Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami

0
84
cara mengatasi bau badan secara alami

Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami – Tubuh mengeluarkan keringat sebagai cara membuang zat sisa metabolisme dan mengatur suhu tubuh. Pengeluaran keringat merupakan hal yang wajar, apalagi saat seseorang sedang memasuki masa pubertas atau setelah melakukan aktivitas. Yang menjadi masalah adalah ketika keringat dapat menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Saat keringat ada dipermukaan kulit, bakteri yang ada di kulit berkembang biak dengan menguraikan urea yang ada di keringat dan mengeluarkan bau tidak sedap. Proses penguraian inilah yang menyebabkan bau tidak sedap.

Baca juga : 9 Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan

Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami

Untuk mengurangi bau badan digunakan deodorant atau anti-perspirant. Deodoran bekerja dengan menyamarkan bau badan. Anti-perspirant bekerja dengan menghambat pengeluaran keringat dengan menutup pori-pori kulit. Hal ini dapat menyebabkan keringat terjebak didalam tubuh dan memicu penyakit lain. Cara yang lebih aman adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Baca juga : Manfaat Menggunakan Madu Untuk Wajah

Cara Mengatasi Bau Badan Alami Dengan Jus Daun Beluntas

cara menghilangkan bau badan secara alami
Daun Beluntas

Beluntas adalah salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bau badan. Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut.

Manfaat Daun Beluntas

Daun Beluntas mengandung alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung flafonoida dan tannin. Daun beluntas berbau khas aromatis, rasanya getir dan menyegarkan, berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, dan menghilangkan bau badan dan bau mulut, meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, dan keputihan.

Baca juga : Manfaat Jintan Untuk Kesehatan

Sedangkan akar beluntas berkhasiat sebagai peluruh keringat dan penyejuk. Daun beluntas juga dapat dikonsumsi sebagai lalaban atau dikukus. Kadar minyak atsiri daun beluntas 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus Aureus, sedangkan pada kadar 20% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherrechia Coli

Cara Membuat Jus Daun Beluntas Penghilang Bau Badan Alami

Untuk membuat jus herba beluntas kita membutuhkan bahan-bahan seperti:

  • 100 gr buah delima
  • 15 gr kulit buah delima
  • 15 gr kunyit
  • 5 gr daun beluntas
  • 5 gr jahe merah
  • 2 sendok makan madu
  • air matang secukupnya

Langkah pertama adalah mencuci bahan dengan air bersih mengalir, selanjutnya memotong bahan (delima, kulit delima, kunyit, daun beluntas, dan jahe), lalu merebus bahan (delima, kulit delima, kunyit, jahe) dengan 1,5 gelas air matang hingga tersisa setengahnya. Selanjutnya memasukkan air rebusan dan semua bahan ke dalam blender dan giling hingga halus, tuangkan ke dalam gelas, jus siap dinikmati.

Baik itulah tips Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami, selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here