Cara Memasang ELCB Untuk Melindungi Keluarga dari Bahaya Listrik

0
302
Cara Memasang ELCB dengan mudah

Cara Memasang ELCB – Instalasi listrik didalam rumah perlu diperhatikan keamanannya. Mengingat banyak sekali potensi yang membahayakan seperti tersengat listrik atau lebih sering kita sebut tersetrum. Tentunya kita terutama sebagai kepala keluarga harus memiliki solusi bagaimana kita meminimalisir potensi berbahaya tersebut didalam rumah kita.

Instalasi ELCB menjadi salah satu komponen listrik yang bisa kita jadikan solusi untuk menanggulangi masalah tersebut untuk keamanan keluarga kita. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memasang ELCB dengan mudah.

Saya pribadi memang tidak terlalu paham dengan instalasi listrik. Tetapi karena tanggungjawab saya melindungi keluarga. Saya mencoba untuk belajar, minimal untuk instalasi atau memasang ELCB ini. Sebelum ke topik utama, ada beberapa mungkin belum mengetahui apa itu ELCB.

Pengertian ELCB

Daftar Isi

ELCB adalah singkatan dari Earth Leakaque Circuit Breaker merupakan salah satu komponen listrik yang berfungsi sebagai proteksi instalasi listrik yang bekerja memutus arus listrik saat terdeteksi kebocoran arus listrik ke tanah atau grounding.

ELCB juga dapat memutuskan arus listrik ketika terjadi kontak antara listrik dengan tubuh manusia yang bersentuhan dengan ground. ELCB sendiri bisa disebut juga dengan istilah RCD (Residual Current Device). Istilah lain juga menyebutkan ELCB ini sebagai saklar pengaman arus sisa (SPAS).

Cara Memasang ELCB

Jika kalian sudah lama menjadi electrical, penjelasan cara memasang ELCB dapat di simpulkan dengan sederhana “Hubungkan Konduktor Phase dan Netral ke Input ELCB terlebih dahulu dan keluarkan Phase dan Netral melalui Output ELCB kemudian hubungkan konduktor (kabel) ke kabel instalasi”. Namun apabila kalian adalah electrical pemula anda dapat mengikuti gambar panduan cara memasang ELCB di berikut ini.

cara memasang ELCB

Keterangan Gambar Skema Rangkaian Pemasangan ELCB dan MCB

  1. Saya menggunakan MCB 2 Pole sebagai switch utama Rangkaian ELCB dan MCB
  2. Phase dan Netral dari KWh meter dihubungkan ke Input MCB 2 Pole dan Output Phase dan netral dari MCB 2 Pole dihubungkan ke Input ELCB (Earth Leakaque Circuit Breaker)
  3. Kabel Netral dari Output ELCB dihubungkan langsung keterminal Netral
  4. Sedangkan Kabel Phase (Arus Listrik Positif) dari Output ELCB dihubungkan ke MCB single pole kemudian di jumper ke masing masing Input MCB single pole
  5. Keluarkan kabel Phase dari masing-masing output MCB single pole sebagai link arus listrik positif yang siap dipasangkan ke jaringan instalasi listrik seperti stop kontak switch dan lainnya
  6. Begitu juga dengan Link Netral dan Link Grounding.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ELCB merupakan Perangkat Instalasi Listrik yang berfungsi untuk mendeteksi arus listrik yang tidak seimbang antara penghantar phasa dan netral yang disebabkan oleh arus lebih atau arus bocor atau melalui kontak tubuh manusia. Maka dari itu cara pasang ELCB ini harus dilakukan dengan baik dan benar serta rangkaian instalasi listrik juga harus benar-benar baik.

Memasang ELCB bisa dimana saja tidak harus pada Box / Panel MCB. Contohnya cara memasang elcb pada waterheater, ELCB untuk waterheater dapat di pasang di kamar mandi atau bagian luar kamar mandi tapi tentu nya pakai box sendiri biar rapi. Dengan demikian jika kabel konduktor melalui ELCB terlebih dahulu sebelum dipasangkan pada saklar waterheater tentu lebih aman, karena kamar mandi adalah area yang sensitif untuk dipasangi instalasi listrik. 

Penutup

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang cara memasang ELCB dengan mudah. Saya sudah mempraktekkan cara diatas dan sukses dengan bantuan link sumber Cara Memasang ELCB dari Tukang Listrik Batam. Semoga ilmu dari Tukang Listrik Batam bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here