Cara Menghapus Permanen URL yang Terindex di Google Terbaru 2019

0
106
cara menghapus permanen url di google terbaru 2019

Cara Menghapus URL yang Terindex Google – Ketika kita membuat konten baru, kita berharap konten kita cepat terindex oleh Google. Selain agar cepat dapat muncul di mesin telusur Google, hal tersebut demi mengamankan sebuah konten dari plagiarsm. Mengapa? Kita sudah membuat konten panjang, beribu-ribu kata, membuatnya juga memakan seharian, pas sudah diterbitkan, konten kita di curi pihak yang tidak bertanggung jawab sebelum terindex oleh google. Sangat rugi sekali kejadian seperti itu. Akan tetapi ada beberapa pertanyaan juga kepada saya, ya hal sebaliknya yaitu bagaimana kita menghapus URL artikel yang sudah terindex?

Baca juga : Cara Submit URL ke Google Terbaru 2019

Menghapus URL yang sudah terindex Google

Mengapa harus dihapus? Jika URL artikel sudah terindex google, kita bukannya senang? Tidak seperti itu juga. Ada beberapa alasan mengapa kita harus menghapus URL artikel yang sudah terindex google.

1. Konten tidak bermanfaat

Kadang kita sedang buntu ide, tetapi harus dipaksa update artikel setiap saat. Konten kita acak-acakan, dan ingin menghapusnya dan mengganti konten yang baru

2. Terdapat laporan dari Google Search Console

Kadang kita sering mendapatkan laporan dari Google Search Console, kalau robot google mendeteksi adanya link eror pada blog kita. Hal itu sangat mengganggu kinerja blog kita, karena jika ada pengunjung tidak sengaja ingin membuka halaman eror itu, malah muncul halaman eror page non found 404. Hal sepele tetapi dapat membuat pengunjung kita kabur ke blog yang lain.

Maka dari itu kita harus sering-sering cek link konten kita, ada yang eror atau tidak. Jika ada link atau URL yang eror, mungkin kita segera untuk menghapusnya dari crawl google.

Cara Menghapus Permanen URL yang Terindex Google Terbaru

Pada saat ini, Google Search Console telah mengupdate baru tampilan serta fitur mereka. Jika dahulu kita menghapus URL artikel secara manual dengan cara masuk https://www.google.com/webmasters/tools/url-removal, tetapi tampilan sekarang sudah meniadakan fitur tersebut. Dan perlu diketahui, fitur URL removal ini bersifat sementara, URL kita akan sementara disembunyikan oleh google selama 90 hari. Setelah 90 hari, informasi kita dapat muncul kembali di hasil penelusuran Google.

Tidak perlu bingung dengan tampilan Google Search Console sekarang. Jika kita ingin menghapus URL Artikel secara permanen, kita cukup cek URL artikel tersebut sudah menampilkan kode status HTTP 404 (Tidak Ditemukan) atau 410 (Hilang.Jika belum, kita buat halaman menjadi seperti itu. Maka robot google akan mendekteksi secara otomatis dan akan menghapus URL artikel kita dengan sendirinya.

Saya sudah mencari-cari dimana fitur menghapus URL artikel di Google Search Console terbaru ini. Dan saya membaca di keterangan https://support.google.com/webmasters/answer/1663419?hl=id, ternyata memang seperti itu.

Baca juga : Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Organik Blog

Cara Menghapus Sementara URL yang Terindex Google

Jika kita ingin melakukan penghapusan URL sementara yang sudah terindex google, kita lakukan dengan cara seperti yang saya informasikan diatas. Berikut cara menghapus sementara URL yang sudah terindex google :

  1. Kunjungi situs https://www.google.com/webmasters/tools/url-removal
  2. Pilih property domain yang URL nya ingin dihapus
    menghapus url di google 1
  3. Otomatis kita akan masuk ke halaman Remove URL’s, lalu masukkan URL yang ingin kita hapus, klik continue.
    menghapus url di google 2
  4. Lalu muncul tampilan seperti ini, kita pilih Request type Clear URL from cache and temporarily remove from Search, klik submit request.
    menghapus url di google 3
  5. Kita tunggu dan URL yang sudah di submit akan diproses oleh Google Search Console
    menghapus url di google 4

Itulah cara jika kita ingin menghapus URL yang sudah terindex oleh Google, jika ada pertanyaan silakan berkomentar di bawah ini. Sekian informasi Cara Menghapus Permanen URL yang Terindex di Google Terbaru 2019. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here