Cara Mengatasi Ancaman Teknologi Bagi Para Pelajar

0
111
Cara Mengatasi Ancaman Teknologi Bagi Para Pelajar

Cara Mengatasi Ancaman Teknologi Bagi Para Pelajar – Perkembangan teknologi jaman sekarang semakin maju dan canggih. Kita sebagai masyakarat yang lahir di jaman sekarang ini tentunya sangat terbantu dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini.

Baca Juga :

Sebagai pelajar, perkembangan teknologi tentunya dapat memberi dampak positif dan tidak luput juga dari dampak negatifnya. Jadi kita perlu mengatasi ancaman dari perkembangan teknologi ini.

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi ancaman teknologi ini bagi para pelajar, kita ketahui dahulu dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi saat ini.

Cara Mengatasi Ancaman Teknologi Bagi Pelajar – Dampak Positif Dan Negatif

Perkembangan IPTEK ini tidak selalu membawa dampak positif bagi masyarakat. Tentunya pasti ada dampak negatif soal majunya perkembangan teknologi, terutama bagi para pelajar. Maka dari itu, berikut beberapa dampak positif dan negatif dari teknologi bagi para pelajar.

Dampak Positif Teknologi Bagi Para Pelajar

1. Sebagai Sumber Ilmu dan Pusat Pendidikan

Dengan munculnya berbagai media massa, khususnya media elektronik, jaringan internet, lab. komputer sekolah dan lain-lain. Siswa tidak perlu terpaku dengan sumber informasi dari guru saja. Pelajar bisa mencari informasi dari media massa tersebut terutama pada jaringan internet. Tentunya hal ini tetap dalam pengawasan dan bimbingan siswa untuk pengarahan jalannya pendidikan.

2. Muncul Metode Pembelajaran Yang Baru

Dengan munculnya metode-metode pembelajaran yang baru ini dapat memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak dengan bantuan Teknologi, sehingga siswa dapat memahaminya dengan baik.

3. Pemanfaatan Sistem Pengelolaan Data Hasil Penilaian

Dahulu sebelum adanya teknologi ini, setiap ada penelitian, kita melakukan analisis terhadap data dengan cara menganalisis dan menghitungnya secara manual. Tetapi dengan kemajuan IPTEK ini, kita dimudahkan dengan adanya komputer yang sudah dinstall aplikasi tertentu yang dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita.

Baca Juga : Cara Merakit Komputer Dengan Benar

4. Terpenuhinya Kebutuhan Akan Fasilitas Penunjang Pendidikan Dengan Cepat

Dalam dunia pendidikan, pasti membutuhkan fasilitas penunjang pendidikan. Contohnya kita pasti perlu penggandaan soal, dan harus memfoto copy soal tersebut. Dengan adanya mesin foto copy tentunya dapat memudahkan kita dalam penggandaan soal yang jumlahnya banyak dengan waktu yang singkat.

Dampak Negatif Teknologi Bagi Para Pelajar

Siswa Jadi Malas Belajar

Hal ini dalam artian siswa menyalahgunakan teknologi agar mereka malas belajar. Seperti contoh, setiap besok ulangan, hari ini tidak usah belajar. Akan tetapi besok waktu ulangan, cukup membawa smartphone yang terkoneksi internet, dan tinggal mengakses internet untuk mendapatkan jawaban dari soal ulangan.

Bisa juga, waktu belajar siswa tersita dengan adanya situs sosial media seperti Facebook, twitter, instagram, youtube dan lain-lain. Hal ini tentunya menyita waktu apalagi waktu belajar siswa.

Pelanggaran Asusila

Ini menurut saya yang paling berbahaya. Dengan adanya internet, dan tersebar luasnya konten dewasa, yang tentunya sangat tidak pantas dilihat oleh para pelajar. Ini dapat merusak moral pelajar. Apalagi pelajar masih dibawah umur, dan yang ditakutkan mereka akan penasaran dan melakukan tindakan asusila.

Pelanggaran Mengambil Hak Cipta Orang Lain

Ketika siswa diberikan tugas makalah, di internet banyak persoalan tentang makalah. Yang seharusnya siswa itu dapat mencontoh untuk dijadikan gambaran. Malah dijadikan bahan copy paste, padahal itu adalah karya orang lain. Sehingga siswa jadi malas berusaha dan belajar.

Pengaruh Buruk dari Game Komputer

Pengaruh game di komputer sangat memberikan dampak buruk apalagi kepada para pelajar. Mereka menjadi malas belajar bahkan waktu belajar mereka juga tersita karena sibuk ngegame.

Baca Juga : 5 Laptop Gaming Murah Cuma 4 Jutaan

Selain itu game di komputer juga tidak sedikit yang menampilkan kekerasan seperti tembak menembak, merampok, judi dan pengaruh buruk lainnya. Hal ini tidak pantut dicontoh bagi para pelajar.

Itulah beberapa dampak positif dan negatif dari majunya ilmu teknologi saat ini, kita sebagai orangtua harus bijak dalam memanfaatkan kemajuan ilmu teknologi ini. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa tips agar para pelajar terhindar dari ancaman teknologi ini.

Cara Mengatasi Ancaman Teknologi Bagi Para Pelajar

  1. Dengan diberikan pemahaman kepada para pelajar tentang cara menggunakan teknologi yang benar, baik dan tidak melanggar, sehingga teknologi dapat digunakan sebagai alat informasi yang dapat menopang kemajuan pendidikan.
  2. Kita sebagai pendamping, memblokir situs-situs yang dapat mengantarkan pada hal negatif.
  3. Menggunakan teknologi sebaik mungkin dengan mengakses situs-situs yang
    mempunyai nilai pendidikan dan bernilai positif.
  4. Menjaga diri agar tidak mudah terpengaruh oleh berbagai penawaran yang ditawarkan oleh situs tertentu.
  5. Mengatur waktu penggunaan teknologi agar tidak kecanduan.
  6. Tidak terlalu mengekspos kegiatan pribadi agar tidak timbul kesempatan dari orang jahat untuk mengambil keuntungan tersebut.
  7. Gunakan internet secara sehat, maksudnya gunakan internet sesuai dengan kebutuhan anda.

Baik itulah cara yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here