang cukup bagus untuk WordPress, dengan fitu yang cukup mudah digunakan seperti:

  • Optimasi WordPress dalam satu klik
  • Aturan Web Aplication Firewall
  • Membersihkan cache otomatis
  • Statistik
  • Kemampuan mengubah settingan CloudFlare tanpa harus masuk ke dashboard CloudFlare

Tetapi untuk cara ini hanya opsional saja. Karena menggunakan plugin ini anda perlu memasukan email dan API Key, mengingat sekarang API key tidak bisa didapatkan secara gratis.

CloudFlare adalah cara terbaik untuk mempercepat website dan melakukan proteksi ketika terjadi serangan DDoS. Cara setting CloudFlare ini sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu memperhatikan secara seksama langkah-langkah pengaturan yang akan diambil.

Jika pernah memiliki pengalaman menginstal CloudFlare, atau ingin sekedar bertanya-tanya, anda bisa menyampaikannya pada kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel Cara Mudah Setting CloudFlare di WordPress bermanfaat, terimakasih.

Artikel ini bersumber dari Niagahoster Blog

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here