Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog

0
465
cara mengetahui jumlah pengunjung blog kita

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog – Salah satu target mempunyai blog adalah mendatangkan pengunjung atau blog sebanyak-banyaknya. Tentunya mendatangkan pengunjung di blog kita tidaklah mudah. Kita harus rajin mengupdate konten di blog kita dan membuat konten yang berkualitas. Selain itu, tampilan blog juga mempengaruhi peforma blog kita. Tampilan blog yang ringan, SEO friendly dan responsive lah yang disukai pengunjung terutama mesin pencari Google agar konten kita selalu berada di page one.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Organik Blog

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog

Pengunjung blog atau Pageview blog?

Bedakan istilah pengunjung blog (visitor) dan Pageview blog (tampilan laman). Banyak dari kita jika bertanya kepada salah satu blogger, berapakah pengunjung blog mereka? Jawab mereka pasti yang disebutkan pageviewnya. Disini kebanyakan para blogger melihat statistik pengunjung mereka di dashboard blogger. Padahal statistik di blogger itu kurang akurat. Dan yang diperlihatkan adalah pageview blog, bukan pengunjung blog.

Lalu Bagaimana Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog?

Lalu bagaimana cara mengetahui berapa jumlah pengunjung yang mengunjungi blog kita? Kita disini bisa menggunakan 2 cara yaitu, pertama menggunakan Google Analytics.

Google Analytics adalah fitur yang diberikan Google yang menampilkan statistik pengunjung blog kita. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan ppc, dan marketing lainnya.

Cara Mendaftarkan Blog di Google Analytics

  1. Pertama silakan daftarkan blog yang ingin di kaitkan dengan Google Analytics Disini
    cara daftar analytics
  2. Selanjutnya isi kolom berikut, terutama nama domain kalian, check list semua lalu submit dan check list juga persetujuan dari analytics.
    cara daftar analytics 2
  3. Copy kode track dari analytics, lalu pastekan di antara kode <head> dan </head> di blog kaliancara daftar analytics 3

Yang kedua kita menggunakan widget Histats. Histats adalah situs yang dapat menampilkan pengunjung blog secara detail dari pageview, visitor dan firts time visitor dengan cara memasang widget dari histats di blog kita yang sudah terintegrasi keduanya.

Cara Membuat Widget Histats di Blog

  1. Silakan daftar dahulu di Histats.com
  2. Pilih menu add a website, isi data-data di kolom sesuai dengan informasi dari blog kita (nama domain, niche blog, lokasi dan lain-lain)
  3. Setelah domain sudah tertera di list, pilih menu stats
    histats counter
  4. Kemudian klik counter code, pilih tampilan statsnya, copy kode histats, pastekan ke widget blog kita
    histats counter code

Kita boleh memasang kedua counter visitor diatas secara bersamaan. Jika ingin memasang salah satunya juga sah-sah saja tergantung keinginan. Untuk rekomendasi dari saya, paling utama adalah mendaftarkan blog kita di Google Analytics.

Mungkin itu informasi artikel tentang Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Kita, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here