cara mendapatkan sitelink

Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google Dengan Cepat dan Mudah

Diposting pada

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google – Bagaimana cara mendapatkan sitelink dari Google? Sitelink tidak bisa dibuat sendiri, Sitelink merupakan hadiah yang diberikan Google kepada situs kita. Jika kita search blog kita secara spesifik, maka akan muncul link situs kita dan diikuti dibawahnya beberapa link di post atau laman situs kita.

Pengertian Sitelink Secara Umum

Secara umum, pengertian sitelink adalah sub link yang muncul di bawah link situs kita, jika kita search di pencarian google secara spesifik. Contohnya, jika saya search situs saya pribadi dengan pencarian “viankamaruddin” atau “viankamaruddin.com”, maka akan muncul seperti berikut.

seperti apa sitelink itu
Berikut sitelink yang ada di situs viankamaruddin.com

Bagi pemilik situs baru seperti saya yang mendapatkan hadiah sitelink tersebut pasti menjadi sebuah kebanggaan. Tentu saja, karena tidak setiap situs mendapatkan hadiah sitelink dari google.

Sitelink diberikan oleh Google karena sebuah situs dianggapnya sudah memenuhi kriteria tertentu dan sudah dianggap istimewa. Situs saya saat ini adalah baru berumur 6 bulan. Tetapi awal dulu saya mendapatkan sitelink yaitu saat situs saya berumur 1 bulan. Maka dari itu, saya akan berbagi pengalaman kepada anda, bagaimana cara cepat mendapatkan sitelink dari google.

Cara Cepat dan Mudah Mendapatkan Sitelink dari Google

Buatlah Menu Navigasi Blog Menjadi Responsif

Navigasi blog adalah daftar menu yang dibuat berdasarkan halaman statis atau label pada postingan blog. Setelah itu daftarkan blog anda di Google Webmaster atau Google Search Console.

Baca Juga :

Menggunakan Template Yang Responsif

Template yang keren tampilannya belum tentu bagus dan disukai Google. Pada umumnya template yang menonjolkan tampilan keren, justru membuat blog terasa menjadi berat dan memperlambat kecepatan loading blog. Google lebih menyukai template yang ringan, SEO friendy dan tentunya responsif.

Baca Juga : Template Blog Yang Ringan, SEO Friendly dan Responsif

Gunakan Top Level Domain (Domain TLD)

Tentu saja situs atau blog yang menggunakan Top Level Domain lebih dianggap berkualitas oleh google daripada tidak. Memang jika masih menggunakan subdomain WordPress atau Blogspot juga bisa mendapatkan sitelink dari google, akan tetapi terasa lebih lama daripada yang sudah menggunakan Top Level Domain.

Rajin Update Postingan Baru

Dengan seringnya update konten baru di blog kita, tentu menjadi keuntungan sendiri bagi kita. Selain meningkatkan trafik blog, google akan menilai blog kita sebagai blog yang aktif.

Tetapi hal ini menjadi kesulitan tersendiri bagi kita yang tidak bisa membagi waktu. Karena urusan dunia seperti bekerja atau sekolah menjadi kegiatan utama kita. Seperti saya, kebetulan saya bekerja disiang hari tidak ada jadwal shift, jika ada waktu longgar dimalam hari, saya isi dengan membuat konten. Setidaknya 1 konten per hari, dan itu selalu rutin setiap hari.

Membuat Backlink di Situs Ternama

Backlink adalah sebuah link atau tautan yang tertanam di berbagai situs lain dan mengarahkannya ke situs kita. Manfaat dan fungsi dari backlink sangat penting untuk meningkatkan situs kita pada mesin pencarian dan meningkatkan popularitas situs kita serta menaikkan pagerank situs kita.

Saat sini saya aktif menulis di kompasiana. Disana kita dapat mendaptkan backlink berkualitas yang didapatkan secara gratis. Dengan adanya situs kita disana, tentu dapat berpengaruh dalam mendapatkan sitelink dari Google.

Pasang Internal Link dalam Blog Kita Sendiri

Jika backlink adalah link yang tertanam di situs lain, kalau internal link adalah link blog kita sendiri yang ditanamkan di post kita yang lain. Hal ini menguntungkan kita karena dapat meningkatkan trafik blog kita.

Tambahan saja, jangan sesekali menggunakan traffic exchange untuk mendapatkan trafik di blog kita. Sekali lagi google lebih menyukai trafik blog yang organik. Jika blog kita masih berumur jagung, lebih amannya gunakan sosial media untuk mendapatkan trafik di blog kita.

Itu saja pengalaman yang dapat saya bagikan kepada anda tentang bagaimana cara mendapatkan sitelink dari google secara cepat. Jika kita mau berusaha pasti kita akan memetik hasilnya. Selamat mencoba!

Gambar Gravatar
Seorang Guru, Desainer Grafis, dan Pemilik Home Industry Digital Printing di Solo. Berusaha memberikan informasi yang berbobot, menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *