cara mengatasi google dance

Blog Terkena Google Dance? Berikut Cara Ampuh Mengatasinya

Diposting pada

Cara Mengatasi Blog Terkena Google Dance – Assalamu’alaikum sahabat viankamaruddin.com, kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana sih cara mengatasi blog yang terkena efek google dance? Sebelum itu, saya sudah membahas artikel tentang Google Dance di Trafik Blog Turun Drastis Karena Terkena Google Dance.

Pengertian Google Dance

Google Dance adalah sebuah tools algoritma yang dimiliki oleh Google yang bekerja untuk merekondusi struktur suatu blog atau website. Hal ini dapat mempengaruhi SERP situs anda. Karena beberapa post yang dahulu sudah pernah menempati dan menetap di SERP, akan ditentukan posisi SERP yang baru.

Jika tools algoritma dari google ini mendeteksi adanya pelanggaran di postingan blog kita, maka posisi artikel akan turun drastis. Terutama jika kita melanggar aturan Google Webmasters. Tetapi artikel blog kita tidak di deindex oleh google, masih terindex cuma posisinya turun bahkan bisa terpental jauh. Kalau memang indikasi pelanggarannya terlalu parah, artikel blog akan terkena google sandbox.

Cara Mengatasi Blog Terkena Google Dance

Google Dance tidak pandang bulu menyerang sebuah situs. Artikel yang orisinil pun akan dihinggapi google dance. Untuk solusi cara mengatasi blog terkena google dance sudah saya temukan kali ini dan cukup ampuh saya terapkan di blog viankamaruddin.com.

Penyebab Blog Terkena Google Dance dan Cara Mengatasinya

Trafik Blog Turun Drastis Karena Terkena Google Dance

Setelah saya telusuri yang terjadi di blog saya ini, ternyata ada beberapa faktor mengapa blog saya bisa terkena google dance. Memang algoritma google setiap kalinya selalu melakukan update untuk mencari kelemahan dan menutup kelemahan dari sistem google tersebut. Berikut beberapa penyebab blog terkena google dance dan cara mengatasinya :

Umur Blog Terlalu Muda

Sebenarnya tidak masalah mau umur blog baru atau udah lama, tetapi yang dipermasalahkan blog yang baru berumur jagung tetapi artikelnya sudah bisa bersaing dengan blog yang sudah berumur tua. Dalam hal ini, robot google menilainya tidak wajar.

Bisa jadi pemilik blog baru tersebut menggunakan teknik blackhat SEO, atau menggunakan teknik keyword stuffing, dan teknik blackhat lainnya. Tetapi kita tidak tahu juga ya, efek dari updatenya sistem algoritma google juga bisa berpengaruh terhadap SERP blog baru ini.

Blog viankamaruddin.com ini sendiri saat itu baru berumur 6 bulan, dan ada beberapa artikel bisa mengalahkan situs terkenal. Saya sendiri juga bangga, padahal saya tidak menggunakan teknik blackhat. Saya hanya menggunakan teknik Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Pemula.

Dan akhirnya google curiga, dan mengedance blog saya dan SERP nya ditaruh sesuai pada tempatnya (karena umur blog terlalu muda).

Menggunakan Teknik Blackhat

Selain dari umur blog, bisa jadi kita menggunakan teknik blackhat. Ini berlaku pada semua blog (mau blog tua atau blog yang baru). Beberapa teknik blackhat yang sering dicurigai google yaitu keyword stuffing, spam, dan backlink berlebihan.

Untuk Apa itu keyword stuffing? anda dapat membacanya di artikel Pengertian Keyword Stuffing.

Maka dari itu gunakan keyword secukupnya, hapus komentar spam yang masuk di blog dan hapus link spam blog yang tersebar di sosmed atau lainnya dengan tujuan agar mendatangkan banyak visitor.

Menanam Link Blog Berlebihan

Menaruh link secara berlebihan juga bisa menyebabkan blog kita terkena google dance. Menanam link secara berlebihan disini yang dimaksud diantaranya backlink (gratis maupun berbayar), menanam link internal dan link outbond. Maka dari itu, kita gunakan sewajarnya saja. Terutama saat menaruh link internal dan link outbond itu secukupnya (sesuai dengan topik konten saja).

Tanggal Publikasi Artikel Sudah Terlalu Lama

Maksudnya adalah artikel kita sudah terlalu lama di publikasi. Contohnya artikel tahun 2014, otomatis akan tergeser dengan artikel yang baru dipublish 2019. Jika nilai kualitas artikel kita bagus, SERP nya tidak akan tergeser, tetapi algoritma google saja tiap kali update, artikel lama kita juga harus di update.

Caranya cukup ganti tanggal penayangannya menjadi esok hari. Jadi artikel lama kita tersebut terpost sebagai artikel baru lagi. Contohnya artikel ini terbit di tahun 2014, maka saya ganti dan update lagi menjadi tahun 2019.

Jarang Update Artikel

Blog yang jarang di update kontennya akan dianggap google sebagai blog mati, sehingga SERP blog akan terus di dance dan akhirnya terus menurun. Oleh karena itu jika blog anda mengalami penurunan SERP, sering-seringlah update artikel. Minimal 1 artikel 1 hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk 4 Penyebab dan cara mengatasinya diatas cukup ampuh diterapkan di blog saya. Terutama pada poin ketiga dan keempat, terus saya semangat update agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Penutup

Demikian yang dapat saya sampaikan disini, kurang lebihnya mohon maaf. Jika ada kata-kata yang kurang bisa dicerna, anda dapat tanyakan selebihnya melalui jejak komentar anda di bawah ini. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum..

Gambar Gravatar
Seorang Guru, Desainer Grafis, dan Pemilik Home Industry Digital Printing di Solo. Berusaha memberikan informasi yang berbobot, menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *