cara menumbuhkan biji kurma dengan mudah

Cara Menumbuhkan Biji Kurma dengan Mudah

Diposting pada

Kurma adalah buah khas dari timur tengah yang sangat disukai oleh kalangan umat Islam. Menjelang bulan puasa, buah kurma ini sangat dicari dan diminati orang-orang Muslim untuk dijadikan menu buka puasa. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam juga menganjurkan untuk berbuka puasa dengan menu yang manis-manis terutama buah kurma. Tentunya dengan takaran yang secukupnya. Rasulullah menganjurkan memakan buah kurma dengan jumlah ganjil, yang terpenting jangan sampai makan sampai kenyang, karena termasuk berlebihan. Jumlah yang dianjurkan adalah 1, 3, 5, dan 7 buah.

Memanfaatkan Biji Kurma dengan Penyemaian

Selepas kita memakan buah kurma, jangan kalian buang bijinya. Biji kurma bisa kita manfaatkan lagi dengan cara menumbuhkannya menjadi sebuah pohon kurma. Senangnya jika kita mempunyai pohon kurma sendiri dirumah, apalagi sampai kita bisa membudidayakannya di Indonesia.

Baca Juga : Cara Menanam Pohon Bidara Arab (Cara Budidaya Pohon Bidara Arab)

Cara Menumbuhkan Biji Kurma dengan Mudah

Karena mendekati bulan puasa, kali ini saya akan membagikan tips cara menumbuhkan biji kurma dengan mudah. Dari cara penyemaian sampai penanaman. Berikut cara menumbuhkan biji kurma:

1. Bersihkan dahulu biji kurma dengan cara mencuci bersih dari sisa daging yang masih menempel, lalu jemur sampai benar-benar kering

2. Kemudian ambil air bersih, lalu rendam biji kurma tersebut selama 4-6 hari. Setiap hari air harus diganti dengan air baru.

3. Setelah 6 hari biji kurma siap disemai, siapkan 1 siung bawang merah, lalu giling, kemudian rendam seluruh biji kurma td dengan air yg dicampur bawang selama 1 jam.

4. Siapkan wadah tupperware atau baskom, kasih alas tisu yang sudah sedikit dibasahi air.

biji kurma di wadah

5. Susun biji kurma seperti gambar dibawah ini.

susun biji kurma

6. Tutup kemudian tempatkan ditempat yg tidak terkena sinar matahari selama 1 minggu, setelah itu biji kurma sudah berkecambah

kecambah kurma

7. Siapkan media tanam polybag dengan komposisi 1. Sekam,2. Kompos, 3. Tanah, lalu aduk. Masukan ke polybag.

penanaman biji kurma

8. Masukkan tunas kurma tersebut kedalam polybag dengan cara posisi ujung tunas yang dimasukkan kedalam tanah dahulu. Taruh polybag di tempat teduh.

biji kurma sudah tumbuh

Sekian informasi Cara Menumbuhkan Biji Kurma dengan Mudah dari saya, semoga anda bisa mempraktikkannya dirumah dan berhasil, selamat mencoba!

Gambar Gravatar
Seorang Guru, Desainer Grafis, dan Pemilik Home Industry Digital Printing di Solo. Berusaha memberikan informasi yang berbobot, menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *