Cara Membuat Subdomain di Blogspot (Tanpa cPanel Hosting)

0
62
cara membuat subdomain di blogspot tanpa hosting

Subdomain adalah bagian dari domain (anak dari domain utama). Subdomain umumnya digunakan untuk pembagian area dalam blog atau website. Contohnya www.picaro.site, www.hanapi.picaro.site, www dan www.hanapi adalah bagian dari subdomain.

Di dalam blogspot memang harus memakai www didepan domain utama, beda lagi dengan WordPress Self Host yang bisa tanpa menggunakan www di depan domain utamanya. Contoh yang seharusnya https://www.viankamaruddin.com bisa menjadi https://viankamaruddin.com. Tergantung selera kita masing-masing mau memakai subdomain www atau tidak.

Membuat subdomain di WordPress Self Host memang lebih mudah daripada di blogspot. Yang terpenting anda punya hosting, nanti bisa membuat subdomain lewat cPanel anda. Anda bisa membacanya disini untuk Cara Membuat Subdomain di cPanel

Bagaimana cara membuat subdomain di blogspot yang notabene tidak menggunakan hosting?

Itu mudah, kita bisa menambahkannya lewat edit DNS domain. Pertama kita siapkan domainnya terlebih dahulu. Dibawah ini saya akan menggunakan domain www.suguran.site yang sudah terhubung dengan blogspotnya.

cara membuat subdomain di blogspot

  1. Kita siapkan blogger dan domain utama seperti gambar diatas, domain utama sudah terhubung dengan blogspot.
  2. Kita buka pengaturan domain di registrar masing-masing. Kalau saya di niagahoster. Pilih produk domain > kelola
    cara membuat subdomain di blogspot 2
  3. Kita pilih DNS Management, disitu nanti akan ada settingan blogspot, yang sebelumnya sudah kita koneksikan dengan blog. Kita cukup menambahkan add new record IP Blogger lagi tetapi host name kita isi nama subdomain, contohnya seperti dibawah ini:
    cara membuat subdomain di blogspot 3cara membuat subdomain di blogspot 4
  4. Langkah terakhir kita pilih add new record, lalu kita isi record type = CNAME, value = ghs.google.com, host : www.namasubdomain, contoh seperti dibawah ini:
    cara membuat subdomain di blogspot 5
  5. Kita tambahkan nama subdomain yang kita buat tadi di blogger kita, cukup dengan buat blog baru (new blog) > setting > set url pihak ketiga dengan nama www.subdomain.domain.com, contoh:
    cara membuat subdomain di blogspot 6
  6. Tunggu hingga propagasi selesai, biasanya 1×24 jam baru bisa subdomain digunakan.

Kelebihan menggunakan subdomain ini salah satunya,kita bisa menambahkan situs baru di Google Adsense tanpa melalui review. Dengan syarat domain utama kita sudah di approve.

Mungkin itu saja tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogspot dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here