cara menghasilkan uang dari blog

Anda Punya Blog? Berikut Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Diposting pada

Cara Menghasilkan Uang dari Blog – Assalamu’alaikum sahabat viankamaruddin.com. Pada kesempatan pagi hari ini saya ingin memberikan informasi menarik kepada anda semua. Dan kali ini saya akan berbagi pengalaman soal hobi ngeblog yang menghasilkan. Yap, yaitu Cara Menghasilkan Uang dari Blog.

Menulis adalah salah satu hobi yang seseorang miliki. Media yang dapat digunakan untuk menulis bermacam-macam. Bisa melalui sebuah buku, majalah, tabloid, koran, dan lain-lain. Di era digital ini, kita bisa menyalurkan tulisan kita melalui sebuah media di internet, salah satunya adalah blog atau website. Anda bisa menitipkan tulisan anda ke media blog atau website orang lain yang sudah terkenal, sehingga tulisan anda akan dibayar. Bisa dibilang lumayan untuk tambahan penghasilan anda, tetapi tahukah mengapa mereka bisa membayar tulisan anda? Karena pemilik blog atau website yang anda kirimi karya tulisan ternyata memiliki omset yang sangat besar, sehingga mampu membayar penulis untuk mengisi postingan website atau blog mereka.

Pada kesempatan kali ini, saya mengajak dan menghimbau kepada anda semua yang hobi menulis untuk memiliki blog pribadi. Meski kelihatan sangat mudah, tetapi ini terbilang sulit karena perlu ketelatenan dalam hal ini. Selain produktif dalam menulis karya tulisan di blog kita, kita juga harus memperhatikan struktur blog itu sendiri agar disukai mesin pencarian google. Mengapa begitu? Agar blog kita bisa bersaing dengan blog orang lain dimesin pencarian demi mendapatkan tempat nomor 1 di mesin pencarian (page one). Dan kita juga memerlukan waktu jangka panjang untuk membangun sebuah blog yang berkualitas.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Saat ini sudah terbukti beberapa blogger yang sudah terkenal salah satunya Mas Sugeng Riyadi. Apakah anda mengenal Mas Sugeng ini? Kalau anda seorang blogger yang berpengalaman atau sudah lama berkecimpung di dunia blog, pasti sangat familiar dengan Mas Sugeng. Yap, pemilik blog sugeng.id. Itu hanya salah satunya saja, masih ada banyak di antaranya Mas Marikxon Manurung pemilik maxmanroe.com, Mbak Indri Lidiawati pemilik juragancipir.com, Mas Adhy Suryadi pemilik kompiajaib.com, Timon Adiyoso pemilik mastimon.com.

Di antara beliau-beliau ini juga sudah memiliki karya berupa template blogger. Pasti anda kenal dengan viomagz karya Mas Sugeng? Atau kompiflexible karya Mas Adhy? Saya yakin banyak di antara blogger sudah mencicipi template tersebut. Itu hanya beberapa contoh saja yaitu blogger yang sudah sukses mengarungi dunia blogger, artinya sudah berhasil menghasilkan uang dari blog bahkan dalam nilai yang fantastis, hehehe.

Anda bisa memanfaatkan media blog untuk menghasilkan uang dengan beberapa cara. Yaitu dengan menjadi publisher iklan terkenal salah satunya Google AdSense. Penyedia iklan yang legit Selain Google AdSense juga ada kok, anda bisa mencoba MGID dan taboola. Tetapi menurut saya yang paling nyaman dan mudah adalah Google AdSense.

Selain menjadi publisher penyedia iklan, anda juga bisa membuka slot iklan di blog anda dan kerjasama content placement, anda belum tau apa itu kerjasama content placement? Silakan baca apa itu content placement?

Apa Syarat Blog Yang Sudah Siap Untuk Menghasilkan Uang?

Tentu tidak semudah yang kalian bayangkan untuk menghasilkan uang dari blog. Mungkin blog anda sudah diterima AdSense, mungkin anda sudah membuka slot iklan agar pengiklan mau iklan di blog kalian, mungkin anda sudah membuka kerjasama content placement, tetapi mengapa masih belum menghasilkan juga? Ada beberapa syarat agar blog anda siap untuk menghasilkan uang.

