Cara Scan Barcode Dan QR Code Menggunakan HP Android

0
73
cara scan barcode menggunakan hp android

Cara Scan Barcode dan QR Code Menggunakan HP Android – Semakin canggihnya teknologi jaman sekarang ini, seringkali kita dijumpai suatu produk dengan menggunakan barcode maupun kode QR. Seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya tentang barcode dengan QR code di artikel Perbedaan Barcode dan QR Code.

Di dalam artikel Perbedaan Barcode dan QR Code sudah dijelaskan kalau keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu menyimpan suatu data. Jika kita menyecan salah satu kode batang (barcode) atau kode QR (QR code), kita akan dimunculkan sesuatu sesuai dengan pembuatnya, salah satu contohnya yaitu alamat lokasi di google maps.

Tetapi masih banyak orang yang awam, bagaimana cara scan barcode menggunakan hp android, maupun scan QR code menggunakan hp android. Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara scan barcode maupun QR code tersebut di android.

Ada 2 cara yang dapat saya sampaikan disini, menggunakan aplikasi QR dan Barcode Scanner dan Aplikasi pemindai bawaan yang ada di smartphone anda. Pasti anda belum tau kan kalau di smartphone anda ada aplikasi pemindai barcode ataupun QR code? Baik mari kita simak bersama-sama disini.

Cara Scan Barcode Dan QR Code Menggunakan HP Android

Baca Juga : Cara Membuat Barcode atau QR Code Lokasi Google Maps

Cara Scan Barcode Menggunakan HP Android dengan Aplikasi QR & Barcode Scanner

cara scan barcode menggunakan hp

Pertama, silakan install aplikasi QR dan Barcode Scanner disini.

Sebenarnya anda bisa menggunakan aplikasi lain selain aplikasi tersebut, tergantung keinginan dan kenyamanan anda. Kalau saya lebih menyukai aplikasi yang saya sarankan diatas.

QR & Barcode Scanner adalah pemindai QR / barcode tercepat di antara aplikasi sejenisnya. QR & Barcode Scanner adalah aplikasi penting untuk setiap perangkat Android.

QR & Barcode Scanner / pembaca kode QR sangat mudah digunakan; cukup arahkan ke QR atau barcode yang ingin Anda pindai dan aplikasi akan secara otomatis mendeteksi dan memindai itu. Tidak perlu menekan tombol apa pun, cukup otomatis mengambil foto atau menyesuaikan zoom.

QR & Barcode Scanner dapat memindai dan membaca semua jenis QR / barcode termasuk teks, url, ISBN, produk, kontak, kalender, email, lokasi, Wi-Fi dan banyak format lainnya. Setelah pemindaian dan pengguna decoding otomatis hanya disediakan dengan opsi yang relevan untuk masing-masing jenis QR atau Barcode dan dapat mengambil tindakan yang sesuai. Anda bahkan dapat menggunakan QR & Barcode Scanner untuk memindai kupon / kode kupon untuk menerima diskon.

Anda juga bisa memintai barcode produk dengan QR & Barcode Scanner di toko-toko dan membandingkan harga. Aplikasi QR & Barcode Scanner adalah satu-satunya pembaca kode QR / pemindai barcode yang cocok untuk kebutuhan anda.

Cara Scan Barcode Menggunakan HP Android dengan Aplikasi Bawaan

Cara kedua yaitu menggunakan aplikasi bawaan. Jika anda menggunakan smartphone Xiaomi 4A, 5A dan series diatasnya, anda bisa cek di folder Alat – Pemindai/Scanner, tergantung anda memakai bahasa indonesia atau inggris.

cara scan barcode menggunakan hp android bawaan

Caranya hampir sama dengan cara pertama menggunakan aplikasi pihak ketiga diatas. Cukup mengarahkan pemindai ke kode batang (barcode) atau QR Code (kode QR) nanti setelah itu akan muncul sesuatu sesuai dengan pembuatnya.

Penutup

Demikian tutorial yang dapat saya sampaikan kepada anda, semoga cukup jelas dan jika ada pertanyaan seputar ini, anda bisa tinggalkan jejak komentar dibawah ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here