HOME
Home » SEO » Tips » YouTubte » Cara Optimasi Channel YouTube agar banyak Viewers dan Subscriber dengan Mudah

Cara Optimasi Channel YouTube agar banyak Viewers dan Subscriber dengan Mudah

Posted at Juli 21st, 2020 | Categorised in SEO, Tips, YouTubte

Cara Optimasi Channel YouTube agar banyak Viewers dan Subscriber – YouTube adalah salah satu website yang sangat populer dijaman sekarang. YouTube adalah situs website berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs website ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.

cara optimasi channel youtube

YouTube menjadi situs kedua yang paling sering dikunjungi di dunia selain Google. Dikutip dari id.techinasia.com bahwa perlahan YouTube mulai menggantikan televisi. Dari 1500 responden yang mengikuti survey, mengatakan bahwa 57% mereka menonton tv setiap hari dan 53% menonton melalui kanal youtube setiap hari. Inilah sebab mengapa banyak brand saling berlomba untuk mengoptimalkan channel YouTube mereka sebagai media sarana promosi tambahan.

Manfaat YouTube Bagi Penggunanya

Selain menjadi media sarana promosi pemilik brand tertentu, tentunya ada banyak manfaat yang diberikan YouTube selain itu, yaitu :

  1. Memberikan Layanan Gratis
  2. Men-download (Unduh) Beberapa Video Tertentu
  3. Mengakses dan Berbagi Informasi seputar Hal-Hal Teknis
  4. Mengakses Video Streaming
  5. Mengenalkan dan Memasarkan Produk
  6. Mengakses Video Informatif
  7. Mendukung Industri Hiburan
  8. Menguatkan Branding Lembaga/Insititusi
  9. Mengetahui Respon dan Komentar Khalayak
  10. Memfasilitasi Pengguna Menguasai Skill Dasar Membuat Video

Dengan banyaknya manfaat diatas, tentunya banyak diantaranya para pemilik channel YouTube yang ingin video atau channel YouTubenya dikunjungi, ditonton dan diikuti oleh pengguna YouTube. Bukan hanya soal upload lalu terpublikasikan, tentu ada beberapa tips atau cara untuk mengoptimasikan channel anda agar konten video anda ada pada pencarian teratas. Apa saja yang harus Anda lakukan agar konten video anda mudah berada didalam pencarian teratas? Berikut Cara Optimasi Channel YouTube agar banyak Viewers dan Subscriber.

Cara Optimasi Channel YouTube agar banyak Viewers dan Subscriber

Gunakan Keyword yang Sesuai

Seperti halnya bermain blog, anda juga harus menggunakan keyword yang sesuai untuk konten video anda. Sebelum menggunakan keyword yang sesuai, anda harus mencari konten yang sering dicari oleh pengguna YouTube.

Ada banyak niche (dalam dunia blogging) atau lebih mudahnya kita sebut tema konten video yang digunakan para YouTuber. Ada konten pribadi (vloging), konten resep makanan, konten tutorial, konten pendidikan atau pelajaran dan masih banyak lagi. Anda bisa menggunakan bantuan Google Research Keyword Tools, lalu masukan keyword yang sesuai dengan konten video anda.

Dengan bantuan Google research keyword tools, anda dapat melihat keyword seperti apa yang sering di cari atau diketik para pengguna YouTube untuk mencari konten yang mereka inginkan. Semakin banyak volume keyword, disitulah dimana keyword konten tersebut sering dicari pengguna YouTube.

Optimasi Judul dan Deskripsi Konten Channel YouTube

Setelah anda menemukan kata kunci atau keyword yang tepat untuk konten video anda, anda juga harus mengoptimasi Judul dan Deskripsi konten anda dengan cara menaruh Kata kunci atau keyword tersebut pada Judul anda. Selain itu, anda juga harus menuliskan kata kunci tersebut di bagian kalimat pertama deskripsi konten.

Semakin banyak kata kunci yang anda tuliskan di deskripsi konten, maka semakin besar pula kesempatan konten video anda berada di tampilan pencarian teratas YouTube. Tentunya buatlah deskripsi dengan serelevan mungkin, jangan anda tulis deskripsi dengan kata kunci saja, karena mesin pencarian atau search engine YouTube menganggap hal tersebut sebuah deskripsi yang tidak relevan sehingga tidak bisa bersaing di peringkat atas pencarian search engine.

Maksimalkan Kualitas Video

Kualitas adalah hal yang paling penting agar pengguna betah menonton video Anda. Jika konsep video Anda sudah menarik namun tak kunjung memiliki banyak viewers, bisa jadi penyebabnya adalah karena kualitas video yang Anda unggah terlalu kecil sehingga gambar yang dihasilkan terlihat pecah-pecah.

Secara kualitas konsep usahakan video yang Anda tampilkan merupakan video original milik Anda. Hal tersebut juga membantu menjaga kredibilitas brand Anda sebagai brand yang terpercaya. Jangan lupa untuk menampilkan konten yang sesuai dengan persona brand Anda.

Buatlah Thumbnail Konten Semenarik Mungkin

Gunakan thumbnail atau video cover yang menarik agar mudah dibaca oleh para pencari video di Youtube. Anda juga bisa menggunakan bahasa ajakan atau yang membuat penasaran agar pengguna mau melirik video Anda. Hati-hati dalam membuat thumbnail, kata-kata yang digunakan sebagai cover harus sesuai dengan video yang Anda buat. Jangan sampai viewers merasa tertipu dan meninggalkan respon buruk pada video dan channel youtube Anda.

