Cara Memperbaiki HTTPS Tidak Aman Pada Postingan Blog

0
63
cara memperbaiki https dicoret pada postingan blog

Cara Memperbaiki HTTPS Tidak Aman Pada Postingan Blog – Pasti kalian tidak asing mendengar istilah HTTP atau HTTPS? Sebelum kita ke topik utama tentang cara memperbaiki HTTPS dicoret pada postingan blog, kita wajib tau apa itu HTTP dan HTTPS itu.

Apa itu HTTP dan HTTPS?

HTTP kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. (wikipedia)

Sedangankan HTTPS adalah versi aman dari HTTP. Protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. (wikipedia)

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Blog Blogspot

Cara Membuat HTTP Menjadi HTTPS

Bagaimana cara mengubah HTTP menjadi HTTPS? Kita membutuhkan sebuah SSL. Secure Sockets Layer atau sering disingkat SSL adalah sebuah teknologi keamanan standar global yang memungkinkan komunikasi terenkripsi antara peramban web dengan server web.

Untuk pengguna WordPress biasanya kita menggunakan plugin Really Simple SSL atau SSL content fixer untuk membuat blog kita menjadi HTTPS. Atau bisa dari penyedia hosting kita.

Tetapi untuk pengguna Blogspot, kita akan menggunakan SSL dari google langsung. Jika blog kita masih blogspot.com, SSL dari google kebanyakan sudah fix dan tidak ada error. Berbeda jika blog kita sudah di custom dengan domain TLD (bisa dari penyedia luar google, bisa menggunakan domain google). Pasti akan terjadi error yang berbentuk HTTPS di salah satu postingan blog kita dicoret atau bisa disebut koneksi tidak aman (connection is not secure).

Baca Juga : Cara Melaporkan Artikel Blog Copas ke Google DMCA

Padahal jika kita masuk di homepage blog kita, HTTPS nya aman-aman saja atau masih berwarna hijau. Lalu bagaimana cara memperbaiki HTTPS di coret pada postingan blog? Baik langsung saja admin akan memberikan solusinya berikut ini:

Cara Memperbaiki HTTPS Tidak Aman Pada Postingan Blog

Pertama, silakan masuk ke dashboard blogger masing-masing

Kemudian pilih menu tema, pilih edit HTML.

setting template blog

Lalu seleksi semua kode dengan cara ketik CTRL+A pada bagian kolom script, kemudian Copy atau tekan CTRL+C

seleksi semua script kemudian copy

Buka Notepad kalian, boleh notepad++ atau yang biasa, tapi saran saya yang ++. Pastekan semua kode script tadi (CTRL+V), lalu pada kolom notepad, ketik CTRL+H atau pilih menu edit, lalu replace.

Ketikkan di kolom find what dengan http, arahkan kursor dan pilih kolom replace, ketikkan https. Lalu pilih Replace All.

ubah semua http menjadi https

NB : jika kode script terdapat https, maka bisa diganti menjadi http dahulu, baru di replace all menjadi https. Karena jika sudah ada https dan langsung diganti dari http menjadi https, maka akan terjadi crash semisal dari https menjadi httpss.

Langkah terakhir, jika http sudah terubah menjadi https semua, copy semua kode script, pastekan ke edit HTML pada tema blogger tadi.

Cek kembali dengan ketik CTRL+F, ketik http, jika masih ada, silakan diubah manual menjadi https. Jika sudah tidak ada, berarti sudah selesai atau sudah fix. Silakan cek postingan anda kembali apakah masih connection is not secure atau tidak.

Mungkin itu saja yang dapat admin bagikan kali ini tentang cara memperbaiki HTTPS yang dicoret atau tidak aman. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jika ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan jejak komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here