Cara Manual Install WordPress Self-Hosted di Cpanel

0
165
cara manual install wordpress

Cara Manual Install WordPress Self-Hosted di Cpanel – Tutorial install WordPress Self-Hosted bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa di install dengan otomatis maupun manual. Jika di install secara otomatis kita bisa menggunakan fitur softaculous, xampp dan lain-lain. Tetapi bisa juga di instal secara manual lewat cpanel langsung.

Apa yang dibutuhkan saat ingin instal WordPress Self-Hosted?

Yang kita butuhkan untuk menginstal wordpress self-hosted yaitu cukup hosting dan domain, dengan mengeluarkan biaya minimal 600 ribuan, sudah bisa mendapatkan hosting dan domain. Hosting yang digunakan bisa menggunakan Web Hosting Gratis atau Free Hosting, Shared Hosting, VPS Web Hosting, Dedicated Web Hosting, dan Managed Web Hosting.

Untuk kali saya akan menggunakan Shared Hosting, karena biayanya yang cukup murah dan hanya untuk website pribadi. Baik, langsung saja kita ke topik inti yaitu cara Install Manual WordPress Self-hosted.

Cara Manual Install WordPress Self-Hosted di Cpanel

#1. Upload file wordpress di File Manager Cpanel

Langkah Pertama, saya menggunakan jasa Shared Hosting dari NiagaHoster. NiagaHoster adalah penyedia layanan hosting indonesia yang sangat banyak diminati oleh pengguna wordpress self-hosted. Selain terpercaya dalam kualitas hostingnya, pelayanannya pun fast respon dan sangat memuaskan. Bagi anda yang ingin menggunakan jasa dari niagahoster, cukup daftar DISINI, saya sarankan memilih hosting pelajar. Karena anda akan mendapatkan gratis domain selamanya.

hosting murah berkualitas

Langkah Kedua, setelah anda mendapatkan hosting dan domain di niagahoster, kita langsung eksekusi cara penginstallan wordpress self-hosted secara manual. Setelah kita masuk di panel niagahoster, kita pilih menu hosting dan domain, lalu klik kelola sebagaimana berikut, lihat gambar dibawah.

cara install wordpress self-hosted manual

Agar lebih leluasa dalam mengelola cpanel, kita pilih Open in New Page

cara install wordpress self-hosted manual

Otomatis kita akan terlempar ke halaman cpanelnya langsung.

Langkah Ketiga, silakan buka halaman baru dan silakan kunjungi wordpress.org guna untuk mendownload data-data wordpress kita untuk di install di hosting.

cara install wordpress self-hosted manual

cara install wordpress self-hosted manual

Langkah Keempat, kita kembali ke cpanel, lalu masuk menu File Manager – Pilih Menu Upload – Select File – Pilih File WordPress yang sudah di download – Install

Langkah Kelima, Ekstrak File WordPress yang sudah di upload di File Manager tadi dengan cara klik kanan file wordpress – pilih extract – home/public_html (atau cukup tulis public_html saja, karena home sudah ada gambar rumahnya)

cara install wordpress self-hosted manual

sampai tahap ini masih belum selesai, silakan kita masuk ke menu public_html dengan klik kiri 2x, ada folder wordpress. Tahap ini kita akan mengeluarkan file yang ada di dalam folder wordpress, berisi wp-admin, wp-content, wp-includes dan lain-lain. Tugas kita selanjutnya adalah mengeluarkan semua file tersebut dan pindahkan di public_html, caranya pilih select all – move – tulis /public_html (cara seperti diatas). Sehingga saat kita masuk di folder public_html, kita akan menemui beberapa file wordpress, bukan folder wordpress,lihat seperti digambar:

cara install wordpress self-hosted manual 8

Gambar diatas setelah file wordpress saya keluarkan, folder wordpress saya hapus.

#2. Membuat Database WordPress

Langkah pertama, Scroll kebawah sampai menu Databases, kemudian kita pilih MySQL Databases

cara membuat database wordpress

Lalu kita dihadapkan beberapa menu yaitu Create New Database, Modify Databases, Current Databases, MySQL Users, dan Add User To Database. 

Pada pilihan ini kita cukup fokus pada menu Create New Database, MySQL Users dan Add User To Database.

Pada menu Create New Database, kita isikan domain kita, contoh viankamaruddin.com, lihat gambar dibawah:

cara membuat database wordpress 2

Selanjutnya langsung kita ke MySQL Users – Add New User, dikolom username silakan isi username sesuai keinginan, kalo saya pribadi saya isi viankamaruddin. Lalu isi kolom password dan seterusnya.

Kemudian dimenu Add User To Database, dipilihan user kita isi nama username yang kita buat tadi, kalau saya viankamaruddin, dan database kita isikan domain kita yaitu viankamaruddin.com, lalu kita pilih Add. Kemudian Centang Semua Pilihan 

#3. Tahap Instalasi Web WordPress

Pada tahap ini kita akan mengunjungi situs kita yang sudah terinstal di cpanel.

Setelah mengunjungi domain kita tadi, nanti akan muncul tampilan berikut yaitu pilih bahasa yang akan kita gunakan di wordpress

cara install wordpress pilih bahasa

Langkah Selanjutnya, klik Let’s Go untuk mulai mengisi informasi database MySQL yang sudah kita buat diatas.

cara install wordpress let'sgo

Lalu, di bagian ini kita diminta mengisi informasi database MYSQL yang sudah dibuat diatas, dari nama database, username, password, database host, hingga table prefix.

Kemudian, jika tidak ada error dalam pengisian informasi database wordpress akan melanjutkan proses instalasi. Klik Run to Install. Jika masih sempat error silakan kita koreksi ulang dalam mengisi form, kemungkinan ada yang tidak sesuai dalam pengisian form dengan database yang kita buat.

cara install wordpress run

Terakhir, di bagian ini kita akan diminta untuk mengisi informasi website dan administrator:

cara install wordpress instalasi

  • Site Title : Judul Website Anda
  • Username : Username administrator
  • Password : Password administrator
  • Your Emai l: Alamat email administrator
  • Search Engine Visibility : WordPress akan mencegah mesin pencari untuk membaca website Anda jika bagian ini dicentang.

Jika tidak ada error, kita siap untuk login ke admin wordpress kita.

Demikian artikel Cara Manual Install WordPress Self-Hosted di Cpanel, kurang lebihnya saya mohon maaf dan jika ada pertanyaan silakan bisa berkomentar dibawah ini. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here