cara memasang lazy load adsense

Cara Memasang Lazy Load Google AdSense di Blog

Diposting pada

Cara Memasang Lazy Load Google AdSense di Blog – Loading blog yang cepat memang salah satu hal yang disukai oleh pengunjung blog. Pengunjung blog memerlukan informasi yang selain tepat tentu juga tidak memakan waktu yang lama.

Coba saja saat pengunjung blog mengunjungi suatu blog untuk memerlukan suatu informasi yang penting, tetapi blog tidak kunjung selesai loadingnya. Itu menjadi hal yang tentunya menyebalkan dan membuang-buang waktu. Maka dari itu, kecepatan loading blog menjadi salah satu faktor yang penting.

Cara Memasang Lazy Load Google AdSense di Blog

Dalam sebuah blog, pasti oleh pemiliknya akan dioptimasi entah dari tampilan yang nyaman, ringan dan tentunya berloading cepat. Hal ini akan mendatangkan dampak positif dari blog tersebut, salah satunya trafik blog akan meningkat, blog akan banyak dikunjungi oleh visitor unik.

Kesempatan ini tentunya tidak disia-siakan oleh pemilik blog untuk memonetize blog tersebut. Salah satunya adalah menjadi publisher Google AdSense. Perlu digaris bawahi disini, jika suatu blog yang sudah termonetize oleh Google AdSense pasti akan menjadi lebih lamban dari sebelum dipasangi script Google AdSense.

Baca Juga :

Script Google AdSense memang terbilang berat. Sehingga dapat melambatkan loading blog dan blog menjadi terasa lebih berat. Maka dari itu, saya akan memberikan cara agar loading blog menjadi lebih cepat dan terasa ringan dengan memasang lazy load untuk Google AdSense.

Apa itu Lazy Load Google AdSense?

Lazy load sendiri adalah sebuah script yang bekerja hanya memuat gambar pada bagian halaman yang tampil di layar browser Anda saja dan gambar-gambar lain yang berada dibagian bawah hanya akan ditampilkan setelah anda melakukan scroll dan menemui posisi halaman yang terdapat gambarnya.

Jika Anda tidak menggunakan lazy load, dihalaman tersebut semua gambar akan ditampilkan untuk Anda dan inilah yang menjadikan situs terasa lebih berat.

Ini sifatnya sama dengan lazy load Google AdSense, jika anda memasangnya maka iklan AdSense akan hanya ditampilkan jika anda sudah scroll kebawah dan menemui posisi yang terdapat iklannya.

Cara ini lumayan efektif untuk meringankan beban blog anda. Support bagi anda yang blognya berplatform blogger maupun wordpress. Baik kita langsung saja simak cara berikut ini.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Klik Iklan AdSense Secara Aman

Cara Memasang Lazy Load Google AdSense di Blogger maupun WordPess

  1. Silakan buka dashboard blogger anda.
  2. Pilih Tema, klik Edit HTML
  3. Tekan CTRL + F, lalu cari kode <script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
  4. Setelah itu hapuslah kode tersebut, biasanya terdapat lebih dari 1 kode. Maka hapuslah semua.
  5. Setelah dihapus semua, silakan cari kode </body> atau <!--</body>--></body>
  6. Lalu letakan kode script lazy load adsense dibawah ini tepat diatas kode </body> atau <!--</body>--></body>
  7. Kemudian Simpan template.

Kode Script Lazy Load AdSense

<script type='text/javascript'> //<![CDATA[ // Lazy Load AdSense var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0); //]]> </script> 

Baca Juga : Cara Membuat Iklan AdSense Melayang Yang Aman

Jika anda menggunakan platform wordpress, anda bisa menggunakan plugin yaitu plugin Advanced Ads Pro. Di plugin ini kita dapat mencentang pilihan aktifkan modul lazy load.

lazy load adsense 2

Kemudian anda bisa setting dimana iklan yang akan di terapkan lazy load ini.

lazy load adsense 1

Selain menggunakan plugin, anda juga bisa menggunakan script seperti cara saat kita pemasangan di blogger.

Pertama dengan masuk di tampilan theme editor – cari footer.php. Kemudian taruh script lazy load adsense (poin 6 diatas) tepat sebelum atau diatas kode </body>. Jangan lupa untuk menghapus script <script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script> pada script iklan adsense anda.

Penggunaan Lazy Load ini belum tentu dibilang aman. Meski di TOS Google, kita boleh mengubah script bawaan AdSense. Tetapi kita tetap harus berhati-hati. Maka dari itu, segala resiko ditanggung oleh anda yang menggunakan script ini ya.

Penutup

Demikian artikel tentang cara memasang script Lazy Load Google AdSense di blog, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba!

Gambar Gravatar
Seorang Guru, Desainer Grafis, dan Pemilik Home Industry Digital Printing di Solo. Berusaha memberikan informasi yang berbobot, menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *