Cara Memperbaiki Tombol Power Smartphone Xiaomi Rusak

0
67
Cara Mengatasi Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi – Tombol power pada smartphone android memang sangat penting. Semua kegiatan pada smartphone hampir semuanya menggunakan tombol power ini. Mulai dari mematikan dan menghidupkan ponsel, merestart ponsel, menghidupkan display ponsel dan lain-lain.

Bagaimana jika tombol power tidak berfungsi sama sekali? Pasti kita sangat kerepotan dalam melakukan hal-hal diatas. Maka dari itu saya akan memberikan cara mengatasi jika tombol smartphone tidak berfungsi terutama pada hp xiaomi. Karena saya pernah mengalami hp xiaomi saya mengalami ketidakfungsian di tombol powernya.

Baca Juga : Cara Inspect Element di Smartphone Android

Cara Mengatasi Tombol Power Android

Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan tombol power hp ini menjadi tidak berfungsi, yang paling sering terjadi adalah tombol power terlalu sering ditekan dengan tekanan yang kuat, bisa jadi memang kerusakan sistem, bisa juga karena akibat salah dalam melakukan flashing atau update sistem yang terbaru.

Maka dari itu, penyebab utamanya adalah karena masalah hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Baik langsung saja kita bahas bagaimana cara mengatasinya dibawah ini.

Cara Mengatasi Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi

Karena ada beberapa faktor, saya akan memberikan 3 cara mengatasi tombol xiaomi yang tidak berfungsi.

Pertama : Memperbaiki Tombol Xiaomi

Pada cara pertama ini diakibatkan karena keluihan pada tombol power yang terasa keras. Jadi pada saat menekannya dengan tekanan biasa, tidak ada respon pada tombol power. Jadi harus di tekan dengan tekanan kuat.

Hal ini lama kelamaan menjadi bertambah parah karena tombol power menjadi semakin tidak sensitif selain itu jari kita juga akan kesakitan. Maka dari itu berikut solusinya adalah anda bisa menggunakan kertas atau benda lain yang bisa untuk dijadikan ganjalan (mengganjalnya).

Masalah ini termasuk dalam kategori permasalahan di hardware, kemungkinan plastik tombolnya sudah robek sehingga tekanan tidak sampai pada kuningan tombol power. Jadi anda bisa mengganjalnya dengan kertas atau benda lain yang bisa dijadikan ganjalan.

Kedua : Membersihkan Konektor Tombol Power Xiaomi

Pada cara kedua ini sedikit mengoperasi bagian badan hp xiaomi. Karena apa? Karena kita akan membukan bagian casing hp xiaomi ini. Jadi minimal kita harus mengetahui rangkaian sebuah hp.

Jika memang tidak bisa menggunakan cara ini, lebih baik jangan dilakukan, karena hp xiaomi didesain dengan baterai tanam sehingga lebih rumit untuk membuka casing hp ini. Jika anda sudah mengerti bagian ini, anda bisa mengikuti cara dibawah ini:

  1. Lepaskan casing hp xiaomi dan buka dengan hati-hati flexibel tombol power dari konektornya. Karena kabel flexibel sendiri sifatnya mudah sobek.
  2. Jika sudah berhasil terbuka, lihat bagian kuningannya. Jika kuningannya kotor, anda bisa bersihkan dengan pelan menggunakan penghapus dengan cara menghapusnya satu arah secara perlahan.
  3. Jika sudah, pasang kembali kabel flexibelnya ke konektor, dan coba pasang kembail baterainya dan coba hidupkan. Pastikan anda memasang kabel flexibel dengan benar agar benar-benar bisa terhubung.

Ketiga : Dengan Cara Factory Reset

Cara ketiga ini adalah cara saat anda mengalami kesalahan dalam update sistem terbaru atau kerusakan software. Bisa jadi karena terkena virus atau menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan smartphone anda.

  1. Pertama, silakan buka menu dan klik “setting atau pengaturan”
  2. Pilih opsi “Buat Cadangan & Setel Ulang”
  3. Klik “Kembalikan ke setelah pabrik – Setel Ulang telepon”.
  4. Hp anda akan mereboot sendiri dengan visualisasi robot hijau tunggu sampai hp booting ke menu. Biasanya booting ini agak lama, jadi harap sabar menunggu. Setelah berhasil masuk menu hp, silakan cek tombol power anda. Jika bisa berarti cara ini berhasil.
  5. Jika masih belum berhasil, berarti anda harus melakukan flash ulang yaitu menginstall ulang sistem pada hp anda.

Baca Juga : Tutorial Cara Flash Android Menggunakan SP Flash

Keempat : Menghidupkan Hp Xiaomi Tanpa Tombol Power

Cara berikut adalah cara terakhir sebelum anda membawa hp anda ke tukang servis hp. Dengan cara menghidupkan hp anda tanpa menggunakan tombol power.

Cara pertama yaitu dengan mencolokan hp anda ke charger, powerbank, kabel data yang terhubung dengan pc. Sebelum itu, buat tampilan layar anda menjadi lebih lama hidupnya semisal menjadi 5 menit atau 10 menit agar anda tidak ribet menghidupkan dengan cara ini.

Cara kedua dengan aplikasi pihak ketiga, yaitu aplikasi yang dapat mengubah tombol power anda ke tombol volume. Anda bisa menggunakan aplikasi Power Button to Volume Button yang dapat anda unduh di Play Store.

Selain itu, jika hp xiaomi anda tipe 4A atau 5A keatas, anda dapat menggunakan pengaturan bawaan hp yaitu anda dapat masuk di menu settingkunci layar & sandi – nyalakan opsi bangunkan dengan tombol volume.

Cara ketiga dengan cara mengetuk 2x layar. Bagaimana bisa? Jika hp xiaomi anda tipe 4A keatas, anda bisa masuk ke settingtampilan – pilih opsi ketuk layar 2x untuk bangunkan. Cara ini cukup dengan mengetuk layar 2x, maka hp anda akan bisa bangun tanpa menggunakan tombol power.

Penutup

Demikian cara yang dapat saya sampaikan kepada anda jika anda mempunyai permasalahan Tombol Power HP Xiaomi Tidak Berfungsi, semoga cara ini dapat membantu anda dan selamat mencoba semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here