Cara Mengatasi Iklan AdSense Yang Tidak Muncul (Blank)

0
74
Cara Mengatasi Iklan AdSense Yang Tidak Muncul (Blank)

Cara Mengatasi Iklan AdSense Yang Tidak Muncul (Blank) – Permasalahan iklan AdSense blank di beberapa blog yang sudah termonetize memang sering terjadi di beberapa kalangan. Penyebab iklan AdSense blank pun beragam, lantas apakah masih bisa diperbaiki iklan yang blank tersebut? Tentu saja bisa. Sebelum kita membahas cara mengatasi iklan adsense blank, kita bahas dahulu penyebabnya.

Penyebab Iklan AdSense Tidak Muncul (Blank)

Ada beberapa penyebab mengapa hal ini terjadi. Berikut beberapa kemungkinan mengapa iklan AdSense bisa blank atau tidak muncul di blog kita.

Iklan AdSense Blank Karena Masalah Ads.txt

Ads.txt merupakan inisiatif IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Membuat file ads.txt Anda sendiri memberi Anda kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Sangat disarankan agar Anda menggunakan file ads.txt. File ads.txt dapat membantu pembeli inventaris iklan mengidentifikasi inventaris palsu sehingga Anda menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang mungkin dibelanjakan pada inventaris palsu. (Lihat Support Google AdSense)

Jika kita tidak memasang ads.txt di blog kita, maka iklan AdSense belum sepenuhnya ditampilkan. Sebaliknya jika kita sudah memasang ads.txt di blog kita, maka iklan AdSense baru bisa ditampilkan.

Update Algoritma Google Menyebabkan Iklan AdSense Blank

Kita sudah memasang ads.txt di blog kita, tetapi iklan AdSense masih tetap blank. Berarti kita lihat berita google di situs resminya. Anda bisa memantaunya di twitternya disini.

Google memang sering melakukan update terhadap algoritmanya untuk penyempurnaan dari debugging sistem algoritma sebelumnya. Dengan itu, terkadang berimbas ke iklan Google AdSense, bahkan bisa ke yang lain seperti thumbnail blog berplaform blogspot yang blank.

Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Muncul atau Blank

Disini saya akan memberikan 2 cara untuk anda. Pertama yaitu dengan memasang ads.txt di blog kita. Kedua, jika kita sudah memasang ads.txt tetapi iklan masih blank, kita ajukan permohonan penayangan iklan ke google.

Cara Mengatasi Iklan Blank dengan Memasang Ads.txt di Blog

Blog atau website yang biasanya kita gunakan yaitu berplatform blogger dan wordpress. Kedua platform tersebut berbeda pula cara memasang ads.txtnya. Untuk itu, akan saya jelaskan cara memasangnya untuk kedua platform tersebut.

Jika blog anda berplatform blogspot, anda bisa membaca tutorial Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogspot/Blogger. Untuk platform blogger, memang sudah disediakan tempat untuk custom ads.txt di pengaturannya. Berbeda dengan WordPress, anda perlu menggunakan plugin, atau memasangnya secara manual di cPanel hosting. Anda dapat membaca lebih lanjut di artikel Cara Mengaktifkan Ads.txt di WordPress.

Mengajukan Permohonan Penayangan Iklan kepada Google

Jika anda sudah mengaktifkan ads.txt akan tetapi iklan masih tetap blank atau tidak tayang, berarti ada masalah di pihak Google nya. Kemungkinan bisa jadi karena mereka sedang update algoritmanya.

Maka dari itu, kita harus mengajukan permohonan penayangan iklan kepada google secara manual. Anda dapat mengikuti instruksi saya sebagai berikut ini.

  1. Masuk ke dasboard adsense menggunakan PC
  2. Di menu sebelah kiri klik Kirim masukan.
  3. Tulis kalimat berikut.

    Selamat sore Admin. Seperti yang terlihat di screenshoot terdapat peringatan ads.txt. Saya sudah melakukan memasang file ads.txt di blog sesuai dengan petunjuk untuk pemasangan ads.txt di blogger. Namun sudah beberapa hari peringatan tersebut masih saja muncul sehingga iklan tidak tampil seperti normalnya. Saya juga mendapat kabar dari teman-teman yang juga mengalami masalah yang sama. Oleh karena itu, mohon segera dicek. Saya tunggu kabar baiknya. Terima Kasih.
  4. Jangan lupa centang pada sertakan screenshoot. Dengan cara tersebut beberapa jam kemudian iklan adsense di blog saya sudah tampil dengan normal.

Dengan cara tersebut, ada beberapa teman saya yang mengalami hal ini, dan cara ini berhasil. Bagi yang iklannya masih belum tayang, harap untuk bersabar karena ini ujian, hehehe. Harap makluk karena kemungkinan mereka sedang melakukan update algoritma terbaru.

Demikian yang tips yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk saya dan semuanya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here