Cara Mengatasi Konten Legal Tetapi Terkena Laporan DMCA Removal

0
40
cara mengatasi laporan dmca

Cara Mengatasi Laporan DMCA – Assalamu’aikum sahabat setia website viankamaruddin.com. Kembali bersama saya selaku admin disini, yang Insyaa Allah selalu menyampaikan informasi terbaik terbaru dan berbobot kepada anda di segala bidang aspek.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi tentang DMCA. Yang sering kita lihat di suatu produk digital baik di blog atau yang lain, menandakan kalau produk tersebut dilindungi. Mungkin disini sudah banyak yang mengetahui tentang DMCA itu sendiri.

Pengertian Digital Millenium Copyright Act (DMCA)

Google DMCA (Digital Millennium Copyright Act) adalah hukum hak cipta berbasis di Amerika Serikat yang memberlakukan perjanjian WIPO (World Intellectual Property Organization). Dengan adanya Google DMCA ini maka google dapat memberlakukan pelanggaran copyright terhadap konten yang melanggar kebijakan Google termasuk Artikel copy paste secara ilegal.

Bagi anda yang kontennya di copy paste secara ilegal tanpa mencantumkan link sumber asli, maka anda bisa melaporkannya ke Google DMCA. Silakan baca selengkapnya disini tentang Cara Melaporkan Artikel Copy Paste ke Google DMCA Terbaru 2019.

Konten LEGAL Tetapi Terkena Laporan DMCA Removal?

Bagi yang melakukan sebuah pelanggaran seperti yang dijelaskan diatas, pasti pelaku akan menerima sebuah laporan dari DMCA yang dikirim via email. Intinya berisi laporan kalau konten yang dibuat melanggar kebijakan, dan disuruh menghapus konten tersebut. Jika tidak dihapus-hapus maka google akan bertindak secara tegas dengan menurunkan SERP konten anda bahkan bisa dihilangkan dari jejak mesin telusur terutama google.

Jika anda masih bersikeras mempertahankan konten tersebut, kemungkinan besar blog anda akan dihapus oleh Google. Ini berlaku bagi blog yang berplatform blogger.com. Jika wordpress paling hanya sampai konten deindex saja yaitu diturunkan SERP konten bahkan bisa dihapus.

Konten Legal Tetapi Masih Terkena Laporan DMCA, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kasus seperti ini banyak terjadi pada para blogger yang saling benci dan iri. Contohnya saya sendiri, saya pernah terkena laporan DMCA 2 kali ini. Artikel yang terkena laporan semuanya tentang review template blogger terbaik. Didalam laporan tersebut saya baca di lumendatabase.org, bahwa saya diduga “membagikan produk template secara gratis padahal template itu berbayar sekian ratus ribu rupiah”.

Pada kenyataan dalam artikel saya hanya menulis review produk template itu saja. Dan saya menyertakan outbond link ke situs pemilik template jika ada yang berminat membelinya. Ada yang salah?

Kalau dimata PELAPOR, iya salah karena PELAPOR BENCI. Iri dengan sayalah intinya. Untuk laporan DMCA pertama saya akhirnya menghapus artikel itu, saya mengalah.

Tetapi yang kedua kali ini saya merasa jengkel karena PELAPOR PERTAMA dan PELAPOR KEDUA ini ORANGNYA SAMA. Saya tidak ingin menyebutkan siapa namanya disini. Karena saya tidak ingin membuka aib seseorang. Biar Allah yang tau.

Baik kita lanjut, waktu saya dapat laporan DMCA yang kedua ini, saya harus mengela kalau laporan ini TIDAK BENAR seperti yang dilaporkan. Maka dari itu saya langsung klarifikasi kalau konten saya ini legal, dapat persetujuan dari pemilik asli nya juga (pemilik template).

Cara Mengatasi Konten LEGAL Terkena Laporan DMCA Removal

Saya langsung klarifikasi saja tentang laporan DMCA yang saya terima ini. Yaitu dengan cara masuk di situs berikut https://support.google.com/legal/contact/lr_counternotice?product=websearch. Anda juga bisa lewat email, saat anda mendapatkan laporan DMCA removal, silakan buka email tersebut, lalu pilih DMCA Counter Notification.

mengatasi laporan dmca

Setelah anda pilih DMCA Counter Notification, Disitu (dibawah sendiri) ada peraturan bahasa, anda bisa memilih bahasa yang anda gunakan. Isilah berbagai kolom yang disediakan dengan tepat dan jujur kalau konten anda dibuat secara LEGAL. Tentu pada kolom detail selengkapnya, anda isi dengan bahasa yang santun, jelas dan tegas.

Penutup

Terkadang memang masih ada orang yang memiliki rasa iri kepada rivalnya. Tetapi buat apa sih? Orang rezeki juga sudah ada yang mengatur, mengapa harus melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat? Contohnya perbuatan membuat laporan DMCA dengan dasar TUDUHAN.

Biarkan Allah yang membalas yang teman-teman. Baik demikian yang dapat saya sampaikan di artikel tentang cara mengatasi laporan DMCA, kurang lebihnya mohon maaf. Mungkin penjelasan saya kurang bisa diterima atau dicerna, anda dapat menanyakannya di kolom komentar dibawah. Untuk yang terkena kasus seperti saya diatas, selamat mencoba dan semoga berhasil. Bagi yang belum pernah mengalaminya, tetap selalu waspada. Terimakasih Wassalamu’alaikum..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here