Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Pemula

0
151
cara menulis artikel seo friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Pemula – Menulis artikel adalah salah satu syarat yang harus dilakukan oleh blogger. Terutama menulis artikel yang SEO Friendly. Yaitu artikel yang dapat diinterpretasikan oleh mesin pencari, terutama google. Maksudnya adalah artikel yang dianggap berkualitas oleh mesin pencari.

Terkadang kita menulis artikel yang sudah kita anggap bagus, tetapi belum dianggap bagus oleh mesin pencarian. Sehingga artikel tersebut tidak bisa bersaing di pagerank google terutama di page one.

Saya ada beberapa tips khusus untuk anda yang baru pemula di dunia blogging, agar dapat menulis artikel yang SEO friendly dan berkualitas.

Baca juga : Pengaruh Nama Domain untuk Bisnis terhadap SEO

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Pemula

Tentukan Judul Yang Artikel

tentukan judul artikel yang seo

Menentukan judul yang baik dan bagus untuk membuat sebuah artikel seo friendly tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan disini. Agar artikel kita dapat bersaing dengan artikel blog lain di mesin pencarian google, kita harus membuat judul artikel yang sekiranya banyak yang mencari.

Yaitu artikel yang bertemakan tutorial, contohnya berjudul “cara……”, “tips…..”, “tutorial….” atau artikel yang bertemakan definisi seperti “pengertian….”, “apa itu….” atau bisa juga artikel yang bertemakan pertanyaan, “bagaimana…”, “bisakah….” dan masih banyak contoh lainnya.

Lalu tips yang bagaimana agar dapat menentukan judul yang baik? Kita bisa menggunakan bantuan dari Keyword Everywhere.

tips menurlis artikel seo keyword everywhere

Apa itu keyword eveywhere? Keyword Everywhere adalah sebuah addons atau extension yang dapat dipasang di aplikasi browser PC anda. Saya menggunakannya di chrome, jika anda menggunakan mozilla firefox juga bisa. (bisa klik tautan tersebut untuk masuk ke addons/extension Keyword Everywhere).

Cara menggunakannya yaitu dengan anda menulis salah satu contoh judul misalkan bertemakan cara berternak lele, anda akan disuguhkan beberapa contoh judul artikel yang banyak diminati para pembaca. Pilihlah judul artikel yang volumenya banyak, tetapi persaingan dikit. Jadi judul tersebut banyak diketik oleh orang, tetapi sedikit yang memberikan informasi bertemakan itu.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan fasilitas dari neilpatel ubersugest. Disana terdapat jutaan keyword yang dapat anda aplikasikan menjadi judul yang tepat untuk penulisan artikel SEO Friendly anda.

Penggunaannya pun sama, anda harus menulis contoh judul artikel yang telah disediakan disana, pilih target negara, lalu anda akan disuguhkan beberapa referensi judul. Carilah yang volumenya banyak, tetapi persaingan dikit.

Mengapa begitu? Karena tips ini untuk pemula. Artinya domain kita masih berumur biji jagung, pasti jika dibandingan dengan web yang domainnya lebih tua, kita pasti akan kalah saing dengan mereka. Apalagi kita menggunakan teknis SEO manual seperti ini. Tetapi jika kita menargetkan ke persaingan dikit, dijamin pasti akan bisa bersaing di mesin pencarian.

Kita juga langsung bisa menentukan Keyword utama artikel kita pada saat penentuan judul artikel disini. Keyword atau kata kunci yang bagus dan baik adalah sesuai dengan judul dan slug artikel. Slug artikel adalah nama link artikel kita. Pada umumnya ditulis seperti ini, https://viankamaruddin.com/contoh-contoh-dan-contoh. Yang saya tandai garis tebal inilah yang dinamakan slug.

Gunakan Title Heading Tag H1, H2, H3, H4

gunakan title heading tag

Maksudnya adalah setiap kita menulis artikel, sertakan tag heading didalamnya, seperti subheading, minorheading jika dalam blogger. Kalau WordPress umumnya tertulis H2, H3, H4 dan lain sebagainya.

Penggunaan tag heading disini pada saat kita membahas ke topik selanjutnya. Contohnya saat kita menulis contoh judul “Template Blog Terbaik”, dibawahnya ada paragraf pertama, yang berisi kalimat utama kemudian dilanjut kalimat penjelas.

Setelah itu kita jelaskan lebih spesifik lagi di paragraf selanjutnya dengan bantuan tag heading, setelah kita tulis judul “Template blog terbaik” pada sebelum ke paragraf kedua, kita tulis tag heading “Apa itu template blog?”. Jika menggunakan blogger, kita ubah tipe paragraf menjadi subheading. Jika WordPress kita ubah menjadi H2.

