Cara Menambahkan Ikon Media Sosial ke Menu WordPress

0
124
Cara Menambahkan Ikon Media Sosial ke Menu WordPress

Apakah Anda ingin menambahkan ikon media sosial di menu WordPress Anda? Meskipun WordPress tidak dilengkapi dengan bagian profil media sosial, Anda dapat dengan mudah menggunakan menu navigasi WordPress untuk menambah dan menampilkan ikon media sosial di area siap widget di WordPress. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan ikon media sosial ke menu WordPress.

[artikel number=5 tag=”wordpress” ]

Mengapa Anda Harus Menambahkan Ikon Media Sosial ke Menu?

Keuntungan terbesar dari menambahkan ikon media sosial menggunakan menu WordPress adalah Anda memiliki kemampuan untuk mengubah urutan tampilannya dengan antarmuka drag and drop yang sederhana.

Meskipun Anda dapat menggunakan plugin pihak ketiga untuk menampilkan ikon media sosial di bilah sisi Anda , sebagian besar solusi tersebut tidak fleksibel.

Selain dari antarmuka drag & drop yang mudah, ketika Anda menambahkan ikon media sosial ke menu WordPress, Anda dapat menampilkannya di area yang siap widget di situs Anda termasuk sidebar, area footer, di bawah posting, dll.

Yang sedang berkata, mari kita lihat bagaimana dengan mudah menambahkan ikon media sosial ke menu WordPress.

Menambahkan Ikon Media Sosial ke Menu WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Menu Image. Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi halaman Penampilan »Menu dan membuat menu baru.

New social menu

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan tautan khusus untuk setiap saluran media sosial secara terpisah di menu sosial baru Anda.

Anda akan melihat bahwa ada opsi tombol gambar menu di bawah setiap item menu. Anda dapat menggunakannya untuk mengunggah ikon media sosial Anda di sini.

Set menu icon

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengunggah ikon yang berbeda saat membawa dengan gambar ikon utama untuk ditampilkan pada mouseover.

Setelah itu Anda dapat memilih ukuran untuk ikon sosial. Ada beberapa opsi untuk ukuran gambar. Pastikan Anda memilih ukuran yang sama untuk semua ikon menu sosial Anda, sehingga tidak merusak area menu.

Social icon size

Selanjutnya, Anda perlu memilih posisi untuk menampilkan nama setiap saluran sosial dengan ikon Anda. Jika Anda hanya ingin menampilkan ikon sosial tanpa label apa pun, maka Anda harus memilih opsi ‘Sembunyikan’ di bawah pengaturan posisi Judul.

Menu title position

Cukup ulangi yang sama untuk menambahkan ikon sosial sebanyak yang Anda butuhkan.

Setelah Anda selesai menambahkan item menu, Anda harus memilih lokasi tampilan untuk menu sosial Anda dan klik tombol ‘Simpan Menu’.

Menu display location

Sekarang Anda dapat mengunjungi situs web Anda untuk melihat ikon media sosial di menu WordPress Anda.

Social media menu

Anda juga dapat menambahkan menu ikon sosial di bilah sisi WordPress Anda. Cukup buka halaman Appearance »Widgets dan seret widget ‘Navigation Menu’ di area widget sidebar.

Social menu in widget

Dalam dropdown Select Menu, Anda harus memilih menu sosial yang Anda buat di atas dan klik tombol ‘Save’.

plugin menu image

 

Catatan: Gambar di atas ditampilkan hanya untuk keperluan contoh. Agar widget terlihat persis seperti itu, Anda harus menambahkan CSS khusus.

Itu saja. Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menambahkan ikon media sosial ke menu WordPress.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here