Cara Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat Basi

0
53
Cara Menyimpan Makanan

Cara Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat BasiBahan pangan memang menjadi salah satu kebutuhan pokok kita sehari-hari selain sandang dan papan. Terutama bagi ibu rumah tangga, memasak memang menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di suatu keluarga.

Tetapi terlalu semangat memasak makanan juga tidak dianjurkan, karena menyebabkan kita kelebihan porsi makanan. Hal ini membuat kita berfikir, bagaimana cara menyimpan makanan tersebut agar tidak cepat basi.

Baca Juga : Tips Membuat Jus Agar Lebih Segar

Cara Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat Basi

Ada beberapa tips menyimpan makanan. Berikut tips agar makanan tidak cepat basi, ada 5 cara selain menyimpannya ke dalam kulkas atau lemari pendingin.

Cara Menyimpan Makanan Dalam Wadah Kedap Udara

Setelah makanan didinginkan sehabis memasak, kemudan simpan makanan dalam wadah yang kedap terhadap udara. Hal yang perlu diperhatikan, wadah harus bersih dan kualitasnya baik. Agar wadah tertutup rapat dan tidak mudah kemasukan udara.

Cara Menyimpan Makanan Dengan Memanaskan Makanan

Setelah kita mengambil makanan tersebut dan tidak ada yang mau mengambilnya lagi, panaskan dahulu makanan tersebut. Menghangatkan atau memanaskan makanan bisa menambah lama waktu ketahanan makanan tersebut sehingga tidak cepat basi.

Untuk makanan jenis sayur, panaskan makanan tersebut hingga mendidih. Dan untuk makanan yang berkuah kental, anda bisa menambahkan air sedikit dan hangatkan hingga mendidih.

Baca Juga : 9 Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan

Hindari Mengaduk-Aduk Makanan

Setelah makanan kita dipanaskan, entah cukup hangat atau sampai mendidih, jangan sampai setelahnya kita aduk makanan tersebut. Jika kita ingin mengambilnya untuk dimakan, lebih baik ambil di sisi pinggirnya, atau jika memang perlu mengaduknya, kita panaskan kembali makanan tersebut agar tidak cepat basi.

Jangan Tutup Rapat Makanan Dalam Keadaan Panas

Menutup rapat makanan setelah dipanaskan adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan. Pikir kita, setelah dipanaskan tidak akan diambil kembali dan segera ditutup agar tidak ada benda-benda yang tidak diinginkan masuk kedalam makanan tersebut.

Akan tetapi hal ini malah membuat uap tidak dapat keluar, sehingga mengendap ke atap tutup, dan akhirnya menetes ke dalam makanan. Sehingga dapat menyebabkan basi keesokan harinya. Oleh karena itu, jangan tutup rapat makanan dalam keadaan panas, biarkan panasnya menguap keluar dahulu, setelah itu baru ditutup rapat.

Baca Juga : Resep Makanan Untuk Sarapan: Sweet Potato and Kielbasa Skillet

Hindari Menyimpan Makanan Di Luar Ruangan

Makanan yang disimpan di luar ruangan lebih mudah terkontaminasi udara. Sehingga keesokan harinya bisa menjadi cepat basi. Baiknya, gunakan tudung saji jika kita ingin menaruh makanan di atas meja.

Simpan Makanan Ke Dalam Lemari Pendingin (Kulkas)

Cara terakhir adalah memasukan makanan ke dalam kulkas atau lemari pendingin. Selain dipanaskan, membekukan makanan juga sangat ampuh agar makanan tidak cepat basi. Jika hendak ingin di konsumsi kembali, hangatkan atau panaskan kembali makanan tersebut.

Penutup

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat Basi, semoga bermanfaat untuk kita semua!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here