Itu berlanjut sampai ke paragraf 3, 4 dan seterusnya yang membahas tentang topik selanjutnya. Jika anda masih bingung, anda bisa melihat struktur artikel yang saya buat disini. Ada menu daftar isi, dan daftar tersebut adalah tag heading yang saya buat.

Penulisan tag heading yang benar adalah ditulis sesuai keyword yang kita tembakan. Jika kita menargetkan keyword template blog, tiap heading juga berikatan dengan template blog. Tetapi jangan menulis keyword terlalu banyak. Hal ini akan dibahas di pembahasan dibawah.

Manfaatkan Meta Description Tag

gunakan meta description tag

Menulis meta description dengan kalimat utama, kemudian kalimat penjelas secara singkat dan menarik. Hal ini dapat menarik perhatian pengunjung untuk membuka artikel anda secara rinci.

Jangan Menulis Fokus Keyword di Artikel Terlalu Banyak

jangan gunakan banyak keyphrase

Menulis fokus keyword di tag heading memang bagus untuk SEO, akan tetapi kita tidak mungkin hanya menulis di tag heading saja. Di kalimat utama dan penjelas pasti akan ada keyword tersebut akhirnya menjadi overoptimize.

Ini tidak akan baik dimata mesin pencarian karena dianggap tidak relevan. Kegiatan seperti ini sering disebut Keyword Stuffing. Baca Selengkapnya tentang Pengertian Keyword Stuffing

Tulislah secukupnya saja sesuai jumlah kata. Jika kita menulis sebanyak 300 kata, maksimal tulis fokus keyword di artikel 5 atau 6 saja. Jika sampai 1000 kata, kita tulis maksimal 6 keyword.

Optimasi Gambar Artikel

optimasi gambarcara menulis artikel seo friendly

Kita tidak hanya menjelaskan dalam bentuk tulisan saja. Tetapi kita juga menyertakan setidaknya dalam bentuk gambar. Caranya mudah saja, yaitu dengan menulis keyword artikel dalam teks alt gambar. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri dalam persaingan SEO di mesin pencarian. Jika artikel kita kalah peringkat dengan artikel lain, kita bisa mendongkrak peringkat artikel dalambentuk pencarian gambar.

Gunakan Bahasa Yang Relevan

Ini hal yang pasti, karena jika bahasa kita berantakan pasti akan menimbulkan kebingunan kepada pembaca. Maka dari itu lebih baik tulis artikel dalam bahasa yang menurut EYD (ejaan yang disempurnakan).

Contohnya jangan menyingkat kata tertentu, mengulang-ulang kata, penggunakan tanda kalimat yang benar dan lain-lain. Tentu hal ini sangat mudah bagi anda yang menguasai dalam bidang bahasa.

Manfaatkan Link Internal dan Eksternal

cara menulis artikel seo friendly manfaatkan link internal dan eksternal

Link internal adalah link dari blog kita yang disertakan atau disisipkan dalam setiap artikel. Tentunya link yang sesuai dengan topik utama artikel. Karena pasti pembaca akan tertarik membuka link tersebut jika link internal masih berhubungan dengan topik utama artikel.

Jangan lupa menyertakan link eksternal juga, jika link internal adalah link yang berasal dari blog kita sendiri, kalau eksternal adalah dari blog lain. Jangan takut menyertakan link eksternal ya, karena eksternal link atau outbonds link tidak akan mengurangi pagerank suatu blog jika penggunaan nya tidak berlebihan. Yang saya anjurkan disini gunakan link eksternal dari situs langsung dari google.

Menulis Artikel Minimal 300 Kata

cara menulis artikel seo friendly minimal 300 kata

Karena mesin pencari suka artikel yang berbobot, semakin panjang semakin berbobot. Tentunya ditulis dengan relevan, tidak mengulang-ngulang penjelasan yang sudah dijelaskan.

Submit URL Artikel Blog Kalian di Google Search Console

Cara submit url ke google webmaster terbaru 2019

Setiap membuat artikel baru, jangan lupa untuk submit url artikel baru anda di google search console. Hal ini agar mempercepat pengindexan mesin pencari google terhadap url blog anda.

Baca juga : Cara submit URL artikel blog ke google terbaru 2019

Selalu Rajin Update Artikel Setiap Hari

rajin cara menulis artikel seo friendly

Mesin pencari pasti akan menganggap blog kita sebagai blog yang aktif dalam persaingan di mesin pencari. Terutama jika kita sering update konten dengan cara yang seperti saya sampaikan diatas. Pasti artikel anda akan menjadi artikel SEO friendly. cara menulis artikel SEO friendly untuk pemula

Mungkin itu saja tips cara menulis artikel SEO friendly untuk pemula yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan tips ini blog anda mengalami kemajuan yang sangat pesat, dan dapat mendatangkan banyak pengunjung. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here