Gunakan Youtube Cards

Youtube memberikan fitur tambahan bagi channel yang mempunyai jam tontonan panjang yaitu Youtube Cards. Dimana Pemilik Channel video bisa menaruh link-link tertentu yang bisa di klik oleh penonton di atas video.

Pada umumnya, kalau Anda perhatikan beberapa channel Youtube yang sudah besar suka menaruh link video rekomendasi yang dianjurkan untuk dilihat selanjutnya, link untuk ajakan subscribe atau memberikan link untuk menuju ke toko online atau website.

Dalam video analytics yang disediakan, Youtuber bisa melihat di menit ke berapa banyak orang berhenti menonton. Karena Youtube lebih suka user untuk nonton lebih lama karena bisa menampilkan iklan, maka Anda bisa memanfaatkan cards ini di titik-titik tersebut agar user tetap nonton video anda lainnya.

Gunakan Fitur Playlist Video

Ketika video Anda sudah selesai ditonton, Youtube biasanya akan menampilkan daftar rekomendasi video yang bisa ditonton selanjutnya oleh user. Bisa jadi milik Anda sendiri, bisa juga dari channel lain. Untuk membuat user betah berlama-lama dengan konten video Anda, salah satunya adalah dengan membuat playlist video. Banyak orang yang tidak tahu bahwa ada cara untuk mentrigger playlist melalui link. Cara ini bisa dipadukan di Youtube cards atau menaruh linknya di deskripsi video.

Ajak Pengguna Meninggalkan Komentar di Konten Video Anda

Usahakan dalam video yang Anda produksi dapat mendorong pengguna agar meninggalkan komentar pada kolom komentar. Konten Anda harus memberikan efek impulsif kepada pengguna agar mereka sukarela meninggalkan komentar tanpa perlu anda minta. Dengan engagement yang tinggi pada video konten Anda, maka Youtube akan menganggap bahwa video Anda digemari dan perlahan di naikan untuk mencapai pencarian teratas.

Mengaktifkan Fitur Related Channel

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan channel Youtube adalah mematikan fitur “related channels” dimana berfungsi untuk menampilkan channel yang mirip dengan channel milik Anda.

Tentunya alasan yang paling banyak di dengar adalah tidak ingin channel milik kompetitor terlihat di kolom yang sama. Padahal dengan mematikan fitur ini, Anda juga dihilangkan dari rekomendasi Youtube di channel lain. Ini artinya Anda kehilangan efek network yang disediakan Youtube.

Masukan Tag Video dengan Kata Kunci

Ketika Anda mengunggah video Anda di youtube, ada kolom tag yang bisa Anda isi dengan kata-kata kunci. Hal ini akan membantu untuk mengoptimasi video ada pada algoritma pencarian video Youtube. Isilah kata kunci yang sesuai dengan konten video Anda agar viewers yang mengakses video Anda sesuai dengan target market Anda.

Sebarkan Channel Video ke Berbagai Media Sosial

Gunakan campaign menyeluruh dengan mengupload konten video youtube atau mencantumkan link video youtube Anda pada media sosial brand Anda. Dengan begitu akan membantu mempermudah penyebaran konten video Anda dan otomatis meningkatkan jumlah viewers pada channel youtube Anda.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly Bagi Pemula

Itulah beberapa tips yang perlu anda coba agar konten video dan channel YouTube anda banyak viewers dan subscriber. Dengan cara diatas, anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal daripada membeli viewers dan subscriber secara instan. Demikian tips yang dapat saya bagikan, jika ada masukan, kritikan yang membangun, silakan tinggalkan komentar anda dibawah ini. Selamat mencoba dan semoga sukses.

 

No comment for Cara Optimasi Channel YouTube agar banyak Viewers dan Subscriber dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Cara Optimasi Channel YouTube agar banyak Viewers dan Subscriber dengan Mudah

cara block illegal software corel draw

Cara Mengatasi CorelDRAW Tidak Bisa Save, Print, dan Lain-lain

Posted at 27 September 2019

Cara Mengatasi CorelDRAW Tidak Bisa Save, Print, dan Lain-lain – Assalamu’alaikum sahabat viankamaruddin.com. Kali ini saya ingin memberikan informasi menarik untuk kalian semua. Dan... Read More

cara menghasilkan uang dari blog

Anda Punya Blog? Berikut Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Posted at 9 September 2019

Cara Menghasilkan Uang dari Blog – Assalamu’alaikum sahabat viankamaruddin.com. Pada kesempatan pagi hari ini saya ingin memberikan informasi menarik kepada anda semua. Dan kali... Read More

content placement adalah

Apa Itu Content Placement?

Posted at 27 Agustus 2019

Apa itu Content Placement – Cara mendapatkan uang saat ini memang beragam di zaman milenial ini. Apalagi dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat... Read More

Kompor Gas Susah Nyala

Cara Mengatasi Kompor Gas Susah Nyala Setelah Ganti Tabung Gas

Posted at 18 Agustus 2019

Mengatasi Kompor Gas Susah Nyala – Kompor adalah salah satu peralatan rumah tangga yang sangat penting. Karena semua kegiatan masak-memasak menggunakan kompor ini. Dijaman... Read More

penyebab adsense dibanned oleh google

Hal Sepele Penyebab Akun AdSense Di Banned Oleh Google

Posted at 8 Agustus 2019

Hal Sepele Penyebab Akun AdSense Di Banned Oleh Google – Assalamu’alaikum sahabat viankamaruddin.com. Kembali lagi bersama saya disini yang akan memberikan informasi menarik kepada... Read More