Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger

0
68
Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger

Seperti yang saya bicarakan kemaren di Artikel Cara Mempercepat Loading Blog di WordPress, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Cara Mempercepat Loading Blog di Blog berplatform Blogger.

Sekali lagi, Pengunjung blog sangat menyukai blog yang loadingnya cepat dan ringan. Selain itu, juga dapat meningkatkan ranking di mesin penelusuran terutama Google. Mempercepat loading blog juga dapat memberingan pengalaman menyenangkan kepada para pengunjung blog. Maka dari itu, membangun blog yang cepat dan ringan merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh para blogger.

Lantas, Bagaimana Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger?

Untuk mempercepat loading blog di blogger, kita tidak banyak yang bisa dilakukan. Bahwasannya kita numpang di server google. Secara otomatis akses kita tak terhingga untuk melakukan optimasi blog. Selain template yang tepat, beberapa cara dibawah ini bisa anda terapkan agar loading blog anda lebih cepat.

  1. Perkecil Ukuran CSS

Cara ini yaitu untuk mempercepat loading blog anda dengan ukuran CSS yang lebih ringan. Anda bisa melakukannya secara otomatis tanpa dilakukan secara manual. Anda bisa gunakan situs CSS Compressor disini:

  1. Kompress Gambar

Sebelum melakukan upload gambar, kita harus kompress dahulu gambar tersebut. Google merekomendasikan gambar yang bisa disisipkan pada blog seperti berikut:

  • Upload gambar PNG, PNG selalu lebih baik dari pada GIF
  • Jika ingin menggunakan GIF, gunakan GIF yang sederhana atau kecil (misal kurang dari 10×10 pixel, dan palet warna kurang dari 3 warna)
  • Gunakan JPG untuk gambar dengan gaya fotografi

Sebaiknya sebelum dilakukan upload gambar, kompreslah terlebih dahulu gambar tersebut baru di upload. Hal ini cukup membantu untuk mempercepat loading blog anda. Kompres gambar secukupnya saja biar gambar tidak pecah.

  1. Pasang Javascript Lazy Load

Fungsi Lazy Load adalah untuk menunda terhadap request yang diminta. Cara memasang script lazy load diblogger adalah seperti berikut:

  • Masuk url Blogger
  • Klik menu dashboard
  • Klik sub menu template
  • Kemudian klik tombol edit HTML
  • Selanjutnya centang Expand Template Widget
  • Tekan tombol CTRL + F, dan cari kode <head>
  • Copy pastekan kode javascript dibawah ini, letakan diantara kode <head> dan </head>
<script charset='utf-8' src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>    
    <script src='http://cuerosb.googlecode.com/files/cueros%20-lazyload.js' type='text/javascript'/><script charset='utf-8' type='text/javascript'>$(function() {         
        $(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder :         
         &quot;https://lh5.googleusercontent.com/_u4rBCfM4eII/TXksAi6R_OI/AAAAAAAABZY/2k63Mrtswf0/grey.png&quot;,threshold         
      : 200});         
   }); 
</script>
  • Kemudian Simpan
  1. Hindari memakai gambar untuk background blog

Ini yang pernah saya lakukan saat saya masih newbie, hehe.. banyak para blogger menggunakan gambar sebagai background laman blog. Dengan tujuan memperindah. Padahal penggunaan blog sebagai background ini dapat menyebabkan blog menjadi berat dan loading lamban. Maka dari itu, sebaiknya hindari penggunaan gambar sebagai background blog

  1. Jangan pasang iklan terlalu banyak

Kita pasang iklan secukupnya saja, banyak blogger yang membabi buta memasang iklan terlalu banyak sehingga membuat loading blog menjadi lamban. Selain menjadi lamban, terlalu banyak iklan juga membuat pengunjung atau visitor menjadi tidak nyaman dan sangat mengganggu saat membaca konten.

  1. Pasang widget secukupnya

Tujuan memasang banyak widget disini mungkin agar memudahkan pengunjung untuk menelusui konten yang ada di blog tersebut. Tetapi, jika terlalu banyak widget juga dapat menurunkan kecepatan loading blog. Karena semakin banyak widget,maka semakin banyak pula request yang dibebankan kepada server.

Itu saja Cara Optimasi yang bisa anda lakukan agar loading blog lebih cepat. Sekian artikel Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger, semoga bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here