Cara Membuat Barcode atau QRcode Lokasi Google Maps

0
202
cara membuat barcode lokasi google mudah

Cara Membuat Barcode atau QRcode Lokasi Google Maps – Jaman sekarang perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memiliki kemajuan yang sangat pesat. Terutama dalam bidang teknologi salah satunya jaringan internet.

Siapa yang sekarang tidak mengenal Google Maps? Google Maps adalah salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Google yang berfungsi untuk menginformasikan kepada kita tentang lokasi di segala penjuru dunia.

Hal ini didukung dengan semakin canggihnya smartphone yang kita miliki. Sangat support sekali menggunakan fasilitas Google Maps ini. Jika kita ingin pergi ke alamat yang belum pernah kita kunjungi, kita bisa meminta bantuan dari maps yang sudah terinstall di smartphone kita.

Cara Membuat Barcode atau QRcode Lokasi Google Maps

Caranya dengan menginput alamat tujuan, lalu search di google maps. Selain itu, kita juga bisa menginput kode QR untuk mencari alamat tujuan kita. Lantas bagaimana cara kita membuat barcode atau QRcode alamat Google Maps? Sebelum kita ke topik utama. Mari kita ulas keuntungan dengan adanya Barcode atau QRcode alamat Google maps. Terutama disini saat kita membuat sebuah undangan dan ingin menyertakan alamat tujuan.

Baca Juga : Cara Kloning Aplikasi di Smartphone Android

Keuntungan Barcode atau QRcode Lokasi Google Maps di Desain Undangan

Ada beberapa keuntungan jika kita share alamat google maps dengan barcode atau QRcode, terutama jika ingin di sertakan di desain undangan, diantaranya :

  • Lebih ringkas, karena tidak berbentu tulisan, dan tidak perlu copy paste.
  • Hemat ruang, karena bentuknya file gambar png, jadi mudah menyimpan
  • Tidak terlalu memakan space, terkhusus jika kita membuat sebuah undangan.
  • Tinggal scan pakai pemindai smartphone.

Baca Juga : Cara Mudah Mengubah PDF ke Word

Cara Membuat Barcode Lokasi atau QRcode Lokasi Google Maps

Pertama kita kunjungi dahulu alamat google maps

Kedua, kita pilih lokasi tujuan. Contohnya kita share lokasi kita, dengan cara search alamat kita di kolom search, lalu klik bagikan. Salin link alamatnya.

cara membuat barcode lokasi google maps
cara-membuat-barcode-lokasi-google-maps-salin-alamat

Kemudian pastekan di new tab, lalu tambahkan .qr di belakang link tadi, lalu enter.

link share barcode

Hasilnya berikut ini, lalu silakan simpan gambar.

simpan gambar

Lalu kita coba importkan di desain undangan kita.

hasilnya

Anda bisa menggunakan fasilitas ini di PC maupun di android, tutorial diatas adalah menggunakan PC. Jika anda ingin menggunakan android, cukup masuk ke maps, ikuti cara mirip diatas, bedanya saat mau copy link alamat, silakan copy pastekan di browser anda (chrome atau browser bawaan). Contoh jika kita copy link alamat lewat maps android seperti ini https://maps.app.goo.gl/kode-belakang-disini.

Hapus alamat yang bergaris miring https://maps.app.goo.gl/contoh-kode-belakang-disini.

Ganti dengan situs berikut https://goo.gl/maps/contoh-kode-belakang-disini.qr. Lalu enter, simpan gambar barcode.

Cara Scan Barcode atau QRcode Lokasi Google Maps

Langkah terakhir dari tutorial ini yaitu bagaimana cara kita membaca atau scan Barcode Lokasi Google Maps. Ada 2 cara yang dapat saya sampaikan disini.

Pertama kita menggunakan fasilitas dari smartphone kita. Kalau saya, xiaomi 5a terdapat aplikasi bawaan atau fasilitas bawaan dari smartphone. Namanya Pemindai/Scanner.

Kedua kita menggunakan aplikasi pihak ketiga di playstore, namanya QR Code Reader, anda bisa menginstallnya disini.

Penutup

Baik, demikian yang dapat saya sampaikan disini tentang cara membuat Barcode atau QRcode lokasi Google Maps, jika ada yang perlu ditanyakan silakan meninggalkan jejak komentar dibawah sini, semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here