Cara Mengatasi YouTube Error Di Android

2
150
Cara Mengatasi YouTube Error di Android

Cara Mengatasi YouTube Error Di Android – YouTube masuk dalam 5 besar situs yang paling tidak sedikit dikunjungi di planet bumi. Memang, YouTube menjadi di antara sumber hiburan sebab di YouTube kita dapat menonton tidak sedikit sekali jenis video. Mulai dari video klip lagu, video acara tv, video komedi, dan masih tidak sedikit lagi.

Cara Mengatasi YouTube Error di Android

Apalagi YouTube bukan hanya dapat diakses dari situs saja. YouTube juga dapat diakses dari software android. Sehingga semakin mempermudah kita untuk menyaksikan video dari Youtube. Tapi, sama seperti software lainnya. Aplikasi YouTube di android pun terkadang dapat mengalami error.

Berikut ini ialah beberapa error yang tidak jarang terjadi pada software YouTube:

  • YouTube tidak dapat dibuka
  • YouTube tidak dapat digunakan guna memutar video
  • YouTube blank
  • Dan error lainnya

Jika sekarang software YouTube anda tidak dapat digunakan sebab mengalami error diatas, maka anda sedang membaca tulisan yang tepat. Karena kali ini saya bakal menyebutkan bagaimana teknik menangani software YouTube yang tidak dapat dibuka atau error.

Cara Mengatasi YouTube Error Di Android

Langsung saja, inilah ini ialah cara menangani software YouTube error di smartphone android:

1. Hapus Cache Aplikasi YouTube

Hal simpel kesatu yang dapat kamu kerjakan untuk mengatasi software YouTube yang tidak dapat dibuka atau error ialah dengan menghapus cache. Sama seperti software lainnya, software YouTube di android pun akan menyimpan cache.

Cache ini bakal semakin menumpuk, lagipula jika anda sering menggunakan software untuk nonton video YouTube.

Jika tidak dipedulikan menumpuk, maka software YouTube dapat saja merasakan error dan tidak dapat dibuka. Karenanya, anda harus rajin menghapus cache.

Untuk menghapus cache software YouTube di android, kamu dapat menggunakan teknik dibawah ini:

Buka menu Setelan > Aplikasi terinstall > YouTube > Hapus cache

2. Bersihkan RAM

Aplikasi YouTube dapat dikatakan lumayan memakan tidak sedikit RAM. Tidak heran sih, karena software ini memang di samping harus terkoneksi ke server pun harus memperlihatkan konten yang lumayan berat, yakni video.

Nah, andai smartphone anda tidak punya cukup tidak sedikit RAM, barangkali sewaktu-waktu YouTube bakal crash dan tidak dapat digunakan.

Untuk menanggulangi hal ini, kamu dapat melakukan hal simpel yaitu dengan mencuci RAM. Kamu dapat membersihkan RAM dengan teknik menghentikan aplikasi-aplikasi yang tidak anda gunakan. Sehingga nantinya RAM bakal jadi lebih lega dan YouTube dapat berjalan dengan lebih fasih dan tidak error.

3. Hapus Data Aplikasi YouTube

Di samping menyimpan cache, software YouTube di android pun menyimpan data-data berupa konfigurasi, informasi akun, sampai thumbnail video.

Seiring dengan pemakaian, data yang ditabung oleh software YouTube di smartphone anda akan semakin menumpuk. Dan andai dibiarkan, maka software YouTube sewaktu-waktu bakal crash dan tidak dapat digunakan.

Karenanya sesekali anda perlu menghapus data software YouTube. Menghapus data tidak bakal menghapus aplikasi, melulu pengaturannya saja yang hilang. Aplikasinya masih dapat kamu gunakan.

Untuk menghapus data software YouTube, kamu dapat mengikuti metodenya dibawah ini:

Buka menu Setelan > Aplikasi terinstall > YouTube > Hapus data
Selanjutnya buka software YouTube anda lagi. Kamu barangkali harus login lagi memakai akun Google.

4. Install Ulang Aplikasi YouTube

Salah satu penyebab yang menyebabkan suatu software tidak dapat berjalan dengan lancar ialah karena terjadinya kekeliruan saat proses pemasangan. Jika software YouTube anda tidak dapat dibuka sebab masalah ini, solusinya paling mudah. Yaitu dengan menginstall ulang software YouTube.

Pertama hapus dulu software YouTube di smartphone kamu. Kemudian install kembali melewati Google Play atau memakai file APK.

5. Update Aplikasi YouTube

Google selaku empunya dari YouTube secara teratur mengupdate software berbagi video terpopuler ini. Jika anda tidak pernah mengupdate software YouTube, maka ada bisa jadi nantinya software tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Ini bukanlah sebab error. Tapi sebab versi YouTube yang kamu pakai sudah kadaluarsa. Karenanya andai ada pembaruan, segera kerjakan update. Jangan ditunda-tunda. Dengan begitu anda tetap dapat menggunakan YouTube dan dapat menikmati fitur-fitur barunya.

6. Hentikan Paksa Aplikasi YouTube

Cara keenam yang dapat kamu kerjakan untuk menanggulangi YouTube yang error dan tidak dapat dibuka ialah dengan menghentikan software secara paksa.

Untuk mengerjakan hal ini sangatlah mudah. Kamu tidak butuh mendownload software ketiga. Ikuti teknik dibawah ini guna menghentikan YouTube secara paksa:

Buka menu Setelan > Aplikasi terinstall > YouTube > Hentikan aplikasi
Setelah tersebut buka lagi software YouTube dan pakai seperti biasa.

7. Gunakan Browser

Jika keenam teknik diatas sudah anda lakukan tapi software YouTube di smartphone anda tidak dapat juga digunakan, maka teknik terakhir ini wajib anda coba.

Buka saja YouTube dari browser. Saat ini browser laksana Chrome, Firefox dan Dolphin sudah paling baik dalam memperlihatkan YouTube.

Dengan mengakses YouTube dari browser, kamu dapat lebih irit penyimpanan internal. Karena tidak butuh install software YouTube.

Kesimpulan

Itu dia Cara Mengatasi YouTube Error Di Android. Cara diatas dapat kamu lakukan untuk sekian banyak merk smartphone. Mulai dari Xiaomi, Sony, Samsung, Acer, Asus, Lenovo, LG, dan lainnya.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here