Cara Membuat Menu Navigasi yang Responsif di Blog

0
187
cara membuat menu navigasi blog

Cara Membuat Menu Navigasi yang Responsif di Blog –  Setiap blog atau website pasti mempunyai menu navigasi header blog nya. Dibuatnya menu navigasi tersebut agar mempermudah pengunjung untuk menemukan kategori konten yang tersedia di blog kita. Namun untuk membuat menu navigasi sendiri harus bersifat responsive. Selain mempermudah pengunjung, navigasi blog yang responsive juga sangat disukai mesin pencari. Sehingga blog kita bisa dikategorikan blog yang berkualitas.

Pengertian Navigasi

Navigasi adalah bagian dari website atau blog yang menunya berisi link-link yang mengarah ke halaman tertentu, bahkan bisa mengarah kelink website atau blog lain. Biasanya menu navigasi ini terletak di bagian header blog kita.

Fungsi Navigasi

Fungsi navigasi sendiri yaitu agar mempermudah pengunjung untuk mencari kategori konten tertentu di blog kita.

Manfaat Navigasi

  • Navigasi dapat memberikan nilai profesional pada blog kita

Dengan adanya navigasi yang responsive, maka bisa dinilai profesional bagi pengunjung blog terutama perayapan mesin pencari.

  • Navigasi mempermudah blog kita mendapatkan sitelink

Sitelink adalah kumpulan link otomatis yang dirangkum google dan muncul di bagian mesin pencari google. Kebanyakan sitelink ini memunculkan link yang ada di navigasi blog. Dengan munculnya sitelink itu menandakan kalau situs kita dinilai bagus dimata google.

  • Navigasi memudahkan pengunjung menemukan halaman yang sesuai dengan pengkategorian konten.

Pengunjung cukup melihat navigasi sepintas, maka pengunjung langsung paham tentang pengkategorian blog kita. Maka dari itu kita upayakan untuk memasang menu navigasi yang responsive.

Cara Mengatur Menu Navigasi di blogger

Navigasi sudah ada di blog, jika kita menggunakan template premium atau gratis hasil download. Tetapi link navigasi tersebut masih belum bisa digunakan karena link tujuan belum ada. Tugas kita mencari kode html menu navigasi tersebut untuk di edit link nya agar bisa diakses menuju link halaman yang kita tentukan. Berikut cara mengatur menu navigasi di blogger :

  1. Masuk dashboard blogger, pilih menu template atau theme, edit html.
  2. Tekan ctrl + f, lalu ketikan di kolom tersedia seperti ini <a href=’
  • Ganti link navigasi yang tersedia dengan link halaman atau kategori blog kita
  • Save Template

Cara Mengatur Menu Navigasi di WordPress

  1. Buka dashboard wordpress kita, pilih menu tampilan, lalu klik menu
  2. Tentukan link yang ingin kita jadikan menu navigasi utama
  3. Jika sudah, simpan menu lalu centang bagian lokasi penayangan di bawah sendiri.

Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan tentang Cara Membuat Menu Navigasi yang Responsif di Blog. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here