Kualitas Blog

Tentu kualitas blog menjadi nomor 1 disini. Bagaimana agar blog kita terlihat istimewa dimata mesin pencarian atau advertiser? Disini yang menjadi patokan adalah blog mempunyai trafik tinggi dengan sumber pengunjung murni dari mesin pencarian salah satunya google. Blog kita mampu bersaing dengan blog lain dalam memberikan segala informasi. Anda bisa membaca Artikel Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Secara Organik.

Perbaiki Struktur Blog

Cara kedua yaitu memperbaiki struktur blog. Jika anda tidak mahir dalam html atau css, anda harus belajar setidaknya paham dasarnya. Karena hal ini berhubungan dengan template yang dipakai blog. Jika anda tidak paham dengan struktur blog yang baik itu seperti apa, anda bisa meminta masukan kepada para senior blogger tentang template blog. Pemilihan template yang tepat dapat mempengaruhi struktur blog. Lalu template yang seperti apa itu? Mudah saja, template yang SEO Friendly, Fast Load dan Responsive. Kita wajib memanjakan pengunjung blog kita dengan template seperti itu. Pengunjung butuh informasi cepat dan mudah dibaca. Sehingga template yang seperti itu sangat cocok kita gunakan di blog kita.

Baca Juga :

Saya memiliki beberapa rekomendasi template blog yang harus anda pakai. Jika anda menggunakan platform blogger, anda bisa menggunakan template viomagz karya mas sugeng. Jika anda menggunakan wordpress, anda bisa menggunakan template superfast, jnews, newspaper, atau newsmag. Intinya anda bisa gunakan Template yang SEO Friendly, Fast Load dan Responsive.

Baca Juga  :

Rutin Update Artikel Berkualitas

Sebenarnya cara berikut ini sudah dibahas pada poin pertama di kualitas blog, tepat nya di Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Secara Organik. Tetapi disini saya jelaskan sekali lagi, Content is King. Jika kita rutin update artikel minimal sehari 1x, blog kita akan dinilai aktif dan disukai mesin pencarian. Selain sering update artikel rutin, kita juga harus menyajikan konten yang berkualitas agar disukai pengunjung dan pengunjung betah berkunjung di blog kita.

Butuh Berapa Lama Agar Blog Kita Sudah Siap Untuk Menghasilkan Uang?

Semua usaha yang dinilai dari nol tidak ada yang instant. Baik usaha di dunia nyata maupun dunia maya. Jika kita mempunyai modal untuk usaha, pasti lebih mudah berjalannya daripada memulai usaha dengan tanpa modal. Hasilnya tetap akan berbeda. Sama saja dengan blog ini, jika kita gunakan untuk sampingan tentunya perlu waktu sampai bertahun-tahun agar bisa menghasilkan uang dari blog. Jika kita punya modal untuk membesarkan blog kita, dengan membiayai blog kita di antaranya membeli backlink berkualitas, membeli jasa SEO, dan lain-lain. Hasilnya tetap kelihatan lebih cepat daripada yang tanpa modal besar.

Saya pernah bertanya kepada Mas Timon Adiyoso, pemilik blog mastimon.com. Mas timon memulai hobi ngeblog pada tahun 2009, atau 10 tahun yang lalu. Dan pada saat ini, mas timon berhasil menghasilkan uang dari blog senilai Rp. 15,000,000,- per bulan. Tentunya tidak mudah, seperti kata mas timon. Dan yang terpenting menurutnya adalah sering update konten dan buat konten berkualitas. Lagi-lagi Content is King. Jika prinsip ngeblog kita itu, maka pengunjung blog semakin lama semakin meningkat. Jangan berprinsip ngeblog untuk mendapatkan uang saja, anda akan pusing nanti. Baru ngeblog 5 bulan belum ada, udah menanyakan kapan gajian, hehehe. Sabar dan Tawakal..

Baca Juga : Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Kita

Penutup

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan kepada anda semua, terimakasih sudah meyempatkan niat berkunjung disini untuk membaca artikel yang berjudul Cara Menghasilkan Uang dari Blog. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan jejak komentar anda semua dibawah sini, dan jangan lupa share pengalaman dari artikel ini yak, agar semua blogger mempunyai semangat untuk terus berkarya. Wassalamu’alaikum…

Gambar Gravatar
Seorang Guru, Desainer Grafis, dan Pemilik Home Industry Digital Printing di Solo. Berusaha memberikan informasi yang berbobot, menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *