cara mengembalikan file terhapus di android

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android Tanpa PC

Diposting pada

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android Tanpa PC – Pernahkah anda tidak sengaja menghapus file penting pribadi anda di smartphone android anda? atau tidak sengaja menghapus file penting teman anda di smartphone android anda bahkan di smartphone android teman anda? Pasti diantara kalian pernah melakukan hal ini.

File penting di android tidak sengaja terhapus di android dan anda bertanya-tanya apakah bisa file tersebut dikembalikan? Tentu saja bisa. Bahkan mengembalikan file yang terhapus di android ini dilakukan tanpa menggunakan PC. Jadi anda tidak perlu mengoneksikan ponsel atau memori ponsel anda ke komputer untuk melakukan recovery.

Baca Juga :

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Cara mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus di android bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu pertama dengan smartphone android yang sudah rooted, yang kedua dengan cara unrooted.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android Tanpa Menggunakan PC

1. Menggunakan Aplikasi DiskDigger Undeleted (rooted)

Cara pertama menggunakan aplikasi DiskDigger Undeleted. Dan jika anda menggunakan aplikasi ini, smartphone anda harus dalam keadaan rooted.

Oke baik langsung saja kita simak caranya berikut ini :

  1. Unduh aplikasi DiskDigger Undeleted langsung dari Play Store, setelah aplikasi dibuka, jika muncul notifikasi akses root pilih allow saja.
  2. Tunggu hingga proses scanning selesai, lalu pilih memory yang dahulunya terdapat bekas file yang terhapus (internal atau eksternal), tujuannya akan dikembalikan filenya.
  3. Pilih type file yang dahulu sempat terhapus (JPG, MP4, PNG, MP3 dan lain-lain), lalu klik OK, tunggu beberapa saat proses scanning pengembalian file.
  4. Setelah selesai, maka muncul beberapa file yang dahulunya sudah terhapus, pilihnya file yang akan dikembalikan.
  5. Kemudian pilih tempat atau lokasi penyimpanan file yang akan dikembalikan tersebut, selesai.

2. Menggunakan aplikasi Dumster Image & Video Restore (unrooted)

Meski nama aplikasinya gambar dan video, tetapi aplikasi Dumster Image & Video Restore ini bisa mengembalikan file selain gambar dan video. Anda bisa menggunakan aplikasi ini walau smartphone anda belum ter-root.

  1. Silakan unduh aplikasi Dumster Image & Video di Play Store
  2. Setelah anda membuka aplikasinya, anda akan disuguhkan beberapa pilihan type file (Image, Video, Audio, Document, Other File, Apps), pilihlah sesuai dengan kebutuhan file anda yang tidak sengaja terhapus.
  3. Tunggu sampai proses scanning selesai, dan akan muncul beberapa file yang sudah terhapus, lalu pilih untuk di restore.
  4. Caranya hampir sama dengan cara pertama.

Nah itu 2 aplikasi yang dapat anda manfaatkan untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dengan android tanpa menggunakan PC. Jika anda menggunakan PC, anda bisa memakai Cara Mengembalikan File Terhapus di PC.

Penutup

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada anda, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus di android. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Gambar Gravatar
Seorang Guru, Desainer Grafis, dan Pemilik Home Industry Digital Printing di Solo. Berusaha memberikan informasi yang berbobot, menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *